.

.
.

Jumat, 22 Agustus 2014

Program Unggulan di SMPN 7 Kota Jambi


MAHASISWA: Mahasiswa Leeds University Amerik, Farah dan Amikally (kanan) saat memperkenalkan diri kepada siswa di SMPN 7 Kota Jambi, Senin 4 Agustus lalu. Dua mahasiswa dari Leeds University Amerika (LUA) melakukan magang mengajar di SMPN 7 Kota Jambi. Kedua mahasiswa LUA ini merupakan magang angkatan ketiga dengan mengajar Bahasa Inggris. Sebelumnya, pihak SMPN 7 Kota Jambi telah bekerjasama dengan pihak kampus LUA. Foto KAHARUDDIN/HARIAN JAMBI

Gudangnya Anak Cerdas

JAMBI-SMP Negeri 7 Kota Jambi memiliki empar program unggulan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Sementara SMPN 7 Kota Jambi juga merupakan salah satu sekolah menengah pertama negeri favorit di Kota Jambi.

Kepala Sekolah SMPN 7 Kota Jambi Budianto, kepada Harian Jambi, Kamis (21/8)  mengatakan, dalam menunjang proses belajar di sekolah, pihaknya telah merancang suatu program unggulan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

“Di tahun ajaran baru ini kita merancang program unggulan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan kita," katanya.

Disebutkan, di SMPN 7 Kota Jambi program unggulan bidang kurikulum, bidang sarana prasarana, bidang humas, bidang kesiswaan, setiap bidang mempunyai program yang diunggulkan.


“Masing-masing bidang punya program unggulan masing-masing, untuk dikembangkan pada ajaran tahun 2014-2015,” katanya.

Disebutkan, bidang kurikulum dipimpin oleh wakil kurikulum dengan program meningkatkan mutu guru dalam penerapan Kurikulum 2013, yang menurutnya Kurikulum 2013 merupakan reformasi pelajaran yang utuh.

“Dalam meningkatkan mutu pendidikan yang berbasis karakter, maka program tersebut harus dilakukan," katanya.

Lebih lanjut Budi mengatakan, dalam meningkatkan mutu guru dilakukan dengan mengadakan pelatihan-pelatihan di sekolah maupun yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan maupun dari pusat.

“Cara yang kita lakukan dalam meningkatkan mutu dan kualitas guru adalah dengan cara melibatkan guru-guru dalam pelatihan-pelatihan yang diadakan sekolah, Dinas Pendidikan, maupun dari pusat. Dari pelatihan itu diharapkan guru bisa menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain,” katanya.

Selain itu ada program yang dilakukan yang merupakan kolaborasi antara kurikulum dan sarana prasarana dengan cara mengelompokkan guru guru bidang studi dalam satu ruang. Sama seperti mata pelajaran agama, kumpul sama-sama guru-guru agama.

“Fungsi program itu adalah untuk memperbanyak komunikasi yang mengarah pada perencanaan dalam proses pembelajaran dan fasilitas di ruang tersebut. Akan kita dukung dalam upaya meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan,” ujarnya.

Program Humas SMPN 7 Kota Jambi dalam mempercapat proses pembelajaran, maka Sekolah SMPN 7 Kota Jambi bekerja sama dengan pihak Telkom untuk mengadakan kartu untuk internet yang sangat murah dan cepat.

“Program itu sangat membantu bagi siswa dalam proses pembelajaran sehingga guru-guru dapat mengakses pelajaran yang dibutuhkan," katanya.

Guru yang ada harus bisa mempergunakan elektronik seperti notebook sehingga guru-guru SMPN 7 Kota Jambi secara bertahap agar bisa memamfaatkan IT secara maksimal.

“Meski guru-guru di kita belum bisa secara maksimal memberdayakan IT, namun secara bertahap guru-guru diharuskan menggunakan IT secara keseluruhan untuk menunjang proses belajar mengajar," katanya.
Untuk program kesiswaan pihaknya masih melanjutkan program unggulan yang telah ada. Baik dari bidang akademik maupun non akademik. Dari akademik seperti mempertahan prestasi yang telah didapatkannya.

Bahkan, pihaknya terus berusaha untuk meningkatkan prestasi siswa. “Dari akademik kita akan terus memperjuangkan prestasi yang telah ada sambil mengembangkan potensi. Hingga mencapai pengembangan yang maksimal," katanya.(khr/lee)


Tidak ada komentar: