Kamis, 07 Agustus 2014

TPA Talang Gulo Jambi Tak Sanggup Lagi Tampung Sampah Kota Jambi


SAMPAH: Lokasi pembuangan sampah di TPA Talang Gulo yang semakin hari semakin menumpuk. Pemerintah Kota Jambi berupaya untuk melakukan perluasan TPA tersebut. FOTO FAJAR YOGI ARISANDI/HARIAN JAMBI
Pasca Lebaran Meningkat

DKPP Upayakan Perluasan TPA


JAMBI- Volume sampah diwilayah Kota Jambi paska lebaran 1435 H meningkat. Peningkatan tersebut terjadi satu minggu sebelum lebaran dan 4 hari setelah lebaran kemarin.

Sebelumnya produksi sampah diwilayah Kota Jambi hanya berkisar dari angka 900 samapi 1000 kubik perhari, namun paska lebaran kemarin vulume sampah ini meningkat
1000 sampai 1.200 kubik perharinya.

Kepala Dinas kebersihan Kota Jambi, Mukhlis saat dikonfirmasi mengatakan guna mengatisipasi penunpukan tersebut pihaknya sudah berkerja secara maksimal. Bahkan dia menyebutkan saat ini volume sampah sudah kembali normal.

"Kemarin malam lebaran kita sudah kerja, bahkan itu sampai jam 4 pagi. Selanjutnya pada lebaran ke 2 kita juga kembali kerja, lebaran ke 3 dan ke 4 sudah mulai normal," kata muhklis.

Dia menyebutkan peningkatan volume sampah ini terjadi di sejumlah titik di Kota Jambi, hal ini terutama terjadi di sejumlah pasar dan pusat perbelanjaan. Bahkan dia pun mengklaim angka peningkatan inimencapai 10 sampaii 20 parsen jika dibandingkan dengan bulan sebelumya.

"Titik sampah ialah Pasar talang banjar, pasar angso duo, kebun sayur pall merah, badan pete
dekat perumahan sevila, pematang sulur, di kawasan telanai," sebutnya.

Untuk mengantisipasi kemungkinan peningkatan yang berkepanjangan, dia. Mengaku saat ini pihaknya tengah mengupayakan perluasan wilayah TPA di Talang Duku seluas 21 hektar yang berada di seberang jalan lokasi tersebut.

"Jika penuh akan di pendahkan ke lokasi yang berdekatan yang luasnya 21 hektar, namun masih perlu dilengkapi pasilitas. Untuk di TPA talang duku sendiri yang luasnya 10 hektar kita
perkirakan masih bisa di pakai 10-20 tahun kedepan," ucapnya.

Selain itu, untuk mengantisipasi penumpukan di TPA talang Duku dia mengaku tumpukan tersebut akan tutup pake tanah atau diguyuri. Tidak hanya itu, lokasi tersebut juga merupakan pencontohan pengomposan. (Isl)

Tidak ada komentar: