.

.
.

Tuesday, 27 January 2015

Sarjanan Handal Dibutuhkan di Era Global

Para Wisudawan Dengan Nilai Tertinggi Foto bersama dengan Rektor Unja. FOTO ROSENMAN MANIHURUK

Unja Wisuda 921 Orang

MUAROJAMBI-Gubernur Jambi yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi H. Ridham Priskap mengatakan di era persaingan global saat ini dimana batas administrasi antar negara tidak lagi menjadi hambatan melakukan aktifitas ekonomi, sosial dan politik.

Dengan kemajuan teknologi informasi dan komonikasi semakin mempermudah akses dan konektivitas, membuat persaingan semakin terbuka dan ketat, penguasaan terhadap sumberdaya alam tidak lagi menjadi penentu utama, namun kehandalan sumber daya manusia yang lebih memegang peranan penting untuk menjadi tokoh sentral dalam pecaturan global.

Hal itu dikatakan Sekda saat menghadiri Wisuda Ke 67 Program Magister, Profesi Sarjana dan Diploma Universitas Jambi Semester Ganjil Tahun Akademik 2014 / 2015, Bertempat Unja Mendalo Balerung Pinang Masak, Sabtu, (24/1).


Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekda Provinsi Jambi H. Ridham Priskap mengatakan, sejalan dengan semakin kompetitifnya kehidupan global, mulai tahun 2015 ini diberlakukan Pasar Bebas Asia Tenggara atau lebih dikenal dengan istilah Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Pembentukan pasar tunggal ini akan mempermudah sesama negara Asean menjual barang dan jasa sehingga kompetisi akan semakin ketat. Barang dengan kualitas terbaik dan harga bersaing akan mendominasi pasar, begitu juga sumber daya manusia, SDM yang unggul akan berpeluang memperoleh penghasilan yang besar, sedangkan SDM yang rendah akan mendapatkan kesempatan kerja pada sektor-sektor yang termarjinalkan," kata Gubernur.

Gubernur Jambi dalam sambutan tertulisnya tersebut juga menyampaikan, kepada adik-adik yang baru saja diwisuda hendaknya dapat memanfaatkan program-program pelatihan dan magang yang telah disusun Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kompetensi teknis, manajerial, kepemimpinan dan kewirausahaan.

“Saya sangat mengharapkan SDM andalan daerah ini dapat berkiprah dan menorehkan tinta emas dalam peradaban bangsa dan daerah ini. Pemerintah daerah telah berupaya seoptimal mungkin memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat yang berada di provinsi jambi ini dengan melalui jaringan kerjasama dengan dunia usaha dan kerjasama daerah dan negara lain," ujar HBA.

“Janganlah saudara berhenti dalam mencari ilmu, jangan pernah merasa puas atas pencapaian ilmu dan pengetahuan yang saudara kuasai saat ini, lengkapilah pengetahuan, keterampilan dan kepekaan sosial saudara melalui keterampilan teknis, menejerial kepemimpinan dan kewirausahaan serta bidang lainnya. Karena kompotesi yang akan datang dibutuhkan ilmu yang sangat memadai," pesan HBA.

Pada kesempatan itu Sekda juga berharap kepada wisudawan, agar bisa menciptakan lapangan pekerjaan, mulai dari yang terkecil hinga yang besar. “Ciptakan lapangan pekerjaan, dengan buka usaha atau bengkel apa saja,” ujar Sekda.

Selain itu Rektor Universitas Jambi Prof. Dr. Drs. H. Aulia Tasman, M.Sc menyampaikan, pada wisuda kali ini Unja mewisuda sebanyak 921 orang, yang terdiri dari Program Magister (S2) sebanyak 54 orang, Profesi Dokter 52 orang, Sarjana (S1) 788 orang dan Diploma 27 orang.

Kata Aulia Tasman, dalam menghadapi pasar bebas asean 2015 Universitas Jambi terus berupaya agar sumber daya manusia SDM diprovinsi Jambi selalu ditingkatkan, dengan cara berbagai program telah dibuka. “Sekarang unja telah membuka 60 Program study, ini merupakan universitas terlengkap di Sumatera,” kata Aulia Tasman.

Diharapkan para sarjana ciptakan lapangan pekerjaan, mulai dari yang terkecil, sampai yang terbesar. Pada kesempatan ini rektor juga menawarkan bagi lulusan terbaik dapat melanjutkan kuliah di Unja dengan tampa bayar SPP satu tahun gratis.

Pada wisuda ke-67 Program Magister, Profesi sarjana yang mendapat nilai terbaik tahun 2014 / 2015 diantaranya, Khaerul Hisam Program study Ilmu Hukum 3,95, Romiah Program Study Akutansi 3, 94 dan Suci Lestari Yuliastuti Proram study Pendidikan Biologi 3,90.

Turut serta pada kesempatan ini unsur Forkompimda Provinsi Jambi, Para Rektor dan anggota Cipitas akademik dan senat Unja, para orang tua/wali wisudawan/ti dan para undangan lainnya. (lee)

No comments: