Jumat, 02 Oktober 2009

Tiga Kabupaten di Provinsi Jambi KLB Chikungunya

Jambi, Batak Pos

Tiga kabupaten di Provinsi Jambi kini masuk kejadian luar biasa (KLB) demam chikunguya. Tiga kabupaten itu yakni Kabupaten Merangin, Sarolangun dan Kabupaten Batanghari. Puluhan warga kini terjangkit penyakit demam chikunguya tersebut. Para pasien kini menjalani perawatan disejumlah Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Hernayawati didampingi Kasi Penanggulangan Penyakit Dinkes Provinsi Jambi, Wirman Nawawi, Rabu (30/9) mengatakan, pasien chikungunya itu kini menjalani perawatan di Puskesmas Bangko, Meranti, Rantau Panjang, Muara Delang, Sumber Agung, Rantau Limau Manis, Muara Jernih dan Puskesmas Pamenang.

Di Kabupaten Batanghari terdapat kasus chikungunya di wilayah Puskesmas Jangka Baru. Pasien berasal dari empat desa yang terjangkit demam chikunguya. Sedangkan untuk Kabupaten Sarolangun, demam chikunguya terjadi di wilayah Puskesmas Butang Baru, dan kasus ini terdapat di enam desa.

"Dinkes Provinsi Jambi telah memberikan bantuan seperti obat-obatan apabila masyarakat tersebut telah terjangkit penyakit demam chikunguya. Sedangkan bantuan lain ada berupa alat fooging untuk penyemprotan seperti Pemberantasan Sarang Nyamuk(PSN),"katanya.

Pihak Dinkes Provinsi Jambi meminta kepada warga untuk menjaga kebersihan serta rutin melakukan pencegahan nyamuk dengan kelmbu atau anti nyamuk.Penyakit chikungunya terjangkit dari nyamuk. ruk

Tidak ada komentar: