.

.
.

Tuesday, 16 December 2014

Dukcapil Jambi Kekurangan Blanko KTP


Dahulukan Yang Telah Rekam e-KTP

JAMBI-Sepekan terakhir Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Jambi melakukan pencetakan fisik elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP). Sayangnya, tidak semua warga bisa yang belum mendapatkan fisik e-KTP bisa dicetak e-KTP nya. Ini dikarenakan keterbatasan blangko yang dimiliki Disdukcapil. 

Kepala Disdukcapil Kota Jambi, Obliyani mengatakan, dalam pencetakan e-KTP pihaknya terkendala ketersediaan blangko. Saat ini blangko yang dikirimkan dari pusat hanya sebanyak 3 ribu. Padahal jumlah warga yang e-KTP nya belum dicetak sekitar 17 ribuan. “Jadi kalau dikurangi dengan blangko yang tersedia, masih kurang 14 ribu,” ungkap Obliyani.


Untuk pencetakan sendiri, Obliyani menyebutkan, pihaknya mengutamakan yang sudah rekam duluan dan belum mendapatkan e-KTP, selain itu juga mendahulukan yang dianggap benar-benar penting. Disebutkannya, bagi warga yang merasa belum mendapatkan e-KTP namun sudah melakukan rekam data bisa mendatangi Disdukcapil Kota Jambi. 

Namun pihaknya terlebih dahulu akan pengurutan data sesuai perekaman. “Kalau memang rekam sudah lama dan belum dapat e-KTP warga bisa datang ke UPTD dengan bawa KK, tapi kami akan seleksi juga dengan data yang ada,” sebutnya. 

Saat ini, menurut dia, pencetakan e-KTP baru sekitar 100 lembar perhari. Ini dikarenakan mesin cetak yang tersedia masih minim. “Kita baru punya dua mesin, idealnya 6 unit,” sebutnya. Untuk menambah kekurangan blangko, Obliyani mengatakan, pihaknya akan mengajukan ke pusat untuk meminta tambahan. Pencetakan e-KTP sendiri tidak dipungut biaya sepeserpun. “Kalau ada yang pungut langsung lapor sama saya,” pungkasnya. (oyi/lee)

No comments: