Selasa, 06 Maret 2012

Pesta Bona Tahun Damanik-Boru-Panogolan Dibalut Budaya Khas Simalungun

KERUKUNAN UMAT BERAGAMA TERJALIN DENGAN BAIK

Jambi, BATAKPOS

Dayok Binatur : Pemberian makanan khas adat Simalungun “Dayok Binatur” dalam tutur marga menjadi salah satu ciri khas Humpulan Damanik dalam melaksanakan Pesta Bona Tahun Pesta Bona Tahun Damanik. Tampak Pengurus tumpuan saat memberikan Dayok Binatur kepada Penasehat Damanik saat pesta bona tahun di Gedung Darma Wanita Jambi, Minggu (4/3). Foto batakpos/rosenman manihuruk

Pesta syukuran awal tahun (Pesta Bona Tahun) Humpulan (kumpulan) Marga Damanik, Boru Pakon Panagolan (kerabat marga Damanik) se Kota Jambi sekitarnya, Minggu (4/3) dibalut khas Budaya, adat, pakaian Simalungun. Pesta tersebut mampu mengabadikan Adat Budaya Simalungun hingga ke tanah perantauan.

Pesta Bona Tahun Damanik tersebut dilaksanakan di Gedung Darma Wanita Jambi dihadiri sekitar 200 jiwa anggota kumpulan Damanik-Boru-Panagolan. Pemberian makanan khas adat Simalungun “Dayok Binatur” (ayam kampung jantan panggang diatur dalam piring) salah satu ciri khas Humpulan Damanik dalam melaksanakan Pesta Bona Tahun.

Pemberian Dayok Binatur kepada kerabat marga Damanik merupakan penghormatan dalam kerabat marga Damanik. Hal itu sebagai tanda kasih sayang “Holong” dalam organisasi marga, khususnya Damanik.

Ketua Humpulan Damanik Kota Jambi, Sy AJ Damanik SE MM, mengatakan, ciri khas Kumpulan Marga Damanik dari marga-marga Batak lainnya adalah pemberian “Dayok Binatur” dalam kerebat Damanik.

“Kumpulan marga Damanik dan kerabatnya adalah kumpulan marga yang unik. Selain dalam kumpulan anggota berbeda agama, namun hidup rukun dan harmonis. Pemberian “Dayok Binatur” salah satu ciri khas Damanik dalam mengabadikan Budaya Adat Simalungun hingga ketanah perantauan,”katanya.

Kemajemukan serta perbedaan aliran kepercayaan tak membuat Pesta Bona Tahun atau Halal-Bihalal marga Damanik Boru Panagolan se-Kota Jambi terhambat. Kemajemukan menjadi tali silaturahmi persaudaraan kumpulan marga Damanik dalam mempertahankan adat istiadat budaya Simalungun di tanah perantauan.

Menurut Sy AJ Damanik/br Purba pakpak, mengatakan, perbedaan agama 78 Kepala Keluarga(KK) anggota kumpulan kerabat marga Damanik menjadi daya tarik kumpulan Damanik yang memasuki usia ke 12 tahun ( 6 Februari 2000).

“Perbedaan agama tidak menjadi penghalang bagi kumpulan Damanik. Kita selalu hidup rukun sebagai salah satu kumpulan Damanik asal Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara yang tinggal di Kota Jambi dan sekitarnya. Dalam setiap kegiatan ini kita tidak membeda-bedakan agama. Hampir 22 KK Damanik di Jambi adalah Muslim,”katanya.

Pengamatan Batak Pos, Pesta Bona Tahun Damanik dibuka dengan doa dari tokoh Damanik Nasrani (St Radesman Saragih S Sos) dan Muslim (Damanik Mayang). Tampak kerukunan dan persaudaraan dalam kumpulan Damanik Kota Jambi dan sekitarnya terjalin dengan harmonis.

Acara halal bihalal dimeriahkan dengan musik organ tunggal. Acara dipandu St Radesman Saragih, S Sos dan Hendrik Damanik. Acara lebih meriah dihibur oleh artis lokal Simalungun Jambi, Maria br Damanik, Eva Damanik Asi M Damanik, Radesman Saragih, Asenk Lee Saragih. Tor-tor juga membuat acara tambah meriah.

Pesta Bona Tahun Damanik berjalan sukses. Makan bersama juga tampak membuat anggota kumpulan semakin akrab. Pesta juga dilakukan penggalangan dana untuk kas kumpulan dari lelang, kupon undian dan tortor (tarian) sekitar Rp 8 juta.

Pada acara itu dilakukan juga perkenalan anggota baru kumpulan kerabat Damanik (10 KK). Pengurus Damanik juga memberikan sumbangan foto keluarga dibingkai kepada seluruh anggota yang hadir. Acara berakhir hingga pukul 18.30 WIB ditutup doa oleh Penasehat Damanik, Damanik/br Sitopu. RUK
Perbedaan Agama (Muslim dan Kristen) Tidak Menghalangi Kumpulan Damanik-Boru-Panogolan Untuk Bersuka Cita di Pesta Bona Tahun Minggu 4 Maret 2012. Umat Muslim dan Kristen Sama-Sama Doa Bersama Secara Bergantian Untuk Meminta Perlindungan Kepada Tuhan Yang Maha Esa. (Doa Muslim Bp Damanik Mayang, Doa Kristen Oleh St Radesman Saragih S Sos). Sungguh Perbendaan Kepercayaan yang Dibalut Kebersamaan Adat, Budaya Simalungun.

Sy ASI Damanik (kanan) dan Lae Haloho (kiri)

Pemotretan Foto Keluarga Sumbangan dari Ketua Umum Humpulan Damanik Sy ADJ Damanik

Lae Haloho

St Radesman Saragih S Sos

Eva br Damanik

Maria br Damanik

Maria br Damanik

Eva br Damanik

Eva br Damanik


Ezer Twopama Manihuruk (anaknya Sy Rosenman Manihuruk/br Sinaga-Panogolan Damanik)


Ketua Panitia Pesta Bona Tahun Tulang Eva Damanik

Ketua Humpulan Damanik Sy Awal J Damanik MM

Penasehat Damanik Tulang Damanik (CPM) br Sitopu

Letare br Damanik (Putri Lawei Asi Damanik)

Ezer Twopama Manihuruk





FOTO-FOTO LEBIH LENGKAP DI FACEBOOK ASENK LEE SARAGIH (0812 747 7587)

Tidak ada komentar: