.

.
.

Jumat, 22 Agustus 2014

Melongok Prestasi SMPN 7 Kota Jambi

SMPN 7 Kota Jambi.
Guru-guru Wajib Melek IT

JAMBI-Prestasi sekolah selalu menjadi tolak ukur dalam memikat hati masyarakat untuk menyekolahkan anak didik mereka di sekolah itu. Salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) yang menoreh segudang prestasi adalah SMPN 7 Kota Jambi. Lalu apa saja prestasi sekolah itu? berikut liputannya.


Siang itu, tepatnya pada jam istirahat jam pelajaran, tampak siswa-siswa memanfaatkan waktu istirahat dengan bercengkerama sesama siswa. Namun sebagian besar ada juga siswa yang jajan di Kantin Kejujuran SMPN 7 Kota Jambi, Kamis (21/8).

Begitulah sekilas suasana siswa saat jam istirahat di sekolah yang mendulang banyak prestasi tersebut. SMPN 7 Kota Jambi telah maraih prestasi yang tidak terhingga banyaknya.

Misalnya prestasi di kegiatan O2SN/FLS2N (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional/Festival Lomba Seni Siswa Nasional) tingkat Provinsi Jambi cukup membanggakan. SMPN 7 Kota Jambi baru-baru ini, dari 24 cabang yang diikutinya semua mendapatkan juara kecuali satu cabang yaitu cabang menyanyi solo.

Kepala Sekolah SMPN 7 Kota Jambi Budianto MPd mengatakan, hal tersebut didapatkannya dari partisipasi semua pihak, dari orang tua siswa masyarakat, guru-guru dan pemerintah Dinas Pendidikan.

Pihaknya telah menata berbagai macam program di semua cabang sejak jauh-jauh hari. “Jadi kemenangan yang kita peroleh merupakan partisipasi dari semua orang tua guru pembina dan pemerintah," katanya.

Untuk kegiatan O2SN dan FLS2N pihaknya berhasil melewati tahapan-tahapan tersebut dimana seleksi di tingkat kota yang sangat ketat kerena sekolah-sekolah di Kota Jambi sangat luar biasa bagus.

Namun, pihaknya dapat lolos sehingga pihaknya dapat mengirim sebanyak 24 siswa untuk memperkuat Kota Jambi dalam perlombaan O2SN dan FLS2N di tingkat provinsi.

“Dari 24 cabang yang diikuti  anak-anak, kita hanya satu cabang yang kalah yaitu cabang lagu solo. Karena kita hanya mendapat juara kedua untuk cabang itu. Sementara yang 23 itu semuanya mendapatkan juara satu,” katanya.

Peningkatan dari tahun ke tahun yang diperoleh oleh SMPN 7 Kota Jambi pada tahun ini sangat luar bisa. Peningkatannya karena di semua cabang siswa-siswanya dapat memenangkannya.

Adapun cabang unggulan untuk SMPN 7 Kota Jambi yang belum pernah lepas dari SMPN 7 Kota Jambi, adalah cabang tari dan vokal group. Itu di FLS2N sementara untuk O2SN pihaknya selalu menang di cabang olahraga seperti bulu tangkis, dan renang.

“Yang belum pernah lepas dari kita di FLS2N di cabang seni dan tari adalah cabang tari dan cabang olah vokal. Sementara di O2SN di bidang olahraga seperti, renang dan bulu tangkis, itu merupakan cabang-cabang unggulan kita," katanya.

Dan baru-baru ini juga SMPN  7 Kota Jambi juga menemangkan perlombaan pramuka regional di Palembang dan pihaknya mendapatkan juara umum dalam kegiatan tersebut diikuti oleh SMP sederajat se-Sumatera dan kemenangan tersebut sudah tiga kali.

Kemudian SMPN 7 Kota Jambi menjadi pemenang di perlombaan nasional pada cabang membatik. “Kita terus berusaha untuk meningkatakan kualiatas siswa dengan memenuhi sarana prasarana siswa untuk belajar,” katanya.

Disebutkan, selain berprestasi di bidang akademik, SMPN 7 Kota Jambi juga berprestasi di bidang seni seperti desain membatik. Untuk mempertahankan prestasi tersebut pihaknya akan terus melengkapai sarana prasarana siswa yang menunjang siswa agar siswa terus meningkatkan prestasi di bidang masing-masing.

Gudangnya Anak Cerdas

SMPN 7 Kota Jambi kini dipercaya oleh direktorat PKLK Pendidikan Khusus dan layanan khusus. Pihak SMPN 7 Kota Jambi juga memberikan layanan kepada anak-anak yang memilik kecerdasan di atas rata-rata.

Menurut Kepala Sekolah SMPN 7 Kota Jambi Budianto, anak cerdas yang dikenal dengan cerdas istimewa. Karena anak yang memiliki cerdas istimewa atau IQ tinggi biasanya mempunyai perlakuan beda dibandingkan dengan siswa biasa.

Kadis Pendidikan Provinsi Jambi Drs Rahmad Derita Harahap didampingi Plt Sekda Kailani menyerahan penghargaan kepada siswa SMPN 7 Kota Jambi terhadap Prestasi Juara I Desain Membatik Tingkat Nasional.

Secara perilaku mereka berbeda. Kemudian tingkat emosialnya juga relatif berbeda. “Hingga sekarang SMPN 7 masih dipercaya sebagai sekolah yang memiliki layanan khusus tersebut. Untuk itu makanya anak-anak yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata akan mendapatkan layanan dari SMPN 7 dan berhak masuk melalui jalur prestasi atau melaui cerdas istimewa," katanya.

Namun demikian, SMPN 7 Kota Jambi juga menginginkan anak-anak yang cacat secara fisik dan tidak sama dengan temen-teman yang lainnya secara umum. Dengan program dari Direktorat Jenderal PLK tersebut pihaknya memberi ruang pada anak-anak yang cacat secara fisik tersebut. (KHR/lee) 

Tidak ada komentar: