.

.
.

Wednesday, 13 August 2014

Kreativitas Siswa Perlu Digali

SUNGAIPENUH-Dalam dunia pendidikan, tidak hanya potensi bidang akademik yang menjadi objek utama untuk dikembang dan ditingkatkan. Disisi kreativitas ekstrakurikuler juga perlu mendapat perhatian penuh untuk dikembangkan.

Di Kota Sungaipenuh, terdapat sejumlah sekolah setara SMP dan SMA yang kini terus melakukan pengembangan potensi ekstrakurikuler.


Seperti di SMA Negeri 2 Sungaipenuh, berbagai kreativitas siswa-siswi terus dikembangkan. Mulai dari kreativitas seni dan budaya, hingga potensi olahraga dan keorganisasian.


Kepala SMA Negeri 2 Sungaipenuh, Drs Suhatman Jaya M Pd Selasa (12/8) mengatakan, peningkatan potensi non akademik memang perlu ditingkatkan. Pasalnya, dalam pengembangan peserta didik tidak hanya pendidikan akademik yang harus diperhatikan.

“Masa-masa usia pelajar, siswa-siswi itu banyak memiliki keterampilan dan kreativitas. Jika tidak digali, itu sangat disayangkan,” ujarnya.


Keterampilan dan kreativitas yang ada pada diri siswa-siswi juga sangat mampu membawa nilai positif bagi siswa itu sendiri, termasuk sekolah tempat ia nenimba ilmu bahkan juga mampu membawa nama harum daerah.


“Selama keterampilan itu positif, maka hasilnya akan menjadi sesuatu yang bernilai tinggi bagi siswa itu sendiri, sekolah dan daerah,” terangnya.


Hal senada juga disampaikan Kadis Pendidikan Sungaipenuh, Drs Pagaruyung Harahap. Menurut dia, dunia pendidikan di Kota Sungaipenuh perlu peningkatan di sisi potensi keterampilan dan kreativitas yang dimiliki oleh siswa.


Sebab, lanjut dia, diera globalisasi sekarang ini, siswa-siswi dituntut untuk mampu bersaing dengan siswa-siswi sekolah lain, bahkan persaingan di tingkat nasioal sekalipun.


“Semua sekolah diminta untuk terus mengembangkan dan menggali kreativitas siswa, dengan tidak mengabaikan pokok utama yaitu sisi akademik,” ujarnya.



Apalagi saat ini, kata dia, di Kota Sungaipenuh terdapat banyak SMA dan masing-masing lembaga pendidikan tersebut juga terus melakukan berbagai kegiatan yang sifatnya positif.

“Kita berharap dengan penggalian potensi yang dimiliki oleh siswa dapat membantu meningkatkan nilai pendidikan di Kota Sungaipenuh dan mampu bersaing dengan siswa-siswi daerah lain,” terangnya.(pir/lee)

No comments: