Rabu, 23 April 2008

Pemerintah Galakkan Posyandu Antisipasi Gizi Buruk

Jambi, Batak Pos

Pemerintah saat ini menggalakkan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) gunamengurangi jumlah penderita gizi buruk yang terjadi di Indonesia. Kinisebanyak 175 ribu balita (bayi usia lima tahun) di Indonesia mengalamigizi buruk (Marasmus Kwashiorkor), dan lima juta balita lainnyamengalami gizi kurang. Posyandu program ampuh guna mengurangi jumlahgizi buruk tersebut.

Teks Foto : Ketua Tim Penilai Susi Subekti (kanan) didampingi Ketua PKK Kota Jambi Meisita Arifin saat melakukan penilaian di Posyandu Lavenda, Kotabaru Jambi, Selasa (22/4). Foto Asenk Lee Saragih.

Demikian dikemukakan Ketua Tim Penilai Posyandu Tingkat Nasional, Susi Subekti di Jambi, Selasa (22/4) saat melakukan penilaian PosyanduLevenda yang berlokasi di Rt 15 Kelurahan, Kenali Besar, KecamatanKotabaru, Kota Jambi.

Menurutnya, Posyandu Lavenda masuk enam besar tingkat Nasional.Pemilihan Posyandu terbaik tersebut dalam rangka Hari KeluargaNasional (Harganas) ke V yang akan dipusatkan di Desa Kotabaru,Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur pada 29 Juni 2008mendatang.

Disebutkan, keberadaan Posyandu ditengah masyarakat merupakan salahsatu program yang cukup ampuh mengatsi gizi buruk yang ada diIndonesia. Keberadaan Posyandu yang didukung oleh Tim Penggerak PKK diseluruh kabupaten kota se Indonesia, sangat membantu mengatasi giziburuk yang terjadi di Indoensia saat ini.

"Pemerintah optimis program Posyandu dapat mengatasi gizi buruk.Masyarakat harus rajin mengunjungi Posyandu. Karena posyandu melayaniberbagai konsultasi kesehatan, penyuluhan gizi bagi balita sertakesehatan reproduksi ibu hamil dan ibu menyusui. Posyandu merupakanprogram Pemerintah Pusat dengan memberdayakan masyarakat setempatdalam mengatasi gizi buruk dan anak kurang gizi,"katanya.

Sementara itu, Ketua Kader Posyandu Lavenda Drs Puji Lestarimengatakan, Posyandu Lavenda dengan luas 10 tumbuk (100 persegi)memiliki sejumlah program kesehatan dan pendidikan seperti BKB (BinaKeluarga Balita), PAUD (Pendidikan Usia Dini), POD (Pos Obat Desa) dankegiatan Gema Sehati (Gerakan Masyarakat Sehat dan Mandiri).

Puji Lestari mengatakan, di daerahnya terdapat beberapa unsur kader,seperti Kader Posyandu 11 kader, BKB 8 kader, Kader Lansia 8 kader,Kader UPTKS 6 kader. Kegiatan setiap bulan diadakan juga bazar, hasildari penjualan barang produksi sebagian disetor ke posyandu sedangkansebahagian lainnya untuk kas dasa wisma masing-masing.

Sementara itu Ketua TP PKK Kota Jambi, Meisita Arifin Manaf mengakubangga akan prestasi Posyandu Lavenda binaannya. Dirinya optimisPosyandu Lavenda prestasi yang diraih Posyandu Lavenda Kota Jambitidak terlepas dari kerjasama semua pihak khususnya Forum KomunikasiPosyandu Jambi (FKPJ).

Disebutkan, program FKPJ itu tidak terlepas dari peran KasubdinPromosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Jambi DRG Polisman Sitanggang MKes, selaku fasilitator. Menurutnya, kini sudah ada 38 unit Posyandumandiri yang secara rutin melayani kesehatan masyarakat Kota Jambi.Hal itu sejalan dengan Program Gerakan Masyarakat Sehat Dan Mandisi(Gema Sehati) 2008. ruk

Tidak ada komentar: