.

.
.

Sunday, 18 January 2015

Gubernur Jambi Minta Pikirkan Rancangan Pembangunan Jalur Kereta ke Ujung Jabung

LANTIK: Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus melantik tiga pejabat Eselon II dan tiga pejabat eselon III di Aula Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kasang, Jumat 16 Januari 2015 pagi. Pelantikan dihadiri Wakil Gubernur Jambi H Fachrori Umar, Sekda Provinsi Jambi Ridham Priskab, Dir Lantas Polda Jambi dan Kepala SKPD, Staf Ahli Lingkungan Provinsi Jambi.Foto ROSENMAN MANIHURUK/HARIAN JAMBI.


Gubernur Jambi Drs H Hasan Basri Agus (HBA) MM meminta kepada pejabat eselon II yang baru saja dilantik untuk memikirkan rancangan pembangunan jalur kereta api dari   Jambi   menuju pelabuhan Ujung Jabung yang berada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. 

R MANIHURUK, Jambi

Pernyataan ini disampaikannya saat melantik 3 (tiga) pejabat eselon II A dan 3 (tiga) pejabat eselon III A, Jumat (16/1) bertempat di auditorium rumah dinas gubernur. Pejabat yang dilantik yaitu Ir.H.Ahmad Fauzi, M.TP yang jabatan lama sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum menjadi Kepala Bappeda Provinsi Jambi,dan Ir.PB.Panjaitan,MM yang sebelumnya sebagai Kepala Dinas Perhubungan menjadi Kepala Dinas Pekerjaan Umum. Sedangkan untuk Kepala Dinas Perhubungan ditempati oleh Ir. H.Sri Sapto Eddy, M.TP yang sebelumnya sebagai Kepala Bappeda. 

Sedangkan untuk pejabat eselon III A yaitu Drs.Eddy Sukarno, M.Sn sebelumnya sebagai Kepala UPTB Balai Pelayanan Informasi dan Penjaringan Aspirasi Pembangunan Daerah Bappeda menjadi Sekretaris Bappeda Provinsi Jambi bertukar jabatan dengan Imron Rosyadi, S.Sos, M.Si sedangkan jabatan Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan diisi oleh H.A.MirzaB.Sc, S.Pd yang sebelumnya menjabat sebagai fungsional umum pada Dinas Kesehatan. Hadir pada acara ini Wakil Gubernur Jambi Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Ridham Priskap dan Kepala SKPD Provinsi Jambi. 


Dalam sambutannya Gubernur Jambi menegaskan pentingnya perombakan pejabat ini yang bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan mempercepat gerak pembangunan Provinsi Jambi yang dituntut untuk mampu bersaing dengan daerah lain. Gubernur banyak memberikan pekerjaan rumah kepada para pejabat ini. 

“Saya minta para pejabat yang baru dilantik meningkatkan upaya untuk membangun Provinsi ini, terutama dalam menghadapi persaingan antar daerah dan negara Asean ini artinya saya butuh pejabat yang bekerjakeras untuk berkonsultasi ke Jakarta dan mampu berbicara sampai ke tingkat internasional”jelasnya.

Disampaikan Gubernur bahwa saat ini persaingan semakin ketat dimana laju setiap provinsi semakin cepat dan diharapkan pejabat yang baru dilantik ini mampu melakukan pendekatan dengan pimpinan yang berada di pusat.  Pada pengarahannya ini Gubernur memberikan beberapa penegasan yang harus dilakukan oleh pejabat yang baru dilantik ini.

Kepala Bappeda yang baru Ir.H.Ahmad Fauzi, M.TP diminta Gubernur untuk menyiapkan seluruh perangkat dan desain perencanaan pembangunan dimana salah satunya adalah jalur kereta api. 

“Kepala Bappeda saat ini bapak Ahmad Fauzi setelah saya minta untuk memantapkan Dinas PU ada tugas penting yang harus dipersiapkan dalam waktu singkat yaitu APBD laporan akhir pertanggungjawaban Gubernur kepala daerah periode 2010-2015. Kemudian juga menyiapkan seluruh perangkat dan desain perencanaan pembangunan kita salah satu contoh perencanaan pembangunan dan desain bila perlu sampai amdal adalah pembangunan kereta api dari Jambi sampai ke Ujung Jabung setelah kita kaji memang kereta api prioritas pertama. 

Artinya ini suatu program yang besar termasuk pengembangan Ujung Jabung dimana sudah semakin banyak peminat dan pengusaha dari luar ini diperlukan juga koordinasi belum lagi upaya kita untuk mempersiapkan pembangunan jalan tol dan jalan khusus di daerah Jambi dan saya minta dipersiapkan secepatnya,”ujarnya.

Dijelaskan, pembangunan jalan kereta api ini telah dipelajari dengan mendalam dan berkaitan dengan kepadatan dan kekuatan jalan. “Setelah kita pelajari yang paling memungkinkan adalah jalurkereta dari sini sekitar 80kiloan dan nanti ada semacam stock file khusus, kita upayakan pada anggaran perubahan pada 2015 ini yang penting bagi pemerintah adalah mempersiapkan  konsep pembangunan kedepan, kita sudah persiapkan masterplain dan sebagainya itu yang dari awal kita persiapkan “katanya.

Sedangkan untuk Kepala Dinas PU yang baru Gubernur Jambi mengharapkan agar Ir.P Bernhard Panjaitan,MM dapat melanjutkan dasar-dasar yang diletakkan oleh pejabat sebelumnya. 

“Pak Benhard sudah terlalu lama di perhubungan dan saya sangat berterima kasih Anda telah menghantarkan pembangunan Ujung Jabung sampai pada peletakkan batu pertama. Ujung Jabung merupakan pekerjaan berat kita dari awal dan pekerjaan berat yang harus kita lakukan dengan kerja keras dan menyiapkan dari segala aspek jangan lagi sepotong- sepotong semua harus disiapkan dengan matang”katanya.

Gubernur Jambi juga mengharapkan Kepala Dinas PU yang baru untuk membangun infrastruktur, pengairan, termasuk juga sektor cipta karya yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan mengutamakan jalan menuju Ujung Jabung, jalan dari Sungai Rambut.

“Pembangunan jalan ini termasuk jalan menuju ke Ujung Jabung  belum lagi jalan nasional jalan provinsi dan membuka jalur jalur ekonomi baru dari Bukit Paku sampai ke Tungkal. Kita harus berpikir juga membuat jembatan baru misalnya di sungai Rengat, bisa juga membangun jembatan Batanghari III yang pernah dbicarakan oleh Bupati Muaro Jambi, itu semua demi pembangunan kita dan termasuk bagaimana pengembangan pangan kita”katanya.

Sedangkan untuk Kepala Dinas Perhubungan Sapto Edi diminta Gubernur Jambi untuk mengusahakan anggaran dari pusat untuk Provinsi Jambi dan diyakini Gubernur dengan banyaknya relasi Saptio Edi dipusat dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk pembangunan di Provinsi Jambi.(*/lee)

No comments: