.

.
.

Sabtu, 20 Desember 2014

Warga Jambi Kecewa, Jokowi Membatalkan Hadir di Puncak HKSN di Jambi


 Jokowi Saat Kampanye di Pasar Angso Duo Kota Jambi Juni 2014 Lalu.IST
Persiapan Penyambutan Presiden RI Ke 7 Ini Sudah Maksimal

Presiden Joko Widodo tidak bisa menghadiri puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) di Jambi, yang akan berlangsung pada Sabtu (20/12/2014). Sementara sejumlah skema penyambutan telah dilakukan mulai dari Bandara Sultan Thaha hingga di Kampung Bantar yang direncanakan dikunjungi Jokowi. Namun harapan masyarakat Jambi untuk bertatap muka dengan Jokowi setelah dilantik jadi Presiden ke 7 RI pupus sudah. Sebelumnya Jokowi hadir dijambi saat kampanye Pilpres beberapa bulan lalu.

R MANIHURUK, Jambi

Pembatalan kehadiran Presiden Jokowi diketahui setelah rapat pleno dan sinkronisasi kegiatan HKSN di rumah dinas Gubernur Jambi, Rabu (17/12) malam.

Semula Presiden Jokowi dan sejumlah menteri Kabinet Kerja dijadwalkan akan menghadiri puncak peringatan HKSN 2014 yang berlangsung di arena eks MTQ di Kota Jambi.

Rapat pleno HKSN dipimpin langsung Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, yang sekaligus sebagai Ketua Panitia Acara Puncak HKSN, rapat juga dihadiri Kapolda Jambi Brigjen Pol Bambang Sudarisman, Dandrem 042/Gapu Kolonel Inf Harianto, Ketua PTA DR Jayusman, Sekda Kota Jambi Daru Pratomo serta unsur Muspida dan seluruh SKPD provinsi dan Kota Jambi.

Saat rapat berlangsung, diketahui bahwa Jokowi tidak bisa hadir dan diwakili Jusuf Kalla (JK). Namun beberapa saat kemudian diterima kembali informasi yang menyebutkan bahwa JK juga tidak bisa hadir.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, rapat Rabu malam seharusnya berlangsung pukul 19.00 WIB, tapi molor karena waktu kedatangan Sekjen Kementrian Sosial beserta rombongan tetunda, rapat akhirnya baru bisa dimulai pukul 21.30 WIB. Dari rapat tadi malam diketahui bahwa Jokowi dan JK batal hadir ke Jambi.

Dari hasil rapat tersebut didapat kepastian bahwa yang menghadiri puncak hari HKSN di Jambi adalah Menko Kesra Puan Maharani dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa serta sejumlah menteri lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Provinsi Jambi M Diyanto ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa yang akan hadir di puncak HKSN adalah Menko Kesra dan Menteri Sosial.

“Informasi dari pusat yang hadir saat puncak HKSN adalah Puan Maharani dan Mensos, Khofifah Indar Parawansasa, meski tidak dihadiri Jokowi, agenda-agenda yang disusun tetap dijalankan," kata Diyanto.

Persiapan Penyambutan Jokowi

Sebelumnya Walikota Jambi Syarif Fasya telah mengintruksikan seluruh sekolah yang dilalui jalur Jokowi dan rombongan di Jambi memasang spanduk dan umbul-umbul. Bahkan sebuah baliho besar selamat datang kepada Jokowi telah terpasang di depan Kantor Walikota Jambi.
 
Kemudian Kampung Bantar untuk kampung bersih, aman dan tertib atau yang lebih dikenal dengan nama kampung bantar sudah disolek sesederhana mungkin dalam menyambut Jokowi di lokasi tersebut.

“Tinggal tunggu kunjungan Presiden. Sengaja tak dipersiapkan habis-habisan seperti kunjungan presiden sebelumnya, disulap menjadi bagus, kita tampilkan apa adanya," aku Fasha.

Fasha menjelaskan, bukan fisik yang akan ditonjolkan, namun semangat masyarakatnya terhadap HKSN tersebut. Soal persiapan kampung Bantar, Fasha mengatakan sudah rampung. Tinggal lagi, SKPD melakukan pematangan. 

“‎Akses masuk sana dan prasarana jalan sudah diperbaiki semua. Cuma ada yang berbatasan dengan kabupaten tetangga, maka tak bisa diperbaiki,” jelasnya. 

Usai peringatan puncak HKSN tingkat Kota Jambi, Rabu (17/12), Fasha mengaku senang atas ditunjuknya Kota Jambi sebagai tuan rumah event nasional itu.

“Kami Pemkot dan masyarakat kota berterimakasih kepada Pemprov Jambi dan Kementrian Sosial yang menunjuk Kota Jambi sebagai tuan rumah puncak peringatan HKSN,” ungkap Fasha.

Dalam kesempatan itu, banyak bantuan yang diberikan kepada Pemkot Jambi untuk masyarakat yang sebenarnya sulit terpenuhi. “Kami bersyukur sekali mendapatkan bantuan ini,” bebernya.

Pada kegiatan itu, ada beberapa ibu yang merupakan istri menteri hadir meninjau kesiapan Jambi. Selain itu, dalam acara puncak HKSN tingkat Kota Jambi, di lapangan Kantor Walikota Jambi digelar Pengukuhan Pengurus Satgas KSN. Disamping itu juga, pemberian bantuan 300 kacamata.

Lalu juga pemberian bantuan 850 perlengkapan sekolah dan pemberian bantuan 123 alat bantu dengar. Disamping itu, di Museum Perjuangan dilakukan pengobatan gratis. Selain itu, di RSUD Abdul Manap juga dilakukan sunatan massal serta yang terakhir pembagian Sembako di kantor Camat dalam Kota Jambi.

Ketua Jambi Emas Watch (JEW) Nasroel Yasir mengaku kecewa dengan batalnya kehadiran Presiden Jokowi di Jambi. Padahal sebelumnya kehadiran Jokowi di Jambi berdampak signifikan terhadap pembangunan Provinsi Jambi kedepan.

“Awalnya kita mengapresiasi Presiden Jokowi yang mau hadir di HKSN di Jambi. Karena momen tersebut juga memberikan manfaat bagi Jambi khususnya percepatan pembangunan Pelabuhan Laut Ujung Jabung,” ujarnya.(*/lee)

Tidak ada komentar: