.

.
.

Rabu, 20 Agustus 2014

Pra Orientasi Pengenalan Akademi Kampus di IAIN Jambi

OPAK: Calon mahasiswa baru di IAIN Sultan Thaha Saifuddin (STS) Jambi saat mengikuti petunjuk dari Panitia OPAK IAIN STS Jambi di Kampus IAIN STS Jambi Mendalo, Muarojambi, Selasa (19/8). Foto KAHARUDDIN/HARIAN JAMBI.

Jambi - Pra Orientasi Pengenalan Akademi Kampus (OPAK) di IAIN STS Jambi mulai dilakukan. OPAK diadakan di Auditorium IAIN STS Jambi Gedung Mendalo, Muarojambi  diikuti sekitar 1.142 mahasiswa yang telah melakukan regestrasi ulang. Pra OPAK tersebut dimulai dari pukul 8.00 WIB, Selasa (19/8).

Ketua Panitia OPAK IAIN STS Jambi, Firdaus kepada Harian Jambi, Selasa (19/8) mengatakan, Pra OPAK tersebut dilakukan untuk memberitahukan perlengkapan-perlengkapan yang akan dibawa oleh calon mahasiswa baru ketika OPAK.


“Pra OPAK ini bertujuan untuk memberikan imformasi peralatan-peratan OPAK kepada mahasiswa baru. Agar mereka tidak bingung apa yang harus dibawa pas OPAK,” ujarnya.

Disebutkan, sebelum melakukan pra OPAK, mahasiswa baru dibagi menjadi 80 kelompok. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah mengkoordinir mahasiswa baru.

Setiap kelompok terdiri dari 20 mahasiswa baru dan 2 orang pendamping yang berasal dari panitia OPAK. “Pembagian kelompok bertujuan untuk memudahkan panitia dalam mengkordinir pesrta Pra OPAK. Karena setiap kelompok berjumlah 20 mahasiswa baru dan setiap kelompok didampingi 2 orang panitia,” tegasnya.
Kata Firdaus, Pra OPAK akan diselenggarakan selama dua hari sebelum OPAK dilakukan. Kegiatan OPAK selama dua hari tersebut adalah merupakan kegiatan gotong-royong keliling kampus.

Kemudian menanam bunga dan bersih-bersih kampus. “Atribut yang dibawa mahasiswa baru untuk Pra OPAK adalah memakai pakaian olahraga, membawa bekal makan siang masing-masing. Kemudian membawa Yaasin, membawa perlengkapan salat, membawa bunga-bunga yang sudah hidup di dalam pot. Setiap kelompok membawa cangkul, parang, tajak, kain lap dan sapu lidi,” ujarnya.

Macam-macam bunga yang dibawa kelompok telah ditentukan oleh panitia OPAK. Setiap kelompok membawa bunga berbeda-beda. “Kelompok 1-10 membawa bunga mawar, kelompok 11-20 membawa bunga kertas,” katanya.

Kemudian kelompok 21-30 memembawa bunga asoka, kelompok 31-40 membawa bunga melati, kelompok 41-50 membawa bunga kembang sepatu, kelompok 51-60 membawa bunga keladi hias.

Selanjutnya kelompok 61-70 membawa bunga bangkok, kelompok 71-80 membawa bunga kamboja, itulah bunga yang harus dibawa setiap kelompok. (khr/lee)

Tidak ada komentar: