Jumat, 30 Oktober 2009

Pemerintah Pusat Kucurkan Dana Rp 714 Milyar untuk Sanitasi dan Air Bersih


Jambi, Batak Pos

Pemerintah Pusat melalui Departemen Pekerjaan Umum tahun 2010 akan mengucurkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 714 milyar untuk pembangunan sanitasi dan diaga (air minum). Untuk sanitasi dan diaga masing-masing sebesar Rp 357 milyar.

Dana tersebut akan diperuntukkan kepada 449 Pemerintah Kabupaten/ Kota di Indonesia. Hal itu dialokasikan sebagai wujud dukungan pemerintah pusat kepada pemerintah kabupaten/kota dalam pembangunan sanitasi mulai tahun 2010.

Direktur Penyehatan Lingkungan Permukiman Departemen Pekerjaan Umum (PU), Handy B Legowo mengatakan hal itu di Jambi, Rabu (28/10). Tahun 2009 dana sanitasi dan diaga masih jadi satu. Karena lingkungan semakin buruk, maka dana air minum (diaga) dan sanitasi mulai dipisah tahun 2010.

Disebutkan, pengunaan DAK bidang sanitasi ini akan dikhususkan pada kegiatan berbasis masyarakat di sector air limbah, persampahan dan drainase. Sebagai upaya pelaksanaan DAK tersebut, Departemen Pekerjaan Umum juga akan menyiapkan fasilitator lapangan yang akan dimulai pelaksanaannya pada akhir tahun 2009.

Menurut Handy B Legowo, untuk pengalokasian dana Rp 357 milyar di 1000 lokasi. Perlokasi memiliki tiga pilihan yakni septic tank bersama, sistem perkotaan (kominal) dan drainase lingkungan masyarakat. Hal yang sama juga sama dengan program diaga. ruk

Tidak ada komentar: