.

.
.

Selasa, 23 Desember 2014

2.142 Personel Amankan Natal di Provinsi Jambi

SIAGA GEREJA PENGAMANAN NATAL: Dua anggota Satuan Sabhara Polrestabes Surabaya siaga di dalam gereja, saat pengamanan jelang peringatan Natal di Gereja Katolik Hati Kudus Yesus (Katedral) Surabaya, Selasa (23/12). Pada Operasi Lilin Semeru 2014, Polda Jatim mengerahkan 9.904 personel untuk pengamanan 504 gereja yang ada di Jatim, 100 diantaranya gereja besar. ANTARA FOTO/Eric Ireng
Kepala Kakanwil Kemenkum HAM Jambi, Juliasman Purba. Foto Asenk Lee Saragih
Remisi Natal Untuk 22 Narapidana

Peringatan hari Raya Natal tahun 2014 ini, Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI kantor Wilayah Provinsi Jambi memberikan remisi kepada narapidana. Jumlah narapidana yang memperoleh remisi paling banyak tahun 2014 yakni lapas kelas II A Kota Jambi sebanyak 22 orang. Sementara Polda Jambi beserta jajaran menurunkan 2.142 personel guna pengamanan Natal dan Tahun Baru terhadap 263 gereja di Provinsi Jambi.

R MANIHURUK, Jambi

Kepala Kakanwil Kemenkum HAM Jambi, Juliasman Purba, Selasa (23/12) kepada wartawan mengatakan, remisi paling banyak tahun 2014 yakni lapas kelas II A Kota Jambi, dari jumlah 1014 orang, sebanyak 22 orang mendapatkan remisi.

Disebutkan, mereka yang mendapatkan remisi sesuai dari persyaratan yakni sudah menunjukan prilaku yang baik selama di dalam penahanan.

Juliasman Purba berharap kepada para narapidana yang mendapat remisi agar menyadari kesalahan mereka. Remisi ini diberikan karena narapidana tersebut sudah menunjukan prilaku yang baik selama pembinaan di lapas.

“Kita berharap kepada mereka yang mendapatkan remisi berprilaku yang baik, supaya dapat mengubah prilaku, karena mereka mengikuti peraturan maka dari itu mereka mendapatkan reward berupa remisi," jelasnya.



Sementara Jajaran Polda Jambi melakukan Operasi Lilin dalam pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2015 yang di Laksanakan di Polresta Jambi. Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA) tidak menghadiri operasi tersebut.

Pembacaan sambutan oleh Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) Sutarman dibacakan langsung oleh Kapolda Jambi Brigjen Pol Bambang Sudarisman.

Menurut Bambang Sudarisman, dalam rangka mengamankan perayaan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015, Polda Jambi beserta jajaran akan menggelar Operasi Lilin dengan 2.142 personel.

Dikatakan, nantinya akan dilakukan pengamanan terhadap 263 tempat ibadah yang menggelar perayaan Natal dan Tahun Baru, di seluruh wilayah Provinsi Jambi. “Nantinya akan ada personel yang ditempatkan di 263 tempat ibadah tersebut,” kata Bambang Sudarisman.

Tidak hanya di tempat ibadah, Bambang Sudarisman juga menyebutkan, dari 2.142 personel tersebut juga ada yang akan ditempatkan di pos pengamanan maupun pos pelayanan yang telah disediakan. Total keseluruhan, ada 28 pos pengamanan dan 14 pos pelayanan yang disiapkan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru.

“28 pos pengamanan dan 14 pos pelayanan tersebut tersebar di seluruh wilayah Provinsi Jambi,” sebut Bambang Sudarisman.

Operasi Lilin akan berlangsung selama 10 hari, mulai 24 Desember 2014 hingga 2 Januari 2015. “Kita berharap nantinya perayaan Natal dan Tahun Baru di Jambi berlangsung aman dan kondusif,” pungkasnya. 

Disebutkan, merayakan Natal di Kota Jambi pada malam Rabu (24/12) dan Kamis (25/12) diharapkan benar-benar terasa plong dan penuh suka cita oleh jemaat. Umat Kristen yang merayakan Natal di berbagai Gereja di kota itu tidak dihantui rasa cemas akan terjadinya gangguan keamanan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Pada malam Natal, Rabu (24/12), puluhan ribu umat Kristen di Kota Jambi bakal membanjiri gereja masing-masing untuk merayakan malam Natal. Mereka akan leluasa merayakan Natal karena situasi aman kendati tanpa ada pengawalan ketat polisi hingga ke halaman gereja seperti tahun-tahun sebelumnya.(*/lee)


Tidak ada komentar: