.

.
.

Thursday, 14 August 2014

ASPIRASI WARGA, Pemerintah Kota Jambi Tambah Sekolah SMAN dan SMKN di Jambi Selatan

Buah Karya SMK saat Pameran Produk SMK di Lapangan Diknas Provinsi Jambi-Foto Kaharuddin Harian Jambi. 
Jambi - Pemerintah Kota Jambi mencanangkan pendirian sekolah baru tingkat SMAN dan SMKN di Posos Jambi Selatan Kota Jambi. Hal itu dilakukan karena permintaan masyarakat akibat minimnya sekolah tingkat SMA dan SMK di wilayah mereka.

Kabid Dikmen Diknas Kota Jambi Mulyadi, Rabu (13/8) mengatakan, adanya permintaan dari masyarakat kepada Walikota Jambi Syarif Fasha agar Pemerintah Kota Jambi mendidrikan satu sekolah di daerah tersebut.

Dan tempat tersebut dianggap strategis untuk mendirikan sekolah negeri SMAN/SMKN satu atap. “Pemerintah memang merencanakan untuk mendirikan sekolah SMAN/SMKN satu atap yaitu SMAN/SMKN 12 Kota Jambi," katanya.

Disebutkan, pembangunan sekolah negeri tingkat SMA dan SMK tersebut kerena tingkat pertumbuhan penduduk yang kian meningkat. Lulusan SMP sederajat yang berlimpah membuat sekolah SMA sederajat tidak dapat menampung jumlah lulusan.


“Banyak masyarakat yang berada di Jambi Selatan jauh bila ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang SMA. Karena banyaknya lulusan SMP sederajat yang ada di daerah itu sehingga kita berencana membuat sekolah negeri SMA/SMK di wilayah itu,” ujarnya.

Menurut Mulyadi, Kecamatan Jambi Selatan hanya dua sekolah SMA/SKA yaitu SMK 2 dan SMA 2. Setiap penerimaan siswa baru kadua sekolah tersebut selalu kelebihan siswa baru.

Selain adanya permintaan masyarakat yang telah dialisis oleh Pemerintah Kota Jambi, sehingga hal tersebut menjadi pertimbangan pendirian SMAN/SMKN satu atap ditempat tersebut.

“Di Kecamatan Jambi selatan kan cuma ada sekolah negeri satu. Posos merupakan tempat yang strategis lokasi sekolah baru tersebut,” katanya.

Untuk saat ini, pihak pemerintah sedang malakukan pembebasan lahan untuk mendirikan sekolah tersebut. Dan pendirian sekolah satu atap tersebut direncanakan pada tahun 2015 mendatang.

“Pembangunan sekolah SMA/SMK Negeri 12 satu atap direncanakan didirikan pada tahun 2015 tahun depan,” ujarnya.

Dengan adanya penambahan sekolah SMA/SMK Negeri satu atap tersebut, akan mempengaruhi sekolah swasta. Karena masyarakat lebih memilih memasukkan putra-putrinya ke sekolah swasta.

Oleh karena itu pihak swasta diharapkan meningkatkan kualitas dan mutu pendidikannya agar mereka tetap diminati masyarakat. “Jelas dengan pendirian sekolah negri SMA/SMK 12 Kota Jambi akan mempengaruhi penerimaan di sekolah swasta wilayah tersebut,” ujarnya. (khr/lee)

No comments: