Senin, 12 Oktober 2009

Ratusan Warga HKBP di Padang Butuh Bantuan

Jambi, Batak Pos

Ratusan warga Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Padang, Sumatera Barat kini membutuhkan bantuan berupa sandang pangan. Dua Gereja HKBP di Padang rusak parah akibat Gempa dahsyat berkekuatan 7,6 SR yang mengguncang wilayah Sumatera Barat pecan lalu.

Gereja HKBP di Padang yang beralamat di JL. Gurun Dalam I No 3 Padang, Sumatera Barat dan Gereja HKBP di Bukit Tinggi, Resort Sumatera Barat, Distrik I Tapsel-Sumbar-Riau juga mengalami kerusakan akibat gempa tersebut.

Kini ratusan warga HKBP di Padang sangat membutuhkan bantuan sandang pangan akibat dampak gempa. Ratusan pemukiman warga HKBP Padang mengalami rusak berat. Hingga kini warga masih kesulitan tempat pengungsian sementara.

Demikian dikatakan Radesman Saragih (Wartawan Suarapembaruan) kepada BATAKPOS di Jambi, Rabu (7/10) usai bertolak dari Padang dalam kunjungan tugas jurnalis selama empat hari di Padang.

Menurutnya, seorang boru Manihuruk warga HKBP Padang sempat minta tolong kepadanya untuk bantuan tempat pengungsian. Namun Radesman saragih menyarankan br Manihuruk untuk pergi ke Posko PGI yang ada di Gereja GPIB Padang.

Disebutkan, ratusan warga HKBP di Padang kini masih membutuhkan bantuan materi berupa sandang pangan. Bantuan mendesak seperti bahan makanan dan tempat pengungsian sementara.

Menurut Radesman Saragih, data yang diperolehnya dari Posko PGI di GPIB Padang, puluhan gereja di Padang dan Pariaman Sumatera berat rusak berat.

Beberapa diantaranya Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat (GPIB) di Padang, Gereja HKBP Padang, Gereja St. Fransiskus Assisi di Padang, Gereja Injil Seutuh Indonesia Ekklesia di Padang, Gereja Kristen Protestan Mentawai, Gereja HKBP di Padang, Gereja HKBP di Bukit Tinggi, Gereja Pentakosta di Padang Pariaman.

Kemudian Gereja Katedral di Padang, Gereja BNKP di Padang, Gereja St. Petrus Claver di Bukittinggi, Gereja St. Petrus Rasul di Padang Panjang, Gereja St. Fidelis Sigmarinda di Payakumbuh, Gereja St. Barbara di Sawahlunto, gedung Keuskupan Padang.

Disebutkan, rata-rata bangunan gereja mengalami kerusakan pada beberapa fasilitas ibadah, seperti tembok bangunan dan baian dalam gereja. Naun bangunan gereja secara struktur keseluruhannya tidak ada yang roboh.

Sementara itu Gereja HKBP Distrik XXV Jambi kini membuka Posko Bantuan Gempa Sumatera Barat. Posko tersebut berada di Sopo Godang HKBP Kotabaru Jambi Jl Kapten Jusono (Komplek Gereja) Kotabaru Jambi. Bantuan akan diprioritaskan kepada warga HKBP Padang yang tertimpa musibah gempa. ruk

Tidak ada komentar: