.

.
.

Friday, 15 August 2014

Gelar Lomba Cipta Cerpen untuk Pelajar dan Mahasiswa

 Efri S. Bahri

FORUM AKTIF MENULIS

JAKARTA – Forum Pemuda Bangun Negeri (FPBN) bekerjasama dengan Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia menyelenggarakan Lomba Menulis Cerpen Tingkat Nasional dengan tema “Mengejar Impian Meraih Cita-Cita” yang dikhususkan bagi peserta kalangan pelajar dan mahasiswa.

Ketua Pelaksana Lomba, Efri S Bahri, Kamis (14/8), menyebutkan, selain bermitra dengan FAM Indonesia, lomba ini juga didukung oleh Mitra Peduli Indonesia (MPI) dan Syuruq Media.

Menurut Efri, sebagai seorang pelajar dan mahasiswa tentu memiliki impian dan cita-cita. Impian dan cita-cita itu akan menjadi magnet penuntun agar impian tercapai. Untuk mewujudkan impian dan cita-cita itu, maka setiap orang memiliki cara dan tips sendiri.

“Lomba ini dalam rangka menumbuhkan budaya menulis di kalangan pelajar dan mahasiswa,” katanya. Adapun syarat lomba, sebut Efri, peserta adalah pelajar atau mahasiswa yang dibuktikan dengan melampirkan kartu pelajar atau kartu mahasiswa saat mengirimkan tulisannya. Naskah cerpen harus asli karya sendiri, bukan jiplakan atau terjemahan dan sedang tidak diikutsertakan pada event lomba menulis di manapun.


Panjang naskah minimal 3 (tiga) halaman dan maksimal 5 (lima) halaman dengan 2 (dua) spasi. Tulisan ditulis/diketik dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Selain itu, tulisan diketik rapi di kertas HVS A4/kuarto, menuliskan biodata (ditulis dalam bentuk narasi) disertai foto diri di lembar terakhir tulisan. Naskah harus sesuai tema dan dikirim ke email: fpbnpusat@gmail.com (selambat-lambatnya tanggal 29 September 2014). Selain pemenang utama, 50 cerpen nominator berpeluang dibukukan.

Dewan juri terdiri dari Instruktur Nasional FPBN. Sebagai tanda apresiasi, FPBN menyediakan hadiah untuk pemenang Juara 1 berupa Uang Tunai Rp 200.000 + Paket Buku + Piagam Penghargaan, Juara 2: Uang Tunai Rp 150.000 + Paket Buku + Piagam Penghargaan, dan Juara 3 Uang Tunai Rp 100.000 + Paket Buku + Piagam Penghargaan.

FPBN adalah lembaga sosial yang concern dalam pengembangan potensi sumber daya pemuda dan masyarakat. FPBN dirintis sejak 14 Agustus 2013 dengan visi menjadi wadah pemuda dalam mengembangkan kapasitas bertaraf internasional dan berbudi pekerti luhur.


Dalam setiap kegiatannya, FPBN menggunakan pendekatan partisipatif dan berbasis sumber daya lokal serta menjalin sinergi dengan berbagai stakeholders strategis baik lokal, nasional dan internasional. (rel/lee)

No comments: