.

.
.

Saturday, 30 August 2014

Diharapkan tak Jadi Ajang Balas Dendam


*Orientasi Pengenalan Kampus Dinilai Masih Penting


Orientasi Pengenalan Akademi Kampus (OPAK) yang diadakan seluruh perguruan tinggi dalam menyambut mahasiswa baru dilakukan untuk memperkenalkan dunia kampus kepada mahasiswa baru, berbagai cara dilakukan kampus untuk memperkenalkan kampus kepada mahasiswa baru.


KETUA Komisi I DPRD Provinsi Jambi Bambang Bayu Suseno (BBS) Jambi kepada Harian Jambi mengatakan Orientasi Pengenalan Akademi Kampus sudah menjadi rutinitas kampus yang diadakan setiapkali habis penerimaan siswa baru, OPAK merupakan kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memperkenalkan situasi kampus. "Orientasi pengenalan akademi kampus itu kan kegiatan rutinitas setiap kampus untuk memperkenalkan kampus," katanya saat di hubungi melalui via telpon.


Dilanjutkannya, OPAK merupakan kegiatan yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa baru untuk mengetahui seluk-beluk kampus sebelum mereka masuk kekampus tersebut."Maksud dan tujuan OPAK itu bagus asal tidak disalahgunakan sebagai ajang balas demdam dari kakak tingkat kepada adik tingkatnya, menurut saya OPAK itu sah-sah saja dilakukan selagi tidak melanggar aturan," katanya.

Ditambahkannya, jika ada pembayaran yang dilakukan oleh peserta OPAK terhadap panita merutnya tidak apa-apa selagi tidak melampau batas, karena pungutan yang dilakukan panitia merupakan hal yang dibutuhkan oleh peserta OPAK. "Sebenarnya jika panitia meminta sumbangan dana kepada mahasiswa baru jika dana itu untuk kepentingan OPAK tidak masalah, asalkan dana yang dipintanya tidak berlebihan dan tidak memberatkan mahasiswa," katanya sembari menutup telpon.

Sementara itu Dekan fakultas Ilmu Tarbiyah Dr H Kaspul Anwar US mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh DEMA merupakan kegiatan rutinitas yang diadakan setiap kali menerima mahasiswa baru, tinggal bagaimana panitia mengemas kegiatan sehingga kegiatan tersebut berkesan. "OPAK inikan kegiatan rutinitas DEMA setiap penerimaan siswa baru, jadi mahasiswa baru harus ikut OPAK," katanya.

Dilanjutkannya, dalam orientasi pengenalan akademi kampus bertujuan agar mahasiswa baru dapat memahami situasi kampus sebelum mareka masuk. "Kegiatan Opak ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada mahasiswa baru sebelum mereka masuk ke kampus, Jadi ketika mereka masuk suda memahami semua proses yang akan dilalui mahasiswa baru," katanya.

Dilanjutkannya, dalam OPAK mahasiswa baru mendapat materi berupa motivasi untuk menceput cita-cita mereka. Selain itu matari yang disampaikan juga berkenaan dengan sistem pekuliahan yang dapat membatu mahasiwa baru dalam perkuliahannya nanti. "Materi yang disampaikan berupa motivasi, Tatacara ngotrak mata kuliah, tata tertib kampus serta aturan yang ada di kampus,"pungkasnya. (KAHARUDDIN, Jambi/ska)

No comments: