.

.
.

Sunday, 28 October 2012

Berbahaya, BPOM Larang Masyarakat Konsumsi Jamu Tawon Liar

Jambi, BATAKPOS

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Jambi melarang masyarakat untuk mengkonsumsi produk jamu merek Tawon Liar karena berbahaya bagi kesehatan. Jamu Tawon Liar diproduksi dari tempat yang berpindah-pindah.

Staf Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen BPOM Jambi, Edy  kepada wartawan, Rabu (24/10) mengatakan, informasi jamu itu awalnya didapatkan dari masyarakat. Setelah melalui uji laboratorium benar jamu tawon liar mengandung bahan kimia yang berbahaya buat kesehatan.

Menurut Edy, jamu Tawon Liar yang diproduksi dari daerah Jawa tersebut sebenarnya dulu sudah pernah ditarik dari peredaran. Bahkan terakhir  pihaknya sudah mendata sedikitnya sudah ada 29 jenis jamu yang kini sudah tidak boleh lagi beredar.

“Kini muncul lagi dan sekarang jadi temuan BPOM yakni jamu Tawon Liar. Kita sedang koordinasi dengan Dinas Kesehatan, dalam waktu dekat kita akan turun ke lapangan menarik jamu tersebut. Setelah dilakukan uji laboratorium, ternyata kandungan yang terdapat di dalam jamu Tawon Liar tersebut banyak mengandung unsur bahan kimia obat-obatan. Ada kandungan paracetamol, natrium diklofenak, asam mefenamat,”katanya.

Pihak BPOM Jambi menghimbau kepada masyarakat untuk tidak lagi mengkonsumsi jenis obat tradisional yakni jenis jamu. Menurut Edy, kasiat jamu dan obat-obatan kata dia berbeda. Jamu bahan-bahannya dibuat dari rempah-rempah, sedangkan obat tentu dari bahan kimia. RUK

=============

3 comments:

Abang Rindu said...

Keterangan efek BKO yang dikandung OTL antara lain :
1. Deksametason dapat menyebabkan moon face, retensi cairan dan elektrolit, hiperglikemia, glaukoma (tekanan dalam bola mata meningkat), gangguan pertumbuhan, osteoporosis, daya tahan terhadap infeksi menurun, miopati (kelemahan otot), lambung, gangguan hormon dan lain-lain.
2. Fenilbutason dapat menyebabkan mual, muntah, ruam kulit, retensi cairan dan elektrolit (edema), pendarahan lambung, nyeri lambung, dengan pendarahan atau perforasi, reaksi hipersensitivitas, hepatitis, nefritis, gagal ginjal, leukopenia, anemia aplastik, agranulositosis dan lain-lain.
3. Parasetamol dalam penggunaan yang lama dapat menyebabkan gangguan / kerusakan ginjal & hati.
Silahkan buka sumbar:
http://al-kaft.com/jamu-tawon-liar/

sarman dzakiyy said...

Sy minum rutin tiap hr,sd sebulanan.sekarang muka sy kelihatan bengkak,apakah itu efek tl?

sarman dzakiyy said...

Sy minum rutin tiap hr,sd sebulanan.sekarang muka sy kelihatan bengkak,apakah itu efek tl?