.

.
.

Friday, 15 August 2014

Takut Masyarakat Bingung, Penampakan Uang NKRI Tak Banyak Berbeda


Contoh Uang NKRI
Jakarta - Bank Indonesia (BI) hari ini memunculkan penampakan uang kertas baru 'Negara Kesatuan Republik Indonesia' (NKRI) pecahan Rp 100 ribu. Uang baru ini tidak banyak berubah dari yang lama.

Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Lambok A Siahaan Kamis (14/8) di Jakrta mengatakan, pihak BI tidak ingin membuat masyarakat bingung, sehingga penampakan uang baru ini tidak banyak berbeda. 

“Supaya nggak bingung. Jadi masyarakat masih mengenali sama, tapi bisa dikenali beda. Mengenali sama-sama uang Indonesia dan berbeda dengan pecahan lainnya. Jadi masyarakat nggak kaget. Karena dibandingkan dengan desain yang lama itu nggak jauh berbeda. Masih terasa sama. Kalau misalnya warna hijau atau biru. Itu nanti masyarakat bingung ini uang apa," jelas Lambok.

Uang NKRI ini baru akan diterbitkan mulai 17 Agustus 2014, dan akan beredar pada 18 Agustus 2014. Lambok menjelaskan alasan uang NKRI yang terbit hanya pecahan Rp 100 ribu.

Alasan pertama adalah kapasitas pencetakan yang terbatas, sehingga BI tidak bisa mencetak uang baru dalam waktu bersamaan untuk semua pecahan. Sementara waktu penerbitan cukup singkat.

“Kedua. Ini adalah pecahan yang terbesar kita. Jadi dikenal buat masyarakat itu lebih gampang. Nanti kita bahas berikutnya," jelas Lambok.



Dia mengatakan, uang ini adalah uang pecahan Rp 100 ribu tahun edar 2014. Uang NKRI itu hanya sebutan saja. Dia tidak mau ada salah kaprah perbedaan antara rupiah sekarang dengan uang baru ini.(dtk/lee)

No comments: