.

.
.

Tuesday, 23 December 2014

Peringatan Hari Ibu Momentum Tumbuhkan Kemitraan Perempuan


Hari Ibu Jadi Trending Topic Dunia

"Selamat Hari Ibu, Kasih Sayang dan Cinta Pengoebanan Seorang Ibu Terhadap Anakanaknya Tak Terbalas Oleh Kebaikan Apapun. Diusia 71 Tahun Ibunda Tercinta Anta Boru Damanik, Kami Anakanakmu Salut dan Berterimakasih Telah Memberikan Kasih Sayang Yg Tak Terhingga. Tak Banyak Yg Anakanakmu Berikan Untuk Membahagiakanmu Diusia Senjamu Kini. Hanya Doa Kami Dapat Panjatkan Untukmu, Kiranya Kami Anakanakmu dan Pahompumu Bisa Berjumpa Kelak Dalam Suka Cita. Selamat Hari Ibu Ibunda!!! Tuhan Melindungimu di Hari Tuamu Ini,".

JAKARTA-Peringatan Hari Ibu diharapkan menjadi momentum dalam menumbuhkembangkan peran dan kemitraan perempuan bersama laki-laki dalam mengisi kemerdekaan melalui pembangunan nasional.

“Karena itu, peringatan Hari Ibu ke-86 tahun 2014 ini mengangkat tema ’Kesetaraan Perempuan dan Laki-Laki dalam Mewujudkan Pembangunan yang Berkelanjutan dan Berkeadilan Menuju Indonesia Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian’," kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise di Jakarta, Senin (22/12).

Dia menjelaskan, peringatan Hari Ibu juga dimaksudkan untuk mempertebal tekad dan keyakinan bangsa Indonesia guna mewujudkan perdamaian yang dilandasi semangat persatuan dan kesatuan.
“Pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan tidak hanya bermanfaat bagi perempuan dan laki-laki, tetapi termasuk kepentingan terbaik anak," katanya.


Dia menambahkan, satu hal yang pada akhir-akhir ini menjadi perhatian sekaligus keprihatinan bersama adalah maraknya kasus kejahatan seksual terhadap anak, termasuk kejahatan narkoba.

“Pemerintah melalui Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2014 tentang Gerakan Nasional Anti Kejahatan Seksual terhadap Anak (GN-AKSA), telah mendorong semua pihak secara serentak, massif dan bersama-sama serta berkelanjutan memerangi kejahatan seksual terhadap anak," katanya.
Selain itu, pemberian hukuman berat bagi pelaku kejahatan seksual anak, dan terhadap pelaku kejahatan narkoba.

Ia berharap para pelaku kejahatan narkoba dapat dihukum mati karena merusak penerus generasi bangsa apalagi bila yang menjadi korban adalah anak-anak.

Hari Ibu Jadi Trending Topic Dunia

Hari Ibu yang jatuh pada hari ini, Senin, 22 Desember menjadi topik hangat dunia (worldwide trending topic) disitus jejaring sosial Twitter. Melalui Twitter, netizen mengekspresikan perasaannya kepada ibu mereka, tak lupa doa dan ungkapan terima kasih, yang kebanyakan disertai foto diri mereka bersama ibu.

Seperti kicauan dari @nisamanisha "Selamat hari ibu iya mah, semoga mamah panjang umur, sehat, mkin sabar… ," tulisnya dengan sambil mengunggah foto dirinya ditemani sang mama.

Akun @KilauanDolpin juga turut mengucapkan selamat hari ibu dengan menuliskan puisi dari Khalil Gibran, "Ibu ialah penghibur dlm sedih, harapan dlm susah & sandaran tatkala lemah, sumber cinta, kebaikan & simpati."

Tak ketinggalan dari kalangan selebriti, Dian Sastrowardoyo yang saat ini juga telah menjadi seorang ibu mengucapkan "Selamat hari ibu tweeps...!!," tulis Dian dalam akunnya @therealDiSastr.

Presenter, Irfan Hakim melalui akunnya @irfanhakim juga mengunggah foto hitam putih dirinya bersama ibunda tercinta sambil menuliskan "selamat hari ibu... ".
Selain itu, ucapan selamat hari ibu juga datang dari Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Melalui akunnya @SBYudhoyono, ia menulis, “Jangan sia-siakan kesempatanmu untuk menyampaikan kasih sayang kepada Ibu, muliakan dan lindungilah kaum perempuan. Selamat Hari Ibu. *SBY*”. Tanda *SBY* di akhir tulisan berarti Yudhoyono langsung yang menulis tweet tersebut.

Sementara sosok ibu bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) layaknya surga yang terlihat di dunia. Begitu bermaknanya sosok ibu dalam kehidupan membuat Jokowi tak lupa mengucapkan selamat Hari Ibu pada sang ibunda, Sujiatmi Notomiharjo.

“Ibu itu surga yang kelihatan di dunia," kata Jokowi peringatan Hari Ibu Nasional di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Senin (22/12). Ia bahkan menegaskan kalimat tersebut tiga kali.

Sudah mengucapkan selamat pada Sujiatmi, namun Jokowi sepertinya lupa mengucapkan kata yang sama untuk ibu negara, Iriana. Padahal saat itu Iriana mendampinginya dalam acara tersebut.

Iriana yang saat itu mengenakan kebaya berwarna oranye tersenyum kecil ketika seorang wartawan melontarkan pertanyaan bertanya ke Jokowi apakah sudah mengucapkan selamat pada Iriana atau belum. "Nanti sebentar lagi," ujar Jokowi kemudian terkekeh.

Presiden menghadiri acara hari Ibu Nasional ke-86 yang diadakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini. Turut mendampingi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandy.

Hadir pula enam organisasi perempuan yakni Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (Oase), Dharma Pertiwi, Kowani, Bhayangkari, Dharma Wanita Persatuan, dan PKK Pusat. (ant/lee)

No comments: