Rabu, 18 Maret 2015

PU Provinsi Jambi Bangun Sinergitas Guna Meretas Infrastruktur di Provinsi Jambi

KOORDINASI: Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) membuka Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Insfrastruktur ke PU-an Provinsi Jambi dengan menghadirkan pejabat PU dan Kepala Bappeda kabupaten/kota se Provinsi Jambi. Rapat itu dilakukan di Ruang Pola PU Provinsi Jambi, Rabu 16 Maret 2015. Rapat itu juga dihadiri Ketua Bappeda Provinsi Jambi Achmad Fauzi Ansori, Kadis Perhubungan Provinsi Jambi Sri Sapto Edi dan pejabat SKPD PU Bappeda Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi. FOTO ASENK LEE SARAGIH/HP 0812 7477587
Satukan Persepsi  Dalam Koordinasi dan Sinkronisasi Dalam Program Infrastruktur di Provinsi Jambi

Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan merupakan urat nadi perekonomian yang harus didukung oleh pemerintah guna mewujudkan masyarakat mandiri dalam meningkatkan perekonomian. Pentingnya pembangunan jalan dan jembatan, adalah salah satu solusi meningkatkan perekonomian di Provinsi Jambi khususnya di daerah produksi pangan. Guna mewujudkan pembangunan insfrastruktur yang berkelanjutan, PU Provinsi Jambi melakukan rapat koordinasi dan sinkronisasi program insfrastruktur ke PU-an Provinsi Jambi sejalan dengan Visi Jambi Emas 2015.

Rosenman MANIHURUK, Jambi

Capaian pembangunan infrastruktur jalan melalui PU Provinsi Jambi kini membanggakan, khususnya jalan provinsi di daerah kabupaten. Rendahnya kualitas jaringan infrastruktur, khususnya jalan, jembatan menjadi salah satu penghambat utama percepatan pembangunan di Provinsi Jambi selama ini. Kerusakan jalan yang cukup tinggi menjadi salah satu kendala rendahnya minat investor menanamkan modalnya di Jambi.

KOORDINASI: Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) membuka Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Insfrastruktur ke PU-an Provinsi Jambi dengan menghadirkan pejabat PU dan Kepala Bappeda kabupaten/kota se Provinsi Jambi. Rapat itu dilakukan di Ruang Pola PU Provinsi Jambi, Rabu 16 Maret 2015. Rapat itu juga dihadiri Ketua Bappeda Provinsi Jambi Achmad Fauzi Ansori, Kadis Perhubungan Provinsi Jambi Sri Sapto Edi dan pejabat SKPD PU Bappeda Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi. FOTO ASENK LEE SARAGIH/HP 0812 7477587
Guna mengatasi masalah itu, PU Provinsi Jambi mengambil langkah strategis melalui Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Insfrastruktur ke PU-an Provinsi Jambi dengan menghadirkan pejabat PU dan Kepala Bappeda kabupaten/kota se Provinsi Jambi. Rapat itu dilakukan di Ruang Pola PU Provinsi Jambi, Rabu 16 Maret 2015.

Rapat itu dibuka langsung oleh Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) dan dihadiri Ketua Bappeda Provinsi Jambi Achmad Fauzi Ansori, Kadis Perhubungan Provinsi Jambi Sri Sapto Edi dan pejabat SKPD PU Bappeda Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi.

Lima tahun berjalan (2010-2015) ini, sejalan dengan visi Pemerintah Provinsi Jambi optimis visi “Jambi EMAS” (Ekonomi Maju, Aman, Adil dan Sejahtera) 2010-2015 semakin terwujud. Visi itu sudah tampak berkat dukungan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), khususnya PU Provinsi Jambi.

Selama ini, kerusakan jalan dan jembatan juga memperlambat pembangunan pusat pertumbuhan ekonomi baru di sentra-sentra produksi tanaman pangan dan lainnya yang tersebar di beberapa kabupaten.

Memasuki lima tahun kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi periode 2010-2015, Drs H Hasan Basri Agus-H Facrori Umar (HBA– FU), sejak dilantik 3 Agustus 2010 lalu, pertumbuhan pembangunan infrastruktur di Provinsi Jambi sudah meningkat secara signifikan.

Awal tahun 2010 lalu, kerusakan jalan di Provinsi Jambi mencapai 27,14 persen dari sekitar 1.567 km panjang jalan provinsi. Sedangkan jalan provinsi yang rusak ringan di Jambi mencapai 447,05 km (28,53 persen). Jalan provinsi yang kondisinya baik di daerah hanya 295,97 km (18,89 persen).

Kerusakan jalan yang sangat serius di berbagai tempat di Provinsi Jambi merupakan permasalahan yang paling disorot oleh dewan, hal ini juga diterima oleh gubernur dan menyatakan bahwa sejak tahun 2011 perbaikan jalan memang diprioritaskan.

Karena pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan merupakan urat nadi perekonomian di yang harus didukung oleh pemerintah guna mewujudkan masyarakat mandiri dalam meningkatkan perekonomian.

Guna menjawab tantangan itu serta menyadari besarnya pengaruh kemiskinan akibat infrastruktur itu terhadap percepatan pembangunan daerah, Drs H Hasan Basri Agus-H Facrori Umar (HBA– FU) memprioritaskan pembangunan infrastruktur di Provinsi Jambi.

Perbaikan kerusakan dan peningkatan kualitas jalan dan jembatan di Jambi harus tuntas paling lambat lima tahun. Target itu harus tercapai karena produksi pertambangan batu bara dan perkebunan kelapa sawit, karet dan produktifitas pertanian lainnya  di Jambi kini mulai mengalami booming (ledakan produksi). 
Langkah strategis Gubernur Jambi HBA yang dinilai banyak pihak sangat tepat dalam mendorong percepatan kesejahteraan rakyat adalah dengan mengutamakan pembangunan infrastruktur. 

Dalam kurun lima tahun terakhir HBA menunjukan komitman yang kuat untuk membuat sarana dan prasarana di Jambi semakin baik. Tercatat Rp 900 miliar dana ABPD Provinsi Jambi tahun 2013 diperuntukan khusus untuk membuka daerah terisolir. Kemudian peningkatan berbagai ruas jalan di seluruh wilayah Provinsi Jambi. Persentase alokasi dana per bidang (Bina Marga, Cita Karya, SDA, Perumahan) dana APBD I TA 2011 hingga 2015 total mencapai Rp 3,4 Triliun.

Sarana dan prasarana irigasi, serta berbagai fasilitas publik lainnya. Dibandingkan total APBD tahun 2013 yang mencapai Rp 3,2 Triliun, maka alokasi dana untuk infrastuktur tersebut sungguh sangat besar demi mewujukan Jambi EMAS 2015.

Lima tahun berjalan kepemimpinan Gubernur Jambi HBA, tetap konsisten membangun infrastruktur di Provinsi Jambi. Perlahan tapi pasti, pembangunan infrastruktur di Provinsi Jambi menggapai kemajuan yang cukup signifikan.

Pembangunan Jalan Provinsi

Mengkaji potensi dan kondisi Jangkat, khususnya potensi pertanian, Pemerintah Provinsi Jambi di bawah kepemimpinan HBA-FU memutuskan untuk membangun jalan Jangkat, tepatnya dari Simpang Pulau Rengas – Muara Siau – Dusun Tuo – Jangkat. 

Pembangunan jalan dengan panjang 155,53 Km dan lebar 6,50 m ini dilaksanakan dalam tahun jamak (multi years), yakni tahun 2011 sampai tahun 2014 (Juli 2011 sampai Januari 2014).

Kini, Jangkat sudah punya wajah baru. Tempat yang dulu identik dengan terisolir dan terpencil itu sudah memiliki akses jalan yang bagus, yang sangat memudahkan masyarakatnya dalam melakukan kegiatan ekonomi dan kegiatan lainnya. 

Dibangunnya jalan Jangkat membawa dampak yang luar biasa. Perjalanan darat dari Bangko (ibukota Merangin) ke Jangkat, yang sebelum jalan dibangun bisa mencapai waktu tempuh hingga 9 jam dan bahkan lebih ketika cuaca hujan, kini bisa ditempuh hanya dalam waktu 3 jam.

HBA menjelaskan,  efek positif dari selesainya pembangunan tentunya perekonomian  dan kesejahteraan masyarakat dapat ditingkatkan. “Saya berharap jalan yang telah dibangun dapat dimanfaatkan dengan baik dan ditindaklanjuti  oleh pemerintah kabupaten. Dengan membangun  dan meningkatkan ruas-ruas jalan yang menghubungkan pusat-pusat produksi karena wilayah ini merupakan sangat potensial dengan pertanian dan pemanfaatannya belum optimal,” jelas HBA.

Gubernur Jambi HBA juga menjelaskan bahwa sinergi antara Pemprov Jambi dengan kabupaten/kota harus dibarengi dengan keterpaduan perencanaan dan pelaksanaan program sektoral. “Diharapkan dapat mempercepat upaya pengembangan kawasan ini sebagai sentra agribisnis di Provinsi Jambi,” ujarnya.

Pembangunan jalan dan jembatan di Provinsi Jambi ujung tombaknya berada pada PU Provinsi Jambi, khususnya Bidang Binamarga. Bina Marga bertanggung jawab terhadap implementasi pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang bertujuan meningkatkan arus barang dan jasa serta mengurangi tingkat kesenjangan antar wilayah melalui program peningkatan jalan dan jembatan. 

Pendistribusian kegiatannya berdasarkan pendekatan kewilayahan (Wilayah Timur sampai Wilayah Barat Provinsi Jambi) melalui kegiatan-kegiatan berbentuk Pembangunan/Peningkatan dan Pemeliharaan rutin jalan dan jembatan di Provinsi Jambi.

HBA juga menakankan SKPD guna mewujudkan pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung dan Rel Kereta Api lintas Sumatera, serta membuka akses jalan menuju Pelabuhan Ujung Jabung. HBA juga mengharap agar para SKPD berpikir besar untuk memajukan pembangunan insfrastruktur di Provinsi Jambi.


PB Panjaitan Paparkan Program


Kepala Dinas PU Provinsi Jambi Ir PB Panjaitan MM mengatakan, berdasarkan Surat keputusan Gubernur Jambi Nomor : 567/KPTS/2012 Tentang Penetapan Ruas-Ruas Jalan Menurut Statusnya Sebagai Jalan Provinsi maka kewenangan penyelenggaraan jalan secara umum dan penyelenggaraan Jalan Provinsi dilaksanakan oleh Gubernur Jambi melalui Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi.

Jalan provinsi itu mencapai 1.504,929 Km yang tersebar di Provinsi Jambi dengan rincian : Ruas Jalan Provinsi di Kabupaten Tanjab Barat sepanjang 111,372 Km, Kabupaten Tanjab Timur sepanjang 138,374 Km, Kabupaten Muarajambi sepanjang 138,281 Km, Kabupaten Tebo sepanjang 139,162 Km.

Kemudian Kabupaten Bungo sepanjang 102,884 Km, Kabupaten Batanghari sepanjang 210,763 Km, Kabupaten Kerinci sepanjang 200,239 Km, Kabupaten Merangin sepanjang 216,211Km, Kabupaten Sarolangun sepanjang 192,779 Km, Kota Sungai Penuh sepanjang 10,910 Km dan Kota Jambi sepanjang 43,954 Km.

Disamping itu Provinsi Jambi juga menangani Jembatan yang tersebar di ruas Jalan provinsi sebanyak 312 unit atau sepanjang 9.213,05 Km.

Kondisi Ruas Jalan Provinsi  

Menurut PB Panjaitan, kondisi jalan di Provinsi Jambi saat ini meliputi: kondisi baik ( B ) mencapai = 595,568 Km atau (39,574 %), kondisi sedang (S) mencapai 530,526 Km (35,253 %), rusak ringan (RR) mencapai 242,969 Km (16,145 %) dan rusak berat mencapai (RB) 135,866 Km atau (9,028 %).

Jumlah jalan provinsi dalam kondisi mantap (Baik+Sedang ) sepanjang 1.126,094 Km atau 74,827 %. Kondisi jembatan di Provinsi Jambi sepanjang 9.213,05 meter (sebanyak 312 unit), saat ini sepanjang 1.548 meter (atau 16,80 %) diantaranya dalam kondisi rusak.

Disebutkan, kondisi ruas jalan provinsi di Provinsi Jambi tahun 2014 berdasarkan wilayah, di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat meliputi Jalan Merlung-Lubuk Kambing, Simpang Niam-Lubuk Kambing, Sei Saren-Teluk Nilau-Parit 10 Senyerang, Mekar Jati-Senyerang Batas Riau. Total kondisi jalan di ruas jalan di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam kondisi baik 21,310 Km, kondisi sedang 42,370 Km, rusak ringan 27,780 Km dan kondisi rusak berat 19,12 Km. Total panjang ruas jalan sesuai SK Gubernur Jambi yakni 111,372 Km.  

Kemudian di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur meliputi Jalan Lagan-Simpang Pelabi (Zona V), Sp Pelabi Nona V-Muarasabak, Batas Muarojambi/Tanjab Timur-Simpang Pelabi Zona V, Jalan Suak Kandis-Muarasabak. Total kondisi jalan di ruas jalan wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur dalam kondisi baik 52,517 Km, kondisi sedang 53,126 Km, rusak ringan 21,385 Km dan kondisi rusak berat 11,346 Km. Total panjang ruas jalan sesuai SK Gubernur Jambi yakni 138, 374 Km.  

PB Panjaitan menambahkan, kondisi ruas jalan di wilayah Muarojambi meliputi Simpang Sijenjang-Simpang Desa Baru, Simpang Candi Muarojambi Desa Baru-Batas Muarojambi Batas Tanjabtim, Talang Duku Simpang Pudak-Suak Kandis, Sungai Duren-Sungai Buluh, Tempino-Batas Batanghari. Total kondisi jalan di ruas wilayah Muarojambi dalam kondisi baik 57,443 Km, kondisi sedang 52,458 Km, rusak ringan 21,426 Km dan kondisi rusak berat 6,954 Km. Total panjang ruas jalan sesuai SK Gubernur Jambi yakni 138, 281 Km.  

Selanjutnya kondisi jalan provinsi di wilayah Kabupaten Tebo meliputi jalan Muaratebo-Simpang Logpon, Simpang Logpon-Tanjung, Simpang Sawmil-Simpang Logpon. Total kondisi jalan di ruas wilayah Tebo dalam kondisi baik 48,119 Km, kondisi sedang 64,131 Km, rusak ringan 18,527 Km dan kondisi rusak berat 8,385 Km.  Total panjang ruas jalan sesuai SK Gubernur Jambi yakni 139, 162 Km. 

Kemudian kondisi jalan provinsi di wilayah Kabupaten Bungo meliputi jalan Muarabungo-Junction/Rantau Ikil, Jalan Arah ke Rantau Pandan Muarabungo, Rantau Ikil-Batas Sumbar, Peninjaun-Lubuk Menguang-TKA Batas Sumbar. Total kondisi jalan di ruas wilayah Bungo dalam kondisi baik 36,074 Km, kondisi sedang 41,218 Km, rusak ringan 18,696 Km dan kondisi rusak berat 6,896 Km. Total panjang ruas jalan sesuai SK Gubernur Jambi yakni 102, 884 Km.  

Disebutkan, kondisi jalan provinsi di wilayah Kabupaten Batanghari meliputi jalan Batas Batanghari-Muarabulian, Jalan Sudirman Muarabulian, Simpang Penerokan-Sei Bahar, Sei Bahar-Durian Luncuk, Sengkati Gedang-Merlung. Total kondisi jalan di ruas wilayah Batanghari dalam kondisi baik 62,610 Km, kondisi sedang 60,795 Km, rusak ringan 46,135 Km dan kondisi rusak berat 41,223 Km. Total panjang ruas jalan sesuai SK Gubernur Jambi yakni 210, 763 Km.  

Selanjutnya kondisi jalan provinsi di wilayah Kabupaten Kerinci meliputi jalan Batas Kerinci-Sanggaran Agung, Sanggaran Agung-Sei Penuh, Sungai Penuh-Siulak Deras, Siulak Deras-Batas Sumbar (Letter W), Sei Penuh-Batas Sumbar/Tapan, Jujun-Sei Penuh, Sanggaran Agung-Jujun dan Jujun-Lempur. Total kondisi jalan di ruas wilayah Kerinci dalam kondisi baik 82,750 Km, kondisi sedang 78,063 Km, rusak ringan 28,026 Km dan kondisi rusak berat 11,400 Km. Total panjang ruas jalan sesuai SK Gubernur Jambi yakni 200, 239 Km.  

Kemudian kondisi jalan provinsi di wilayah Sungai Penuh meliputi Jalan Diponegoro, Jalan M Yamin, Jalan Martadinata, Jalan Kapten Muradi, Jalan Yani, Jalan Soekarno Hatta. Total kondisi jalan di ruas wilayah Sungai Penuh dalam kondisi baik 6,990 Km, kondisi sedang 3, 920 Km. Total panjang ruas jalan sesuai SK Gubernur Jambi yakni 10, 910 Km.  

PB Panjaitan menambahkan, kondisi jalan provinsi di wilayah Kabupaten Merangin meliputi jalan Simpang PI Rengas-Muara Siau, Ma Siau-Dusun Tuo, Dusun Tuo-Jangkat, Bangko-Sei Manau, JL Makalam Bangko, M Yamin, Sei Manau-Batas Kerinci. Total kondisi jalan di ruas wilayah Kabupaten Merangin dalam kondisi baik 128, 713 Km, kondisi sedang 58, 863 Km, rusak ringan 21,244 Km dan rusak berat 7,391 Km. Total panjang ruas jalan sesuai SK Gubernur Jambi yakni 216, 211 Km.

Disebutkan, berdasarkan SK Gubernur Jambi total panjang ruas jalan provinsi di Kabupaten Sarolangun mencapai 192,779 Km. Kondisi jalan tersebut meliputi jalan Sp Pelawan-Sei Salak, Sei Salak-Pekan Gedang/Batang Asai, Pekan Gedang/Batang Asai-Ma Talang-Jangkat, Pauh-Lubuk Napat-Sipintun-Batas Sumsel. Total kondisi jalan di ruas wilayah Kabupaten Sarolangun dalam kondisi baik 56, 950 Km, kondisi sedang 73, 720 Km, rusak ringan 39,750 Km dan rusak berat 22, 359 Km.

Menurut PB Panjaitan, berdasarkan SK Gubernur Jambi total panjang ruas jalan provinsi di Kota Jambi mencapai 43, 954 Km. Kondisi ruas jalan itu sepanjang 42,092 Km kondisi baik, kualitas sedang 1,862 Km. Sementara rusak ringan dan rusak berat tidak ada.

Ruas jalan provinsi di Kota Jambi meliputi 15 titik, diantaranya JL Slamet Riyadi-JL Urip Sumohorjo, Jalan Sutomo, Jalan Gajah Mada, Jalan Raden Mattaher, Jalan Kapten Pattimura, Jalan Kol Abunjani-JL Sumantri Brojonegoro, Jalan Abdul Rahman Saleh, Jalan Kol Polisi M Taher-Jalan Agus Salim. 

Menurut PB Panjaitan, Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi disamping mempunyai program tersendiri, juga selalu mengakomodir program-program kegiatan yang diusulkan oleh kabupaten kota yang mempunyai nilai strategis dalam mendukung sistim jaringan transportasi di Provinsi Jambi. (Asenk Lee Saragih-HP 08127477587)

SENYUM, SAPA, SALAM.FOTO ASENK LEE SARAGIH

BALIHO PU PROVINSI JAMBI

KANTOR PU PROVINSI JAMBI. FOTO ASENK LEE SARAGIH





KOORDINASI: Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) membuka Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Insfrastruktur ke PU-an Provinsi Jambi dengan menghadirkan pejabat PU dan Kepala Bappeda kabupaten/kota se Provinsi Jambi. Rapat itu dilakukan di Ruang Pola PU Provinsi Jambi, Rabu 16 Maret 2015. Rapat itu juga dihadiri Ketua Bappeda Provinsi Jambi Achmad Fauzi Ansori, Kadis Perhubungan Provinsi Jambi Sri Sapto Edi dan pejabat SKPD PU Bappeda Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi. FOTO ASENK LEE SARAGIH/HP 0812 7477587


KOORDINASI: Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) membuka Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Insfrastruktur ke PU-an Provinsi Jambi dengan menghadirkan pejabat PU dan Kepala Bappeda kabupaten/kota se Provinsi Jambi. Rapat itu dilakukan di Ruang Pola PU Provinsi Jambi, Rabu 16 Maret 2015. Rapat itu juga dihadiri Ketua Bappeda Provinsi Jambi Achmad Fauzi Ansori, Kadis Perhubungan Provinsi Jambi Sri Sapto Edi dan pejabat SKPD PU Bappeda Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi. FOTO ASENK LEE SARAGIH/HP 0812 7477587

PB PANJAITAN-GUBERNUR HBA DAN KETUA KOMISI 3 DPRD PROV JAMBI.

KOORDINASI: Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) membuka Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Insfrastruktur ke PU-an Provinsi Jambi dengan menghadirkan pejabat PU dan Kepala Bappeda kabupaten/kota se Provinsi Jambi. Rapat itu dilakukan di Ruang Pola PU Provinsi Jambi, Rabu 16 Maret 2015. Rapat itu juga dihadiri Ketua Bappeda Provinsi Jambi Achmad Fauzi Ansori, Kadis Perhubungan Provinsi Jambi Sri Sapto Edi dan pejabat SKPD PU Bappeda Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi. FOTO ASENK LEE SARAGIH/HP 0812 7477587

TERSENYUM LEPAS PB PANJAITAN MM DAN GUB JAMBI HBA. FOTO ASENK LEE SARAGIH







KOORDINASI: Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) membuka Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Insfrastruktur ke PU-an Provinsi Jambi dengan menghadirkan pejabat PU dan Kepala Bappeda kabupaten/kota se Provinsi Jambi. Rapat itu dilakukan di Ruang Pola PU Provinsi Jambi, Rabu 16 Maret 2015. Rapat itu juga dihadiri Ketua Bappeda Provinsi Jambi Achmad Fauzi Ansori, Kadis Perhubungan Provinsi Jambi Sri Sapto Edi dan pejabat SKPD PU Bappeda Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi. FOTO ASENK LEE SARAGIH/HP 0812 7477587

KADIS PU PROVINSI JAMBI PB PANJAITAN

SEKRETARIS PU PROV JAMBI MARTAYADI




PB PANJAITAN MM

FAUZI ANSORI


HBA

KADIS PU PROVINSI JAMBI IR PB PANJAITAN MM DENGAN FAUZI ANSORI

1 komentar:

RAMALAN NOMBOR TOTO 6D mengatakan...


DULUNYA AKU TIDAK PERCAYA SAMA BANTUAN DARI
PERAMAL TOGEL,TAPI SEKARANG AKU SUDAH PERCAYA
KARENA SAYA SUDA MEMBUKTIKA SENDIRI.KARNA ANGKA
YG DIBERIKAN 4D BENAR2 TEMBUS 100% ALHAMBUHLILLAH
DPT 450 JUTA.DAN SAYA SELAKU PEMAIN TOGEL,DAN KEPERCAYAAN
ITU ADALAH SUATU KEMENANGAN DAN SAAT SKRAG SY TEMUKAN
ORANG YG BISA MENGELUARKAN ANGKA2 GAIB YAITU MBAH GUNTUR
JIKA ANDA YAKIN DAN PERCAYA NAMANYA ANGKA GOIB ANDA BISA
HUBUNGI LANSUNG MBAH GUNTUR DI NO_0853_2827_2384_SAYA
SUDAH BUKTIKAN SENDIRI ANGKA GOIBNYA DEMIH ALLAH DEMI TUHAN.
INI KISAH NYAT SAYA===============