.

.
.

Wednesday, 20 August 2014

Peserta Ujian Paket Mencapai 1.022 Orang


UJIAN NASIONAL: Para peserta Ujian Nasional Paket B dan C di SMAN 5 Kota Jambi Selasa (19/8). Ujian Nasional Paket B dan C ini untuk memperoleh Ijazah sebagai syarat ke jenjang pendidikan selanjutnya. Foto KAHARUDDIN/HARIAN JAMBI.

Raih Ijazah dengan Ujian Nasional Paket C dan Paket B

JAMBI-Bagi siswa yang tidak lulus Ujian Nasional (UN) beberapa bulan lalu, kini bisa melakukan ujian lewat paket B dan paket C. Ujian ini diadakan Dinas Pendidikan Kota Jambi. Jumlah peserta Ujian Nasional paket B dan C mencapai 1.022 orang.

Ujian paket B dan C itu serentak dengan ujian nasional Paket A dan Paket B, Selasa (19/9) di laksanakan di SMAN 5 dan SMP N 17 Kota Jambi.

Penanggungjawab kegiatan, Supriyati, Selasa (19/8) mengatakan, pelaksanaan ujian nasional paket B dan paket C diselenggarakan selama 4 hari terhitung dari tanggal 19 Agustus hingga tanggal 22 Agustus mendatang.


“Ujian paket B dan paket C selama 4 hari, pakai gedung gedung SMA 5 untuk paket C, SMP 17 untuk paket B. Karena lokasi bersampingan,” katanya.

Disebutkan, jumlah peserta  ujian paket B dan Paket C periode 2 yang dilakukan di SMAN-5 Kota Jambi dan SMPN 17 Kota Jambi dengan jumlah 1.022 orang yang terdiri dari paket B dan paket C.

“Peserta Paket B ada 325, peserta paket C ada 697. Diikuti 12 PKBM dan peserta khusus gagal UN. Peserta yang gagal UN formal diikutkan oleh Sanggar Kegiatan Belajar dari UPTD di bawah dinas pendidikan. Siswa yang dak lulus UN juga ikut,” katanya.

Disebutkan, pada ujian nasional paket B dan paket C tahun kemarin paket C 548 dan paket B periode lalu lalu 405. Sementara paket A  berjumlah 55 peserta yang diadakan tanggal 18 Agustus.
“Kalau lebih sedikit, paket A sedikit, berarti pencapaian pendidikan, masyarakat sudah lalui pendidikan setara SD," katanya.

Sementara itu Ketua Panitia UN Paket B dan C Jambi, Juprinal, mengatakan materi yang diujiankan paket C. Adalah ujian Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Geografi untuk ujian UN hari  pertama. “Ujian hari pertama paket C ada tiga mata pelajaran, untuk selanjutnya kita sambung besok," katanya.

Disebutkan, soal ujian nasional paket C dan paket B dibuat di Pusat yang diserahkan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jambi yang kemudian didistribusikan ke dinas kabupaten/kota. “Soal ujian dibuat oleh pusat, baru ambil dari provinsi, jarak 1 bulan nanti baru pengumuman, penguman kelulusan," katanya.

Salah satu peserta ujian paket C, Rika mengatakan, dirinya ikut ujian paket C adalah untuk melanjutkan jenjang pendidikannya. Karena pihanya tidak mempunyai lulusan pesantren dan tidak punya ijazah.
“Saya ikut ujian paket C untuk mendapat ijazah penyetaraan SMA biaya saya bisa melanjutkan pendidikan ke IAIN," katanya.

Wahyu, salah satu peserta ujian paket B juga mengatakan, dirinya mengambil ujian persemaan paket B bertujuan untuk mencari pekerjaan. Karena jika sekolah normal dirinya terkendala dengan biaya.

“Saya ikut paket untuk mendapatkan ijazah setara SMP. Karena saya tidak ada biaya untuk sekolah SMP dan sekarang sudah tidak memungkinkan lagi untuk sekolah makanya ikut paket B," katanya.(*/lee)

No comments: