.

.
.

Senin, 08 Desember 2014

Keterpurukan Ekonomi Tak Surutkan Umat Kristen Jambi Rayakan Natal

POHON NATAL TERBESAR: Pohon Natal yang terdapat di mal Jamtos Kota Jambi merupakan pohon Natal tertinggi di Kota Jambi Desember 2013 lalu. Tinggi pohon Natal itu mencapai 5 meter. Foto ROSENMAN MANIHURUK/ HARIAN JAMBI.

Kesulitan ekonomi yang menghimpit kehidupan masyarakat menyusul kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan kebutuhan pokok ternyata tidak menyurutkan semangat umat Kristen di Kota Jambi merayakan Natal. Umat Kristen dari berbagai denominasi gereja, kelompok persekutuan Kristen dan kelompok marga di kota tersebut tetap antusias menyambut perayaan kelahiran Yesus Kristus kendati mereka dihadapkan pada berbagai kesulitan penggalangan dana untuk perayaan Natal.

R MANIHURUK, Jambi

Pantauan Harian Jambi di beberapa gereja yang berada di komplek gereja Kotabaru Jambi, Kamis (4/12), nuansa natal sudah tampak di setiap gereja. Setiap gereja sudah dihiasi dengan pernak-pernik natal, termasuk pohon natal dan lampu – lampu hias. Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Kotabaru Jambi misalnya sudah penuh dengan hiasan natal, mulai dari dalam ruangan hingga luar ruangan gereja. Hal serupa juga tampak di Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) dan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Kotabaru Jambi.


Kemudian aktivitas latihan-latihan perayaan natal di setiap gereja juga berlangsung rutin. Umat Kristen yang mempersiapkan perayaan natal di Kota Jambi tidak hanya dari gereja, tetapi juga dari kelompok-kelompok umat Kristen dari sekolah – sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, perguruan tinggi dan perkumpulan marga.

Kelompok persekutuan Kristen Sekolah Menengah Atas (SMA) Xaverius II Kota Jambi misalnya benar-benar antusias mempesiapkan perayaan Natal. Mereka melakukan gladi bersih perayaan Natal di GKPS Kotabaru, Kota Jambi, Rabu (3/12). Siswa – siswi sekolah Katolik Kota Jambi tersebut merayakan Natal di GKPS Jambi, Jumat (12/12).

“Kami tetap semangat merayakan Natal walaupun sulit mencari dana sekarang ini. Dana perayaan Natal kami tahun ini kami himpun dari para siswa dan sumbangan orang tua. Kami merayakan Natal secara mandiri tanpa bantuan sekolah karena kami ingin mensyukuri kelahiran Yesus Kristus. Perayaan Natal juga menjadi momentum perenungan bagi kami para siswa agar lebih bertumbuh menjadi warga Kristen yang baik,”kata Sihol Girsang, siswa SMA Xaverius II Kota Jambi.

Sementara itu perkumpulan – perkumpulan marga asal Sumatera Utara (Sumut) dan lembaga pemerintahan di Kota Jambi juga sangat antusias merayakan Natal. Perkumpulan marga Girsang dari daerah Simalungun, Sumut di Kota Jambi misalnya akan merayakan Natal di GKPS Jambi, Jumat (19/12).
Menurut Ketua Perkumpulan Marga Girsang Kota Jambi, Aprin Girsang, Perkumpulan Marga Girsang Kota Jambi merayakan Natal untuk mensyukuri kelahiran Yesus Kristus  sekaligus sebagai ajang silaturahmi segenap keluarga marga Girsang di daerah itu. Kemudian persekutuan umat Kristen dari Brimob Polda Jambi juga tak ketinggalan merayakan Natal. Natal Brimob Polda Jambi akan digelar di GKPS Jambi, Kamis (18/12).

Sementara pantauan Harian Jambi di pusat – pusat perbelanjaan di Kota Jambi, Kamis  (4/12), nuansa natal juga sangat terasa. Berbagai sudut pusat perbelanjaan penuh dengan hiasan natal. Sebagian besar pusat perbelanjaan di kota itu dihiasi dengan pernak-pernik natal. Kemudian pernak-pernik natal, baik pohon natal, lampu-lampu hias dan topi sinterklas banyak dipajang di pusat perbelanjaan.
Mal yang sudah memajang dan menjual asesoris Natal terdapat di Mal Jamtos, Trona, Matahri dept Stroe, Tropi, Meranti, WTC Batanghari, Ramayana Kota Jambi. Umat nasrani kini sudah mulai memburu asesoris natal di mal Jambi. (lee)

Tidak ada komentar: