.

.
.

Tuesday, 27 January 2015

Belum Merata Masyarakat Dapatkan Hunian Sehat Dan Terjangkau

HBA Jenguk Orang Sakit Jiwa di Desa Bukit Beringin. ROSENMAN MANIHURUK HARIAN JAMBI

Hingga kini kemudahan masyarakat untuk memperoleh hunian sehat dan terjangkau masih sangat sulit. Hal itu lebih disebabkan permasalahan land base atau kebutuhan akan lahan khususnya diwilayah perkotaan, perizinan, pembiayaan dan ketidak seimbangan antara peningkatan jumlah penduduk yang belum memiliki rumah dan permasalahan lainnya.

R MANIHURUK, Jambi

Dalam Rencana Pengembangan Perumahan dan Kawasan Pemukiman (RP3KP), guna pengembangan sektor property yang sesuai dengan tata ruang dan pengembangan wilayah, maka peran serta masyarakat dan pengembang property sangat diharapkan dalam penyediaan perumahan yang layak huni.  

Hal itu dikatakan Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) saat pembukaan acara Property Expo 2015 bertempat di pusat pembelanjaan Jamtos Kota Jambi, Senin (26/1).  

Menurut HBA, property merupakan kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal, ini merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat. “Kita menyadari bahwa isu utama disektor Property saat ini adalah permasalahan land base atau kebutuhan akan lahan khususnya diwilayah perkotaan, perizinan, pembiayaan dan ketidak seimbangan antara peningkatan jumlah penduduk yang belum memiliki rumah dan permasalahan lainnya,” katanya.


Dikatakan, Pemerintah Provinsi Jambi dalam kurun waktu 4 Tahun ini telah berupaya membantu masyarakat dalam meningkatkan kualitas rumah masyarakat, khususnya masyarakat miskin dengan kegiatan bedah rumah Program Satu Milyar Satu Kecamatan (SAMISAKE), Corporate Social Responsibility (CSR), Bazda dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kemenpera. “Sampai saat ini rumah yang sudah di bedah sebanyak 26.507 unit rumah,” katanya.

Selain itu HBA berharap kepada para pengembang dapat mempromosikan produk-produk Property terutama bagi masyarakat Provinsi Jambi yang membutuhkan informasi. “Melalui pameran ini juga diharapkan wawasan masyarakat semakin terbuka terutama terkait dengan hunian yang sehat dan terjangkau,” katanya.

Pengunjung dan peserta property selalu meningkat setiap tahunnya. Kebutuhan rumah setiap tahunnya di Provinsi Jambi ini mencapai 15 ribu unit rumah setiap tahunnya. Pada kesempatan ini juga diadakan acara hiburan bagi pengunjung serta lomba mewarnai bagi anak-anak Play Group, lomba busana batik Jambi bagi pelajar se-Kota Jambi, kreasi parade all talent Rainbau dan banyak lagi kegiatan-kegiatan lainnya.

Adapun yang ikut serta dalam Pameran Property Expo 2015 diantaranya, Golden Hill Residence, Grand Budiman, Citra Raya City, PT. Pas, NGK, Citraland NGK, PT. Nasaliansyah, akasia Residen dan Duta Niaga Jambi, Griya Karisma, Graha Mayang Residence, Citra Beringin Regency, PT.IGM, Mutiara Selatan, Darmangsa, Villa Golf Abadi, PT. Kawidla Lestari, PT. Mitra Pagi Sejahtera, Global Pasific Sentosa serta PT Megakindo.

Turut serta pada kesempatan ini, Ketua REI jambi M. Miftah, Kepala Cabang BNI dan BTN Jambi, para Kepala SKPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Jambi dan Kota Jambi, Owner Argentina Residance Dharman Wijaya, Pemimpin Redaksi Tribun Jambi Hasanah Samhudi, serta para undangan lainnya. (lee)

No comments: