.

.
.

Kamis, 14 Agustus 2014

Prioritaskan Pengembangan SMK di Provinsi Jambi

Destika Puspita Sari Siswa SMKN 8 Muarojambi di Pameran Produk SMK se Provinsi Jambi Belum Lama Ini-Foto Kaharuddin-HARIAN JAMBI
Lulusan SMK Siap Kerja

Produk hasil kreativitas siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kini patut diperhitungkan, khususnya di Provinsi Jambi. Pembangunan sarana dan prasarana di SMK juga harus menjadi prioritas guna menciptakan lulusan-lulusan yang terampil dan kreatif dalam menciptakan karya.

Pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa dan Publikasi Hasil Produksi Unggulan SMK dalam Provinsi Jambi Tahun 2014 yang dilaksanakan belum lama ini di Lapangan Kantor Diknas Provinsi Jambi menjadi bukti nyata, bahwa sekolah SMK patut diperhitungkan.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi H Drs Rahmad Derita Harahap mengatakan,  pembangunan sarana dan prasarana SMK di daerah kabupaten/kota harus menjadi perhatian serius kepala daerah dan dinas terkait.

Selama ini masyarakat masih menomorduakan sekolah SMK bagi putra-putrinya. Padahal SMK ini secara dini bisa membentuk anak-didik untuk lebih kreatif dan juga memiliki keahlian tertentu. Bahkan hasil dari karya mereka mampu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi negeri.


Sehingga keyakinan kepada masyarakat bahwasanya masuk SMK tidak sia-sia. Dengan artian ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh siswa SMK seharusnya mereka tidak khawatir untuk menghadapi hidup ke depannya.

“SMK tidak perlu galau untuk memikirkan masa depannya kerena produk yang dibuatnya akan laku dimasyarakat," kata Rahmad Derita.

Disebutkan, dengan hasil pameran kreativitas siswa SMK, banyak masyarakat yang akan menyekolahkan anaknya di SMK. Dengan kegiatan pameran yang pernah dilakukan tersebut juga pihak Diknas Provinsi Jambi bisa membantu SMK memasarkan pruduk mereka dan dia berharap dunia usaha menyambut hal itu.

Diknas Provinsi Jambi menyadari bahwa produk SMK masih perlu ditingkatkan dari segi bentuk mutu termasuk dari segi bagaimana memproduksinya sehingga modal kerja bisa lebih sedikit. “Jadi jika modalnya sedikit harga pasarnya bisa lebih murah," katanya.

Dilanjutkan, produk-produk hasil SMK belum ada yang dipasarkan secara umum, namun di SMK ada namanya bisnis center. Jadi memang ada tempat mereka namun hal itu belum massal.

Dari bisnis center itu diharapkan dunia usaha bisa melihat dan dapat membantu memasarkan produk-produk SMK tersebut. “Kita berusaha agar produk-produk SMK ini dapat dipasarkan di masyarakat,” katanya.

Usaha pemerintah dalam membantu mesarkan produk-produk SMK, Diknas Provinsi Jambi akan bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, pihak PKK, Dinas Pertanian Provinsi Jambi.

Sementara itu, salah satu siswa SMK 8 Muarajambi, Destika Puspita Sari yang baru-baru ini mengikuti pameran produk SMK mengatakan, dengan mengikuti kegiatan SMK tersebut produk yang dibuat lebih terkenal. Kemudian  banyak pihak yang mengetahui produk yang dibuatnya.

Dengan cita rasa makanan yang t para siswa SMK, pihaknya berharap dengan diadakan kegiatan pameran SMK itu banyak orang yang mesan prodaknya. Dia menambahkan jurusan yang diambil adalah jurusan marketing dan berharap menjadi wirausaha.

Sementara Wakil Gubernur (Wagub) Jambi H Fachrori Umar memotivasi  seluruh jajaran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), baik siswa siswi maupun guru untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam menghasilkan karya-karya yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat.

H Fachrori Umar juga mengapresiasi Lomba Kompetensi Siswa dan Publikasi Hasil Produksi Unggulan SMK dalam Provinsi Jambi Tahun 2014 yang berlangsung Mei lalu.

Kegiatan tersebut, SMK-SMK se-Provinsi Jambi menyajikan berbagai kreasi dan karya-karya anak didik SMK. Di antaranya bidang otomotif khususnya perbengkelan dan modifikasi motor, elektronik, tata boga, rias pengantin, aksesoris, tata busana, multimedia, pertanian, dan lain-lain.

Menurut Fachrori Umar, Pemda Provinsi Jambi  mendukung semua upaya kreatif anak negeri untuk membangun kemajuan daerah, bangsa, dan negara yang sama-sama kita cintai.

Disebutkan, 138 SMK dan beberapa Politeknik yang ada di Provinsi Jambi dengan beragam bidang keahlian diharapkan dapat menciptakan tenaga-tenaga siap pakai yang dibutuhkan dunia usaha di Provinsi Jambi dan bahkan di luar Provinsi Jambi.(lee)


Tidak ada komentar: