.

.
.

Monday, 8 December 2014

Pembelajaran Musik di Sekolah Mengandung Pendidikan Karakter

Addie MS tampil menjadi konduktor.

Pembelajaran seni musik di sekolah mengandung pendidikan karakter yang menyentuh unsur olahrasa dan pengembangan imajinasi. Model pembelajaran secara ansambel atau bermain musik bersama seperti paduan suara dan angklung, mengajarkan kerja tim dan pembelajaran.

Menurut Addie Muljadi Sumaatmadja atau dikenal luas sebagai Addie MS, komposer, dalam ansambel, seorang pemain tidak boleh egois, merasa paling hebat, dan menonjol sendiri. “Bisa rusak ansambelnya,” ujarnya, seperti dilansir http://dikdas.kemdikbud.go.id, Kamis (4/12). Addie menjadi konduktor dalam upacara peringatan Hari Guru Nasional yang digelar di halaman kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Addie berharap pembelajaran seni di sekolah tak hanya musik. Seni lain seperti lukis, menurutnya, sebaiknya juga diakomodasi terutama di jenjang pendidikan dasar. “Sebab sepuluh tahun pertama usia yang krusial untuk pembentukan karakter,” jelas pendiri Twilite Orchestra yang lahir di Jakarta, 7 Oktober 1959, ini.

Apakah kini Addie punya rencana membantu guru musik di sekolah agar lebih berkualitas? Jika dilakukan secara massal, ya. Namun ia butuh dukungan sesama seniman untuk mewujudkan gerakan itu serta dukungan Kemendikbud. “Saya tidak ada niat komersialisasi,” tegasnya. Sejak 1998 hingga 2005, bersama Twilite Orchestra, Addie menjalankan misi edukasi melalui konser di berbagai sekolah maupun universitas. “Kalau ada gerakan lagi ke situ, saya pengin lebih ke guru karena penyebarannya lebih efektif.”

Pengajaran yang diberikan kepada guru, Addie menjelaskan, diselaraskan dengan kurikulum. Improvisasi tetap dibolehkan, tapi tidak terlalu jauh dari standar kurikulum. “Misalnya bagaimana mengajarkan murid rhytm. Bahannya sama, cuma caranya saja beda,” jelasnya.

Addie menilai, pesan yang disampaikan guru kepada siswa sering tidak efektif. Pengajaran dilakukan secara dogmatis, hafalan, dan kurang memuji siswa. (*/lee)

No comments: