.

.
.

Wednesday, 3 December 2014

Kesadaran Masyarakat Jambi Menanam dan Pelihara Pohon Masih Minim


JAMBI-Kesadaran masyarakat di Provinsi Jambi untuk menanam pohon dan memeliharanya masih minim. Hal ini berdampak pada pelestarian lingkungan yang kerap menimbulkan banjir dan kerusakan lingkungan lainnya. Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) berserta Ketua TP-PKK Provinsi Jambi Hj. Yusniana Hasan Basri mengajak masyarakat Jambi untuk gemar menanam pohon dan memeliharanya.

Gubernur Jambi juga membangkitkan semangat, motivasi dan membudayakan seluruh masyrakat yang berada di Provinsi Jambi untuk menanam dan memelihara pohon dalam rangka membangun ekosistem hutan melalui rehabilitasi dan lahan yang ada di Provinsi Jambi.


Hal itu dikemukakan HBA saat Puncak Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2014 Dan menanam Satu Milyar Pohon (One Billion Indonesian Trees) Tingkat Provinsi Jambi bertempat di ruang terbuka hijau Kantor LPP TVRI Jambi, Jum,at pekan lalu.

HBA menjelaskan, pada saat pertemuannya dengan Presiden RI Joko Widodo Di Istana Bogor yang lalu, dirinya meminta koordinasi ditingkat pusat dalam rangka memelihara dan menjaga lingkungan Sungai Batanghari.

“Karena Sungai Batanghari merupakan sungai terpanjang di Sumatera. Banyaknya perambah yang berpindah-pindah serta banyaknya PETI di sepanjang Sungai Batanghari sehingga lingkungan menjadi rusak semua. Dengan ini Pemerintah Provinsi Jambi bersama Polda Jambi bersama Danrem 042 / Gapu telah sepakat untuk memberantas semua itu,” jelas HBA.

HBA juga mengajak masyrakat di Provinsi Jambi untuk menanam pohon dan menjaga dipelihara dengan baik. Seperti yang sudah ditanam dipinggir Danau Sipin.

Gubernur Jambi HBA juga memuji kinerja Walikota Jambi Sy Fasha yang telah bertekat menghijaukan Kota Jambi serta Kota Jambi sudah dibilang bersih. “Tolong kebersihan ini dipertahankan kapan perlu ditingkatkan,” ujar HBA.

Selain itu Gubernur Jambi juga menyoroti sejumlah kepala daerah kabupaten kota ketidak hadirnya dalam kegiatan penanaman pohon satu meliar tingkat Provinsi Jambi 2014 dilokasi stasiun LPP TVRI Jambi dan juga tidak mengirim perwakilan dalam mengikuti kegiatan ini.  

Dalam kesempatan yang sama Ketua TP-PKK Provinsi Jambi menyampaikan, didalam berbagai kesempatan dirinya selalu mengajak dan mengingatkan para kader PKK dan kaum perempuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap pelestarian hutan dan lingkungan.


Menurut Hj. Yusniana, gerakan perempuan menanam pohon di Provinsi Jambi merupakan salah satu wujud kepedulian dan gerakan moral dari perempuan jambi terhadap pelestarian hutan dan lingkungan, untuk itu.


“Saya berharap kepada kaum perempuan di Provinsi Jambi untuk bahu membahu dalam mensukseskan gerakan perempuan tanam dan pelihara pohon, agar usaha dan upaya kita dalam menanam pohon ini menjadi amal ibadah kita,” ujar Hj Yusniana.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi Ir Irmansyah Rachman menyampaikan, aksinyata yang telah dilakukan itu untuk menghindari dari pemanasan global dan menghindari dari pencegahan terjadinya bencana banjir kekeringan dan tanah longsor. Maka hari ini (Jumat) dilaksanakan penanaman pohon dan pelihara secara massal.

Selain itu juga diserahkan Piagam Penghargaan kepada Pemenang Lomba One Bilion Indonesian Trees Tingkat Provinsi Jambi tahun 2014 serta penyerahan SK hak pengelolaan Hutan Desa kepada Walikota Jambi, Bupati Sarolangun dan Bupati Bungo. Pada kesempatan itu juga diserahkan bibit mahoni secara gratis.



Turut serta pada kesempatan ini, anggota Forkompimda Provinsi Jambi, Sekda Provinsi Jambi H, Ridham Priskap, para staf Ahli Gubernur, Asisten Sekda Provinsi Jambi, Para Bupati/Walikota se-Provinsi Jambi, para Kepala SKPD Provinsi Jambi, organisasi Wanita Provinsi Jambi, anggota BKOW, DWP, mahasiswa Unja, Unbari, IAIN STS Jambi serta para undangan lainnya. (lee)

No comments: