.

.
.

Rabu, 13 Agustus 2014

Soal Penerapan Dua Shif, Setelah Kelas Mencukupi Dua Shift Dihentikan

JAMBI-Penerapan dua shif yang kini marak dibicarakan di kalangan masyarakat sifatnya hanya sementara. Jika pembangun ruangan kelas pada sekolah yang menerapkan dua shif telah selesai, maka penerapan sistem dua shif segera dihentikan.

Kabid Dikmen Kota Jambi Mulyadi, saat ditemui Harian Jambi Selasa (12/8) mengatakan, double shif yang diterapkan dua sekolah yaitu SMAN 5 dan SMAN 2 Kota Jambi akan segera dihentikan jika ruang kelas yang dibutuhkan tercukupi. “Jika semua kelas yang dibutuhkan sudah selesai maka dauble shift akan dihentikan," katanya.


Disebutkan, untuk sekarang pemerintah sedang merancang penambahan ruang kelas untuk sekolah yang menerapkan sistem dua shift tersebut. Hingga kini pihaknya belum mengetahui kapan penambahan kelas tersebut akan dimulai.

Karena mengganggu kesepakatan dari beberapa pihak tekait. “Untuk saat ini kita baru mengajukan penambahan ruang kelas untuk sekolah yang menerapkan sistem dua shif. Tapi kita belum tau kapan akan dimulai,” katanya.

Dikatakan, pemerintah telah merancang untuk menambah ruang kelas kepada semua sekolah SMAN di Kota Jambi. Hal tersebut dilakukan untuk menampung semua siswa yang ingin belajar di sekolah negeri.
Pemerintah memang merancang untuk menambah ruang kelas untuk sekolah negeri, karena hal itu merupakan permintaan dari masyarakat Kota Jambi.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi, Rifai mengatakan, adanya penerapan dua  shift yang dilakukan kedua sekolah tersebut karena sekolah tersebut kekurangan lokal.

Sehingga jika masuk pagi semua tidak memungkinkan kelas yang ada tidak bisa menampung keseluruhannya. Hal tersebut lah yang menjadi pertimbangan sehingga sekolah yang menggunakan dua shift tersebut diterapkan.

“Sebenarnya penerapan dua shift itu dilakukan karena adanya permintaan dari sekolah dan tingginya animo masyarakat untuk masuk sekolah tersebut," katanya.


Menurut Rifai, penerapan dua shift tersebut sifatnya hanya sementara. Jika semua telah diadakan penambahan ruang kelas dan memungkinkan untuk menampung semua siswa untuk masuk pagi, maka sistem dua shift akan dihentikan. (KAHARUDDIN, /lee)

Tidak ada komentar: