.

.
.

Rabu, 04 September 2013

Sekjen GKPS Pimpin Ibadah Jubileum 110 Tahun Injil di Simalungun Tingkat GKPS Distrik VI Rayon I Jambi



Peserta Paduan Suara Dewasa Campuran (PSDC) atau Gemende Koor GKPS Kotabaru Jambi (Juara I). Foto-foto Asenk Lee Saragih-HP 0812 747 7587


Peserta VG GKPS Kotabaru Jambi (Juara II)

Peserta VG GKPS Kotabaru Jambi (Juara II)

Peserta VG GKPS Palembang (Juara I)

Peserta VG GKPS Palembang (Juara I)

Peserta VG GKPS Palembang (Juara I)


Peserta VG GKPS Pangkal Pinang

Peserta VG GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi (Juara III)

Peserta Katekhisasi GKPS Pangkal Pinang (Juara I)

Peserta Katekhisasi GKPS Pangkal Pinang (Juara I)
 
Doa Penutup Acara Praeses GKPS Distrik VI Pdt Jameldin Sipayung MTh MA

Duet Asenk Lee Saragih dengan Damma Silalahi Lagu "Elvi".

Inang Sekjen GKPS Pdt EL Imanson Sumbayak MTh Boru Girsang Sumbangkan Pujian

 
GKPS Resort Palembang Menerima Piala Juara Umum dari Ketum Panitia Letkol Inf Drs Robensius Saragih didampingi Praeses GKPS Distrik VI Pdt Jameldin Sipayung MTh MA.

Lagu "Monang Do Ahu" Oleh Pdt JP Tamsar STh dan Sei Wanita GKPS Kotabaru Jambi

Sekjen GKPS Pdt EL Imanson Sumbayak MTh Kotbah

Trio Asenk Lee Saragih-Damma Silalahi-Mando Purba-Lagu "Salam Parumaen"

Jambi-Beritaku

Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) dari empat Provinsi di Sumatera merayakan Jubileum (Pesta Ulang Tahun) 110 Tahun (2 Sept 1903-2 Sept 2013) Pekabaran Injil di Simalungun di GKPS Kotabaru  Jambi, Kota Jambi. Puncak Perayaan Jubileum 110 Tahun Pekabaran Injil di Simalungun itu ditandai dengan pelaksanaan ibadah raya di GKPS Kotabaru, Jambi, Minggu (1/9/2013). Pada hari itu juga genap usia GKPS Ke 50 Tahun (September 1963-2013).

Ibadah raya yang dihadiri sekitar 1000 orang warga GKPS se-Provinsi Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu  itu dipimpin Sekretaris Jenderal (Sekjen) GKPS Pdt El Imanson Sumbayak MTh. Ibadah Raya Jubileum 110 Tahun Injil di Simalungun tersebut juga dimeriahkan festifal sayembara Paduan Suara Dewasa Campuran (PSDC) atau Gemende Koor dan Vokal Group.

Festival itu antar jemaat GKPS wilayah Kota Jambi, Muarabungo, Bangko, Tebo, Provinsi Jambi, GKPS Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, GKPS Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung dan GKPS Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

Perayaan Jubileum 110 Tahun Injil di Simalungun Tingkat GKPS Distrik VI Rayon I Jambi juga dimeriahkan dengan perlombaan seni tarian tardisional budaya Simalungun “Haroan Bolon” (Gotong Royong) dan pentas seni music Simalungun. Kegiatan seni budaya ini digelar Sabtu 31 Agustus 2013.

Selain itu juga ada lomba Katekhisasi khusus peserta Pemuda/di GKPS dari empat Provinsi tersebut. Inti dari Katekhisasi tentang sejarah masuknya Injil di Simalungun dan sejarah singkat GKPS. Soal Katekhisasi ini dibuat oleh Praeses GKPS Distrik VI Pdt Jameldin Sipayung MTh MA.

Ketua Umum Panitia Jubileum 110 Tahun Injil di Simalungun Tingkat GKPS Distrik VI Rayon I Jambi, Letkol Inf Drs Robensius Saragih mengatakan, kegiatan Jubileum 110 Tahun Injil di Simalungun dihadiri sekitar 1000 orang. Kegiatan tersebut tidak hanya diikuti warga GKPS, tetapi juga warga Kristen Simalungun di luar GKPS dan umat Kristen dari gereja-geraja lain.

Disebutkan, Perayaan Jubileum 110 Tahun Injil di Simalungun Tingkat GKPS Distrik VI Rayon I Jambi sengaja dibuat meriah guna membangkitkan semangat pekabaran Injil di tengah warga jemaat GKPS khususnya di empat Provinsi yakni Provinsi Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung dan Bengkulu.
Menurut Letkol Inf Drs Robensius Saragih, sebagian warga Simalungun yang asalnya dari GKPS di empat provinsi itu hingga kini belum masuk ke GKPS karena mereka tinggal di daerah pertumbuhan ekonomi baru khususnya perkebunan sawit.

Melalui Pesta  Jubileum 110 Tahun Injil di Simalungun Tingkat GKPS Distrik VI Rayon I Jambi ini, warga GKPS di empat provinsi yakni Provinsi Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung dan Bengkulu, untuk memberikan pelayanan bagi warga jemaat yang masih berada di luar GKPS.

Sebagai ucapan syukur dan sukacita, pentas music Simalungun juga sengaja dihadirkan dari Simalungun yakni Seniman Simalungun Damma Silalahi, Ando Purba dan Santi br Purba. Ketiganya tampil memukau 1000 penonton warga Simalungun dan simpatisan selama dua hari (Sabtu malam dan Minggu siang).

Kepiawaian Damma Silalahi dalam melelang lagu mampu menggerakkan sumbangsih warga GKPS dan Simpatisan Simalungun untuk menyumbang. Terkumpul dana pada Pesta Jubileum 110 Tahun GKPS  sekitar Rp 110 Juta.

Sekjen GKPS Pdt El Imanson Sumbayak MTh dalam kotbahnya mengajak jemaat GKPS untuk tidak lagi percaya terhadap Ukultisme. Pada Jubileum 110 Tahun Injil di Simalungun, menandakan bahwa Injil Telah Mencerahkan Warga Simalungun dimanapun mereka berada.

Menurut Pdt El Imanson Sumbayak, pada tanggal 02 September 1903, Misionaris Jerman, August Theis tiba di Pamatang Raya (Pos PI pertama), tanggal inilah dijadikan sebagai tahun berdirinya GKPS.

Pengkristenan sangat sulit berkembang akibat tidak adanya usaha RMG untuk menjelaskan Injil dengan sarana nilai-nilai budaya Simalungun. Hal itu dibuktikan dengan hadirnya Injil di Simalungun selama 25 tahun, yaitu pada tahun 1928 (1903-1928) hanya 900 orang berhasil dibaptiskan.

Melihat situasi ini tergeraklah hati para Kristen pribumi untuk berperan aktif terlibat melaksanakan pekabaran Injil. Ini berawal dari pesta peringatan 25 tahun Injil di Simalungun yang diadakan di Pamatang Raya pada tanggal 3 September 1928. Orang Kristen Simalungun menyadari keadaan gerejanya untuk berbenah diri secara khusus dalam pewartaaan Injil kepada etnisnya.

Menurut Pdt El Imanson Sumbayak, seluruh warga jemaat GKPS di Indonesia (7 Distrik) turut merayakan Jubileum 110 Tahun Injil di Simalungun sebagai ucapan syukur genapnya usia 110 Tahun ( 2 September 1903-2 September 2013). (Asenk Lee Saragih)
 



JUARA UMUM GKPS RESORT PALEMBANG


HASIL SAYEMBARA LOMBA PESTA JUBILEUM 110 TAHUN INJIL DI SIMALUNGUN TINGKAT DISTRIK VI RAYON I JAMBI DI GKPS JAMBI, Sabtu 31 Agustus 2013 & Minggu 1 September 2013. (Rayon Jambi Meliputi : GKPS Resort Jambi, GKPS Resort Palembang, GKPS Pangkal Pinang, GKPS Resort Bungo dan GKPS P Resort Bengkulu).

Paduan Suara Dewasa Campuran (PSDC) (Gemende Koor) ("Diatei Tupa Ma" Cipt Inson S

Juara I GKPS Kotabaru Jambi
Juara II GKPS Pangkal Pinang
Juara III GKPS Palembang
Juara IV GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi
Juara V GKPS Muarabungo
Juara VI GKPS Bangko

Vokal Group Dewasa Campuran ( Hal No 493 : Naha Do Pangidahmu Cipt St AK Saragih).

Juara I GKPS Palembang
Juara II GKPS Kotabaru Jambi
Juara III GKPS Bangko
Juara IV GKPS  Pangkal Pinang
Juara V GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi
Juara VI GKPS Bungo
Juara VII GKPS Bengkulu

Katekhisasi (Khusus Pemuda/di)

Juara I GKPS Pangkal Pinang
Juara II GKPS Palembang
Juara III GKPS Persiapan Tanah Kanaan
Juara IV GKPS Kotabaru Jambi
Juara V GKPS Muarabungo
Juara VI GKPS Bangko
Juara VI GKPS Bengkulu

Tortor "Haroan Bolon" (Khusus ASM/Remaja)

Juara I GKPS Palembang
Juara II GKPS Kotabaru Jambi
Juara III GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi
Juara IV GKPS Muarabungo


(Asenk Lee Saragih-HP 0812 747 7587).

Tidak ada komentar: