.

.
.

Wednesday, 20 August 2014

REGULER DUA, Tes Penerimaan Mahasiswa di IAIN STS Jambi

Tes: Calon mahasiswa baru di IAIN Sultan Thaha Saifuddin (STS) Jambi saat mengikuti tes wawancara di Kampus IAIN STS Jambi Mendalo, Muarojambi, Selasa (19/8). Foto KAHARUDDIN/HARIAN JAMBI.

Jambi - Tes penerimaan mahasiswa baru di IAIN STS Jambi kebali digelar. Tes penerimaan yang dilakukan merupakan lanjutan dari jalur reguler. Karena kuota dari penerimaan terdahulu belum terpenuhi sehingga membuka penerimaan jalur reguler 2 dengan jumlah 320 peserta.

Kabak Akademik IAIN STS Jambi Sirojudin, Selasa (19/8) mengatakan, penerimaan mahasiswa jalur reguler merupakan penerimaan mahasiswa baru untuk memenuhui kuota dari fakultas yang kurang diminati.
“Penerimaan jalur reguler 2 ini dilakukan untuk memenuhi jurusan-jurusan yang masih kurang mahasiswanya. Paling setiap jurusan ada satu lokal,” kata Sirojudin.

Disebutkan, ada 320 mahasiswa yang melakukan tes tertulis dan tes wawancara. Tes tertulis dimulai dari pukul 7.30 WIB hingga jam 12.00 WIB. Dalan tes tertulis terdiri dari tiga materi yaitu, Pengetahuan Umum Agama, Bahasa Indonesia dan Inggris.


“Tes jalur reguler 2 ini dikuti 320 peserta. Tes yang dilakukan menggunakan 8 ruang kelas yang ada di Fakultas Adab, yang terdiri dari tes tertulis dan tes wawancara," katanya.

Dilanjutkan, setelah melakukana tes tertulis, peserta harus mengikuti tes wawancara, yang dilakukan pada pukul 13.00 WIB sampai selesai. Materi tes wawancara tersebut adalah, Pengetahuan Agama, Praktik Ibadah, Pembacaan Al-Qur'an.


“Dari ketiga materi tes itu, yang menetukan adalah membaca Al-Qur'an. Karena jika tidak bisa baca Al-Qur'an dapat dipastikan peserta tersebut tidak lulus tes,” ujarnya.

Pihaknya berharap peserta yang melukan tes tetulis dan tes wawancara dapat lulus semua. Meski yang bakal diterima adalah 200 mahasiswa, artinya 120 peserta akan tersisih.


“Sebenarnya dengan 200 mahasiswa kuota kita suda cukup. Kita berharap semua mahasiswa yang melakukan tes dapat diterima semua sesuai dengan yang diinginkan peserta,” katanya. (khr/lee).

No comments: