.

.
.

Kamis, 22 Januari 2015

PLTG Mesin Gas Purwodadi Diharapkan Suplai Listrik di Tanjabar

LISTRIK: Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) saat meninjau PLTMG di Desa Purwodadi Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Selasa (20/1). Kini PLTMG bisa memasok listrik kepada enam (6) kecamatan yang berada Kabupaten Tanjung Jabung Barat. ROSENMAN MANIHURUK/HARIAN JAMBI


JAMBI-Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) mengharapkan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di Desa Purwodadi Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Tanjung Jabung Barat bisa memasok kebutuhan listrik di Kabupaten Tanjabbar. HBA juga optimis dalam memenuhi kebutuhan masyrakat seperti infrastruktur jalan, listrik, air bersih dan lain-lainnya.

Hal itu dikatakan HBA saat meresmikan PLTG Mesin Gas Purwodadi, Selasa (20/1). Disebutkan, secara bertahap kebutuhan masyarakat akan terus  diwujudkan dan dipenuhi. Kedatangan HBA berserta rombongan  disambut langsung Bupati Tanjung Jabung Barat H. Usman Ermulan berserta Istri dan Wakil Bupati Katamso dan para Kepala SKPD Kabupaten Tanjung Jabung Barat serta Camat dan Para Tokoh Masyarakat di enam (6) kecamatan yang berada Kabupaten Tanjung Jabung Barat.


“Anggaran Provinsi Jambi tidak mencukupi untuk dibangun keseluruhan, tentunya kita bagi, bagai manacaranya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Maunya pemerintah kalau membangun segera semuanya. Tapi apa boleh buat anggaran kita terbatas, sehingga harus dibagi apa yang perlu kita bangun,” terang HBA.

HBA juga mengatakan, dengan telah berfungsinya PLTMG Purwodadi Kecamatan Tebing Tinggi ini diharapkan mampu menjadi pendukung peningkatan produktivitas dan daya saing masyarakat serta meningkatkan pelaku ekonomi.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki mewakili Gubernur Sumatera Selatan yang turut hadir dalam peresmian tersebut dalam sambutannya menyampaikan, dengan dibangunnya PLTG ini diharapkan banyak manfaat bagi 6 kecamatan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. “Pada dasarnya kita ini sama-sama Sumatera, jadi bagaimana caranya kita membangun sumatera ini Bersama-sama,” ucap Ishak.

Selain itu, pada kesempatan ini Wagub Ishak Mekki  juga sangat mengapresiasi pembangunan di Provinsi Jambi yang begitu pesat dan cepat, serta Jembatan Gentala Arasy yang memperindah Kota Jambi. “Ini perlu kelanjutannya,” tutur Wagub Sumsel.

Sementara itu juga, Bupati Tanjung Jabung Barat H Usman Ermulan menyampaikan, PLTG ini telah dapat menyalurkan listrik ke 6 kecamatan yang ada di Kabupaten Tanjab Barat. Dirinya juga mengapresiasi dan memberikan ucapkan selamat kepada para pejuang listrik yang berada di 6 kecamatan Kabupaten Tanjung Jabung Barat tersebut.

Perwakilan GM PT PLN WS2JB Junaidi menyampaikan, listrik yang akan diresmikan mempunyai kapasitas 8 MW. Dengan bantuan dari pemerintah setempat, semua akan segera terwujud, dengan bantuan Lokasi Jaringan telah disediakan oleh pemerintah Tanjabbar. Gas listrik ini akan dikontrak selama 7 tahun dan selanjutnya diperpanjang lagi. 

“Dengan perkembangan penduduk yang begitu cepat tidak tertutup kemungkinan akan ditingkat menjadi 20 MW. PLN akan siap melayani masyarakat di 6 kecamatan yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini,” jelas Junaidi.

Selain itu Pimpinan PT PDPDE Caca Isa Saleh menyampaikan, dengan diresmikan pemakaian PLTMG ini diharapkan kebutuhan masyarakat dengan kelistrikan dapat terpenuhi di 6 Kecamatan di Tanjabbar, serta apa bila banyaknya permintaan akan segera dipenuhi.

Perwakilan dari tokoh masyarakat Tebing Tinggi, Parori, menyampaikan ucapan terima kasih dari masyarakat Tebing Tinggi kepada pemerintah. “Dengan telah diresmikannya PLTMG Purwodadi ini, dimana khususnya wilayah Tebing Tinggi akan dialiri listrik untuk 15 ribu KK,” papar Parori.  

Peresmian pemakaian PLTMG Purwodadi ini diawali dengan penguntingan pita yang kemudian dilanjutkan dengan peninjauan mesin-mesin PLTMG oleh Gubernur Jambi HBA beserta para undangan dengan didampingi Bupati Usman Ermulan serta para Kepala SKPD terkait. (lee)

1 komentar:

Mukhtar Rudi mengatakan...

Katanya Beban di Tebing Tinggi Baru 3,5 M dan masih memiliki Saving 4,5 Mega belum terpakai tapi Ironis ya..Pemasangan baru saya No.agenda :143609911503020715 No.Register:1436012020439 pertanggal 25 Maret 2015 belum terpasang, Saya menhubungi PLN123 via telp pada tanggal 25 April 2015 info yang saya dapatkan Daya untuk Daerah Tebing masih belum terpenuhi.