.

.
.

Tuesday, 16 December 2014

Jambi Dijatah Rp 110 Miliar untuk Bangun Desa

Jambi-Provinsi Jambi dijatah Rp110 miliar oleh pemerintah pusat melalui program "Satu Miliar Satu Desa", kata Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, di Jambi, Senin.

Namun dia belum bisa membeberkan secara detail karena Pemprov Jambi belum mengetahui petunjuk pasti penyaluran dana pusat tersebut.

“Kita dapat Rp110 miliar dana dari pemerintah pusat untuk desa di Jambi, namun kita belum tau petunjuk pastinya, apakah Rp110 miliar itu nanti langsung dibagi dengan jumlah desa yang ada di jambi atau mungkin semacam uji coba dulu," kata Gubernur.


Di samping itu, tekhnis pelaksanaannya juga belum ia ketahui, tapi menurut informasi yang diterima program itu diuji coba dulu kepada beberapa desa yang mungkin sangat tertinggal. Persyaratan lain terkait program pun kata Hasan belum diketahui.

Gubernur menjelaskan bahwa program ini berlaku bukan hanya di Jambi saja, tapi di seluruh indonesia. Masing-masing Provinsi katanya baru pada tahap uji coba, jadi untuk program "Satu Miliar Satu Desa" belum seluruh desa di Jambi bisa langsung diterapkan.

“Kalau kita hitung-hitung dari Rp110 miliar itu, mungkin Rp10 miliar-nya untuk personal, itu mungkin, sebab kita tidak tau petunjuknya, saya juga belum tau persis mengenai itu, mungkin ke depan akan ada petunjuk teknisnya," ujarnya.

Dia menambahkan, jika keseluruhan dana itu langsung disalurkan ke desa-desa di Jambi artinya desa yang menerima sebanyak 110 desa, namun katanya bisa saja desa yang bakal menerima kurang dari jumlah itu.(ant/lee)

No comments: