.

.
.

Tuesday, 16 December 2014

Menyambut Kelahiran Yesus Kristus dengan Sederhana di Gereja Pinggir Kota Jambi


LILIN: Pendeta GKPS Resort Jambi, Pdt JP Tamsar STh (kanan) bersama para pengurus Gereja GKPS Resort Jambi menyalakan lilin Natal pada Perayaan Natal Bersama Kaum Bapa-Wanita  GKPS Se Resort Jambi di GKPS Tanah Kanaan Jambi, Minggu (14/12). ROSENMAN MANIHURUK/HARIAN JAMBI


Liturgi

Perayaan Natal Bersama Kaum Bapa dan Wanita GKPS Se Resort Jambi

Natal Tanpa Dihantui Rasa Cemas di Kota Jambi 

Perayaan Natal bersama Kaum (Seksi) Bapa dan Wanita Gereja Kristen Protestan Jambi (GKPS) Se Resort Jambi di Gereja GKPS Persiapan Tanah Kanaan Kota Jambi di Jalan Penerangan Kota Jambi, cukup sederhana. Bangunan gereja yang terbuat dari papan serta atap seng semi permanen tak mengurangi khususknya ibadah perayaan natal yang dihadiri sekitar 350 jemaat GKPS Se Resort Jambi tersebut.

Rosenman MANIHURUK, Jambi

Komplek GKPS Persiapan Tanah Kanaan Kota Jambi, Jalan Penerangan, Kelurahan Bagan Pete, Kecamatan Kotabaru,  daerah pinggiran Kota Jambi yang biasanya sepi tampak meriah, Minggu (14/12) petang. Sekitar 350 orang warga jemaat GKPS Resort Jambi larut dalam suka cita Perayaan Natal Bersama kaum Bapa dan Wanbita GKPS Se Resort Jambi.(Berita Terkait : Sayembara Vokal Group di Natal Gabungan Bapa-Inang Resort Jambi)

Sore itu tampak cuaca cukup bersahabat di wilayah Lorong Penerangan Kotabaru Jambi. Sejak pukul 15.00 WIB, jemaat mulai berdatangan. Bangunan gereja yang sederhana ternyata tak menyurutkan niat jemaat untuk menghadiri perayaan Natal itu.

Suasana berbeda tampak di halaman gereja yang bangunannya sederhana tersebut. Tampak puluhan kenderaan roda empat berjajar dan juga demikian dengan kenderaan roda dua. 

Perayaan Natal Bersama Seksi Bapa-Inang GKPS Se Resort Jambi di GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi, Minggu 14 Des 2014 Pukul 15.00 WIB s/d 20.00 WIB. Kotbah dibawakan Pendeta GKPS Resort Jambi Pdt JP Tamsar STh, Doa Syafaat Vik Pdt Parulihan Sipayung STh, Votum Ibadah St F Sipayung (Ketua Bapa Resort).


Pendeta GKPS Resort Jambi, Pdt JP Tamsar STh dalam khotbah natalnya mengatakan, umat Kristen hendaknya semakin konsisten menjaga ciptaan Allah sebagai wujud ucapan syukur atas kebaikan Allah kepada manusia.

Salah satu upaya menjaga ciptaan Allah yang perlu semakin ditingkatkan umat Kristen dan seluruh umat manusia, yakni menjaga kelestarian lingkungan hidup. Pelestarian lingkugan hidup ini tidak bisa diabaikan oleh gereja atau umat Kristen karena pelestarian lingkungan merupakan salah satu kesaksian mengenai kasih Allah terhadap manusia.

“Kalau kita merasa Allah menyelamatkan kita melalui kelahiran Juru Selamat, Yesus Kristus, kita juga harus menyelamatkan lingkungan demi kelangsungan hidup generasi penerus. Sebagai ucapan syuklur atas karya penyelamatan Allah terhadap manusi tidak cukup hanya memperhatikan sesama manusia, tetapi juga  turut memperhatikan segala ciptaan Allah, termasuk memperhatikan kelestarian lingkungan,”katanya.

Pdt JP Tamsar STh mengajak Jemaat GKPS untuk menjadi berkat bagi setiap orang. Dia juga menghimbau agar perayaan Natal tidak sekadar tradisi dan seremonial.Natal harus memberi makna agar umat GKPS semakin peduli sesama.

“Damai sukacita Natal hendaknya bisa kita jadikan sebagai salah satu momen untuk meningkatkan kepedulian sosial. Hal ini sesuai dengan Tema Natal GKPS “Kita Adalah Saksi Kristus” yakni GKPS menjadi berkat untuk Indonesia terkhusus untuk Jambi,” katanya.

Pada ibadah dilakukan Liturgi tentang penciptaan, jatuhnya manusia kedalam dosa serta kelahiran Yesus Kristus. Dalam perayaan itu juga dilakukan sayembara VG. Juara I Sektor Efesus, Juara II Korintus, Juara III GKPS Tanah Kanaan dan Juara Harapan I Sektor Tesalonika GKPS Jambi.
Sukacita Natal mewarnai seluruh yang hadir. MC Varia Natal dibawakan oleh St E br Sitopu. Sukacita Natal tampak malam itu dengan tampilnya sumbangan puji-pujian dari Rani br Sumbayak, Trio PGKPS Jambi, St R Saragih, Pdt JP Tamsar, Duet Damanik/br Dasuha, Sy Asi Damanik dan Sy Rosenman Saragih.

Kesulitan Izin Tak Patahkan Semangat Membangun Gereja

Warga Jemaat GKPS Resort Jambi, khususnya warga jemaat GKPS Persiapan Tanah Kanaan benar–benar merasakan suka cita pada perayaan Natal itu karena kegiatan peribadahan dan pembangunan fisik gereja tersebut terus berjalan kendati proses pengurusan izin gereja itu hingga kini masih belum rampung. 

Kemeriahan perayaan Natal di GKPS Persiapan Tanah Kanaan sangat terasa mulai dari kebaktian, varia natal hingga makan bersama dan hiburan. Seluruh warga jemaat GKPS Jambi (Kotabaru), GKPS Persiapan Tanah Kanaan dan para undangan mengikuti ibadah dengan penuh sukacita kendati suasana di dalam dan di luar gereja terasa gerah. Ibadah yang dipimpin Pendeta (Pdt) GKPS Resort Jambi, Pdt JP Tamsar STh tersebut diiukuti seluruh warga jemaat dengan khidmat. 

Kebaktian Perayaan Natal di GKPS Persiapan Tanah Kanaan yang baru genap berusia 3 tahun (Oktober 2014) itu tambah semarak berkat penampilan Tim Paduan Suara Seksi Bapa GKPS Resort Jambi yang meraih juara II pada Pesparawi Seksi Bapa GKPS Distrik VI Riau, Sayembara Vokal Grup Seksi Wanita/Bapa GKPS se Resort Jambi dan Solo dan Vokal Grup Seksi Pemuda GKPS Resort Jambi dan GKPS Tanah Kanaan Jambi.

Menurut Pimpinan Jemaat GKPS Tanah Kanaan Jambi, St JP Sidauruk, perjuangan membangun GKPS Persiapan Tanah Kanaan sejak tiga tahun lalu cukup berat. Namun demikian, segenap jemaat, Pimpinan Majelis Jemaat dan Majelis Jemaat GKPS Persiapan Tanah Kanaan tidak putus asa (patah arang) untuk melanjutkan pembangunan gereja tersebut. 

“Melihat beratnya tantangan yang kami hadapi meneruskan pembangunan gereja dan pelayanan di GKPS Persiapan Tanah Kanaan hingga sekarang ini, kami juga sangat mengharapkan dukungan dari segenap warga jemaat GKPS Resort Jambi, GKPS Jambi sebagai gereja induk serta para simpatisan. Perayaan Natal di sini juga relatif aman berkat dukungan dari warga sekitar,”katanya. (*/lee) 




No comments: