Selasa, 20 Maret 2012

Gerakan Penghijauan Jangan Seremoni Belaka

Jambi, BATAKPOS
Presiden SBY didampingi Gubernur Jambi HBA dan sejumlah Menteri saat menanam pohon di Taman Rimba Kota Jambi dalam rangka HPN ke 27 di Jambi, 10 Februari 2012. Foto Dok Rosenman Manihuruk.

Gerakan penghijauan atau penamaman pohon di Provinsi Jambi jangan dijadikan hanya kegiatan seremoni belaka. Penanaman pohon juga harus dibarengi dengan perawatan pohon tersebut. Gerakan penanaman pohon juga harus melibatkan masyarakat secara luas dan berkesinambungan.

Hal itu dikatakan Wakil Gubernur Jambi Drs.H.Fachrori Umar, M.Hum saat menjadi inspektur upacara pada HUT Rimbawan ke-29 bertempat di lapangan Gubernur Jambi, Senin (19/3). Disebutkan, selama ini pemerintah melakukan gerakan penanaman 1 milyar pohon sering tidak dibarengi dengan pemeliharaan.

“Pemerintah Provinsi Jambi akan tetap berkomitmen untuk melakukan gerakan penanaman pohon untuk melakukan penghijauan. Saya berharap ketika kita melakukan penanaman pohon kita juga merawatnya, saat ini tanaman yang pemerintah tanam seperti di belakang kantor gubernur terus dirawat dan diberi pupuk,”katanya.

Disebutkan, permasalahan di Provinsi Jambi seperti kebakaran hutan dan permasalahan lahan, harus disikapi dengan bijaksana dan melandasinya dengan perundang undangan yang berlaku.

“Saya yakin setiap permasalahan jika kita hadapi dengan bijaksana dan menuruti peraturan perundangan yang disertai dengan kebijakan lokal seperti hukum adat, hukum agama dapat menyelesaikan permasalahan yang ada,”katanya.

Sementara itu Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wagub Jambi mengharapkan agar peringatan Hari Bhakti Rimbawan ke-29 tahun 2012 dapat menjadi acuan untuk memahami permasalahan kehutanan dan dapat memberikan pencerahan dalam mencari solusi untuk kemajuan pembangunan bidang kehutanan.

“Di masa kini rimbawan dituntut harus mampu melakukan upaya penguatan kapasitas dan kelembagaan sistem inovasi kehutanan agar lebih berkualitas sehingga benar-benar sampai ke pihak yang berhak yakni masyarakat setempat dalam program Hutan Tanaman Rakyat, Hutan Kemasyarakatan dan Hutan Desa. Selain itu upaya rehabilitasi hutan-hutan rusak dengan mendorong Gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon, Penegakan Hukum dan mendorong Industri berbasis Hutan Tanaman,” ujar Menhut.

Disebutkan, guna mendukung kemajuan pengembangan kehutanan, maka Kementerian Kehutanan menetapkan 6 (enam) kebijakan prioritas yang telah dicanangkan sejak tahun 2010 yaitu : Pemantapan Kawasan Hutan; Rehabilitasi Hutan dan Peningkatan Daya Dukung DAS; Pengamanan dan Pengendalian Kebakaran Hutan; Konservasi Keanekaragaman Hayati; Revitalisasi Pemanfaatan Hutan dan Industri Kehutanan; dan Pemberdayaan Masyarakat di Sekitar Hutan.

Peringatan Hari Bhakti Rimbawan Tahun 2012 mengambil tema “ Dengan Semangat Jiwa Korsa Rimbawan, Kita Sukseskan Gerakan Penanaman Pohon di Indonesia”. RUK

Tidak ada komentar: