.

.
.

Selasa, 12 Agustus 2014

Mulai 18 Agustus 2014 Uang NKRI Sudah Ada di ATM


Preview gambar uang NKRI yang tidak sesuai. Foto IST BI

Jakarta – Pada 17 Agustus 2014, masyarakat Indonesia akan menyaksikan kehadiran uang baru, yang bernama uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kapan uang ini muncul di mesin-mesin ATM?

Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Peter Jacobs Selasa (12/8) mengatakan, uang baru yang desainnya masih dirahasiakan ini akan masuk ke mesin-mesin ATM mulai 18 Agustus 2014.

Tanggal 18 (Agustus) baru akan masuk ATM, karena tanggal 17 (Agustus) hari Minggu,” ujar Peter. Sebelumnya, Deputi Gubernur BI Ronald Waas menuturkan, peluncuran uang NKRI berlandaskan Undang-Undang Mata Uang. Di dalamnya, untuk kali pertama pemerintah ikut menandatangani uang kertas.

PBI (Peraturan Bank Indonesia) untuk uang NKRI sudah terbit. Tapi uang itu mulai berlaku saat diterbitkan sesuai UU yang mengatur yaitu 17 Agustus 2014," kata Ronald.

Dalam beberapa hari ke depan, BI tengah mempersiapkan langkah sosialisasi uang NKRI. Ronald menilai masyarakat harus diinformasikan lebih dulu terkait bentuk dan ciri-ciri dari uang tersebut.

“Harus ada sosialisasi. Dalam minggu ini sebelum diedarkan akan disampaikan ciri-cirinya,” kata Ronald.

Sosialisasi akan dilakukan mulai dari tingkat nasional hingga daerah. Setiap perwakilan BI di daerah akan membantu mengenalkan uang NKRI kepada masyarakat agar tidak terjadi kekeliruan atau kaget saat mendapatkan uang baru.

 

Ciri-ciri Uang NKRI


Uang rupiah cetakan baru NKRI pada 17 Agustus 2014 ada beberapa perbedaan mendasar dengan uang rupiah cetakan lama.

Uang rupiah (kertas) yang akan diterbitkan 17 Agustus 2014 memiliki ciri umum sebagaimana diatur dalam UU No 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, sebagai berikut:

  • Gambar lambang negara 'Garuda Pancasila'
  • Frasa "Negara Kesatuan Republik Indonesia"
  • Sebutan pecahan dalam angka dan huruf sebagai nilai nominalnya
  • Tanda tangan pihak Pemerintah dan Bank Indonesia
  • Nomor seri pecahan
  • Teks 'DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA, NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA MENGELUARKAN RUPIAH SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN YANG SAH DENGAN NILAI …'
  • Tahun emisi dan tahun cetak.
Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas pernah mengatakan uang model baru yang akan diterbitkan pada 17 Agustus 2014 tersebut memiliki beberapa ciri.

“Pertama ada frase NKRI, pada uang kertas atau logam ada tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkap Ronald.

Ronald mengatakan ciri kedua pada uang baru yang akan diterbitkan tersebut adalah adanya tanda tangan Menteri Keuangan (Menkeu). Pada cetakan lama, atau yang kini beredar belum ada tanda tangan Menkeu.

“Sebelumnya uang rupiah hanya ada tanda tangan Gubernur Bank Indonesia dan Deputi Gubernur Indonesia, dalam uang baru tersebut ada tanda tangan Menteri Keuangan," ujar Ronald.

Ronald menambahkan selain itu ada beberapa ciri lainnya yang nantinya akan tercetak di uang tersebut mulai dari gambar pahlawan dan gambar lainnya serta akan ada berbagai sistem pengamanan agar tak mudah dipalsukan.

“Pengamannya apa saja tentu itu rahasia Bank Indonesia, tidak boleh disebutkan nanti bisa membuat orang bisa memalsukan, uang baru nanti itu tetap dalam bentuk uang kertas bukan plastik,” katanya.

Perusahaan yang ditunjuk mencetak uang baru NKRI adalah Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri). Peruri sudah menjadi langganan BI dalam hal memenuhi pesanan mencetak uang.


“Undang-Undang mengamanatkan pencetakan uang BI menunjuk kepada BUMN, ya tetap Perum Peruri," tutup Ronald.(dtk/lee)

Tidak ada komentar: