.

.
.

Friday, 15 August 2014

Penerimaan Mahasiswa Jalur LSM di Universitas Jambi

Antre: Tampak calon mahasiswa baru (Maru) di Kampus Universitas Unja (Unja) Mendalo, Kabupaten Muarojambi saat melakukan registrasi dan daftar ulang Maru, Kamis (14/8). Foto KAHARUDDIN/HARIAN JAMBI
Seleksi Bersama Diselenggarakan 25 Agustus

Jambi - Setelah melakukan seleksi tiga tahap penerimaan mahasiswa baru di Universitas Jambi (Unja) yaitu seleksi melalui SNBPTN, SBMTN, UMBPTN, kini Universitas Jambi membuka penerimaan mahasiswa baru lagi melalui  Seleksi Lokal Mandiri (SLM). Penerimaan mahasiswa baru dengan jalur SLM yang telah dibuka sejak tanggal 11 Agustus lalu.

Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) Universitas Jambi Drs Ibrahim Kamis (14/8) mengatakan, pembukan penerimaan mahasiswa baru dengan jalur SLM merupakan keputusan rapat pimpinan 8 Agustus lalu.


Penerimaan mahasiswa SLM tersebut merupakan penerimaan yang terakhir yang dilakukan Universitas Jambi setelah melewati tiga tahapan penerimaan mahasiswa baru. “Jalur SLM ini merupakan tahapan ke-4 dan merupakan seleksi terakhir penerimaan mahasiswa baru di Unja,” ujarnya.

Disebutkan, pembukaan jalur SLM tersebut dilakukan kerena untuk memenuhi kuota sehingga mengharuskan untuk membuka penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Lokal Mandiri. Dalam penerimaan ini hanya menerima mahasiswa non reguler. “Tujuan pembukaan jalur SLM adalah untuk memenuhi kuota daya tampung," katanya.

Ditambahkan, sementara untuk jalur Reguler Mandiri hanya diterima di SLM. Karena Reguler Mandiri merupakan bekas ekstensi lewat jalur Mandiri yang dulunya non reguler yang kini berganti nama menjadi reguler mandiri dan hanya diterima malalui SLM. “Jalur UMB tidak menerima mahasiswa itu," katanya.


Kata Ibrahim, dalam penerimaan mahasiswa baru dengan jalur SLM akan menampung 1.920 orang yang diterima melalui program Reguler Mandiri. Dan penerimaa tersebut di luar yang melanjutkan studi dari diploma ke S1.


“Sebab transfer dari diploma ke S1 berbeda dan belum terkaji. Jadi untuk saat ini saya belum memberikan informasi,” katanya.

Lebih lanjut Brahim mengatakan, dari 1.920 yang akan diterima, hal itu akan dibagi menjadi 12 fakultas yang terdiri dari 42 prodi.


Ada tiga tempat penerimaan mahasiswa baru yang menggunakan jalur SLM tersebut yaitu di Sarolangun akan menerima 260 dengan dua prodi yaitu Prodi Hukum Ekonomi. Sementara Tanjung Jabung Barat menerima 140 orang yang terdiri dari dua prodi yaitu Prodi Hukum dan Ekonomi.

Untuk LESP ekonomi menerima 80 orang dan hukum 60 orang. Sementara di Unja Mendalo menerima 250 untuk Prodi Hukum dan 320 Reguler Mandiri. “Total Unja Mendalo 1.520 terdiri dari program Mandiri dan Reguler Mandiri 40 prodi,” katanya.

Disebutkan, dalam penerimaan mahasiswa baru jalur SLM tersebut menerima mahasiswa dengan ketentuan untuk reguler lulusan 3 tahun terakhir. Sementara Reguler Mandiri 5 tahun terakhir.


Seleksi bersama akan diselenggarakan pada tanggal 25 Agustus mendatang. “Tes akan diselenggarakan dengan serentak di tempat yang berbeda yaitu, Kampus Unja Sarolangun, Tanjung Jabung Barat dan Unja Mendalo," katanya.(khe/lee)

No comments: