.

.
.

Kamis, 22 Januari 2015

Maksimalkan Irigasi Bisa Capai Swasembada Pangan

IRIGASI: Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) didampingi Bupati Tanjung Jabung Barat H. Usman Ermulan saat Pencanangan Nasional Gerakan Perbaikan Irigasi Tingkat Provinsi Jambi 2015 bertempat Desa Suban, Sri Agung Kecamatan Batang Asam Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Selasa (20/1). ROSENMAN MANIHURUK/HARIAN JAMBI

JAMBI-Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) mengatakan, peningkatan irigasi di Provinsi Jambi memacu peningkatan pertanian hingga menuju swasembada pangan. Pemerintah pusat telah mencanangkan untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional, serta bertekad untuk 3 tahun kedepan Indonesia mewujudkan swasembada pangan.

Hal itu dikatakan Gubernur Jambi HBA saat Pencanangan Nasional Gerakan Perbaikan Irigasi Tingkat Provinsi Jambi 2015 bertempat Desa Suban, Sri Agung Kecamatan Batang Asam Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Selasa (20/1).

Kunjungan HBA dan rombongan didampingi Bupati Tanjung Jabung Barat H. Usman Ermulan berserta para Kepala SKPD Kabupaten Tanjab Barat. Adapun Irigasi yang ditinjau HBA adalah irigasi Suban. Irigasi ini bisa mengairi sawah 1200 hektar yang menghasilkan beras 18,000 Ton pertahun.


Rombongan Gubernur Jambi yang didampingi Bupati menuju Desa Batang Asam yang mana para petani sudah menunggu untuk berdialog secara langsung. HBA menyampaikan, dalam rangka peningkatan pendapatan petani, berbagai upaya pemerintah selalu mengedepankan kepentingan masyarakat.

“Pemerintah Provinsi Jambi selalu berupaya agar Provinsi Jambi bisa swasembada pangan. Kita optimis surplus pangan. Irigasi Batang Asam ini merupakan irigasi yang terbaik di-Provinsi Jambi,” ungkap HBA.

Disebutkan, selain itu pemerintah pusat telah mencanangkan untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional, serta bertekad untuk 3 tahun kedepan Indonesia mewujudkan swasembada pangan. “Oleh karena itu diminta kepada semua pihak untuk bahu membahu untuk mewujudkan target tersebut," jelas HBA.

Dikatakan, infrastruktur dasar pertanian seperti jaringan irigasi, memiliki peran yang sangat vital dan strategis untuk mendukung upaya perwujudan ketahanan pangan. “Tanpa adanya jaringan irigasi yang memadai, upaya peningkatan produktivitas pertanian tentu akan sulit dicapai," kata HBA.

HBA juga berharap para petani dapat memanfaatkan jaringan irigasi yang ada dengan sebaik-baiknya dan seoptimal mungkin.

Bupati Tanjung Jabung Barat H. Usman Ermulan menyampaikan, dengan pencanangan ini diharapkan penghasilan para petani bisa meningkat, disamping air yang ada bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Selain itu lahan yang berada dipinggir juga bisa dimanfaatkan untuk tanaman sayur mayur.
  
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jambi menyampaikan, kegiatan ini telah lama  dilaksanakan, tapi yang tahun ini semua kegiatan dilakukan secara sinergi melalui pertanian dan perbaikan irigasi serta bantuan ternak kepada petani dengan target yang dipatok pemerintah pusat untuk panen padi sawah bisa menghasilkan satu juta ton pertahun, sedangkan penghasilan Jambi baru mencapai delapan ribu dua ratus ton.

Pada kesempatan  tersebut diberikan juga bantuan dari Pemerintah Provinsi Jambi berupa alat pemotong rumput yang diserahkan secara simbolis kepada Ketua Kelompok Petani, Bibit Padi, Bibit Kedelai dan Hand Traktor serta 30 ekor Sapi oleh Gubernur Jambi HBA. Acara kemudian dilanjutkan dengan peletakan batu pertama perbaikan irigasi oleh Gubernur HBA serta Bupati Tanjung Jabung Barat.(lee) 

Tidak ada komentar: