.

.
.

Sabtu, 30 Agustus 2014

HBA DIANUGERAHI GELAR ADAT "DEMANG SAKTI SUSUN NEGERI"

Displaying DSC_0592.JPGGubernur Jambi, H.Hasan Basri Agus (HBA) dianugerahi gelar adat "Demang Sakti Susun Negeri." Penganugerahan gelar kehormatan tersebut diberikan oleh tokoh adat Desa Koto Rendah dalam acara Kenduri Sko di Rumah Adat Masyarakat Desa Koto Rendah Kecamatan Siulak Kabupaten Kerinci, Rabu (27/8) sore.

Tokoh adat Desa Koto Rendah M.Wahid, yang bergelar adat Jagung Tuo Susun Negeri membacakan ritual adat penganugerahan gelar adat tersebut.

Usai pemberian gelar adat, diadakan silaturahmi masyarakat Desa Koto Rendah dengan Gubernur Jambi beserta istri dan Bupati Kerinci dan istri.

Dalam sambutannya, gubernur menyatakan bahwa Kabupaten Kerinci mempunyai kekhasan adat dan hal itu merupakan kekayaan budaya Kabupaten Kerinci.

Terkait dukungan dan pernyataan sikap tokoh masyarakat Koto Rendah tentang dukungan terhadap pencalonan HBA sebagai calon Gubernur Jambi Periode 2015 - 2020, gubernur mengucapkan terimakasih atas dukungan tersebut.

Gubernur mengungkapkan, Program Satu Miliar Satu Kecamatan (Samisake) dirancang untuk membantu masyarakat sagat miskin. "Karena saya juga berasal dari masyarakat miskin dan susah," ujar gubernur.

Gubernur mengatakan, kedepan, jika memungkinkan, program tersebut akan ditingkatkan menjadi dua miliar satu kecamatan.

Gubernur menyatakan, jumlah rumah yang sudah dibedah di Provinsi Jambi dibawah kepemimpinannya sudah 19 ribu lebih.

Gubernur mengungkapkan, juga dibawah kepememimpinannya, diadakan Program Doktor (S3), untuk 62 orang per tahun.

"Kita mengharapkan anak-anak kita lebih hebat dari kita," sebut gubernur.

Dikatakan oleh gubernur, ditengah keterbatasan anggaran, dirinya telah mengupayakan pembangunan jalan ke Kerinci, jalan Jangkat, dan jalan Batang Asai.

Selain itu, gubernur menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi mencanangkan program Jambi Bebas Pasung.

Selanjutnya, gubernur menghimbau masyarakat untuk mendoakan pemerintah untuk  menjalankan tugas-tugas." Tolong doakan agar kami diberikan pemikiran cerdas dalam mengurus rakyat," pungkas gubernur.

Bupati Kerinci, H.Adirozal, dalam sambutannya menyatakan, sampai saat ini, baru kali ini jalan ke Kerinci paling bagus.

Adirozal mengatakan, kedatangan gubernur dan istri ini juga sebagai bukti kepedulian Gubernur Jambi terhadap adat.

"Kita isi generasi kita dengan nilai-nilai agama dan nilai-nilai adat," sebut Adirozal.

Selain itu, Samisake belum selesai karena masih banyak rumah yang perlu dibedah dan masih banyak anak sekolah yang butuh beasiswa.

Perwakilan dari Tokoh Masyarakat Desa Koto Rendah, Lukman Jidah Demong Rio Bayang, dalam laporannya menyampaikan, baru kali ini Gubernur Jambi datang ke Desa Koto Rendah.

Lukman mengungkapkan, maksud mengadakan Kenduri Sko ini, disamping kebiasaan adat masyarakat, juga untuk memberikan gelar adat, dan gelar adat yang dianugerahkan adalah "Demang Sakti Susun Negeri."

Lukman menyatakan bahwa masyarakat Desa Koto Rendah sangat merasakan manfaat Samisake, dimana 2 buah rumah yang sudah dibedah di Desa Koto Rendah.

"Masih banyak lagi masyarakat yang membutuhkan bantuan bedah rumah Samisake," ujar Lukman.

Selanjutnya, Lukman menyampaikan harapan-harapan terhadap pembangunan di Desa Koto Rendah, yaitu, mengharapkan pemekaran masjid, melanjutkan pembangunan gedung serba guna. Dan pembangunan Madrasah Aliyah yang didirikan sejak tahun 1998, sampai sekarang hanya terdiri dari 3 lokal dan disekat menjadi 6 lokal dengan kondisi yang kurang kondusif, serta berharap supaya Madrasah Aliyah tersebut dinegerikan, dan juga pengaspalan jalan di Desa Koto Rendah.

Selanjutnya, Lukman membacakan pernyataan sikap dari masyarakat Desa Koto Rendah tentang dukungan terhadap pencalonan HBA sebagai Gubernur Jambi Periode 2015 -2020.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Kerinci, Zainal Abidin, beberapa orang dari Kepala SKPD atau yang mewakili dalam lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, pejabat terkait dari Pemerintah Kabupaten Kerinci, Camat Siulak, Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Jambi, H.Hasip Kalimudin Syam, serta para undangan lainnya. (Mustar Hutapea-Humas Prov Jambi).
Displaying DSC_0515.JPG
Displaying DSC_0554.JPG
Displaying DSC_0590.JPG

Tidak ada komentar: