Rabu, 23 April 2008

Gubernur Tinjau Ulang Jabatan Chalik Saleh di PT Bank Jambi

Jambi, Batak Pos

Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin segera akan meninjau ulang jabatanstrategis Chalik Saleh sebagai Ketua Dewan Pengawas PT Bank Jambipasca penahanan Chalik Saleh oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan Kantor PerwakilanProvinsi Jambi di Jalan Cidurian No.15-17 Cikini Raya Jakarta Pusatsenilai Rp 32 miliar.

Ditahannya Chalik Saleh, Sekda Provinsi Jambi oleh KPK pada tanggal 14April 2008 lalu, sempat membuat heboh para petinggi dilingkunganpemerintah Provinsi Jambi termasuk Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin.

Kemudian Zulkifli Nurdin juga mengambil langkah untuk mengganti ChalikSaleh selaku Sekdaprov Jambi dan menunjuk asisten satu Gubernur JambiSyafrudin Efendi sebagai pelaksana tugas harian pejabat SekdaprovJambi hingga adanya keputusan hukum yang tetap.

Zulkifli Nurdin usai acara Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi tentangLKPJ Gubernur Jambi tahun 2007 di DPRD Provinsi Jambi, Rabu (23/4)kepada wartawan mengatakan, dirinya dalam waktu dekat akan mengadakanpertemuan dengan pihak PT Bank Jambi guna membahas jabatan ChalikSaleh sebagai Ketua Dewan Pengawas (Dewas) PT Bank Jambi.

Disebutkan, dirinya akan dengan arif untuk mengganti posisi ChalikSaleh di PT Bank Jambi, agar kredibelitas Bank Jambi dimata publiktetap bersih. "Kita segera akan membahas hal ini dengan pihak PT BankJambi. Segera kita akan lakukan pembahasan,"katanya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Harian Kesatuan Aksi Mahasiswa MuslimIndonesia (KAMMI) Daerah Jambi Hidayat Nasution kepada wartawanmengatakan, posisi Chalik Saleh selaku Ketua Dewan Pengawas PT BankJambi harus dilepas. "Seharusnya Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin segeramencopot Chalik Saleh sebagai Ketua Dewas PT Bank Jambi," ujarnya.

Menurut Hidayat, agar tidak mempengaruhi kepercayaan publik selama initerhadap PT Bank Jambi, sebaiknya Chalik Saleh harus meletakkan semuajabatan dan posisi strategis lainnya termasuk posisi Ketua Dewas PTBank Jambi. "Kalau dia masih pegang jabatan tersebut, itu akanberdampak besar terhadap kinerja jabatan Chalik Saleh di PT BankJambi,"katanya.

Secara terpisah, Anggota DPRD Provinsi Jambi, Mahmud Ishak, PresidenBadan Eksekutif Mahasiswa Universitas Jambi (BEM UNJA) Amir Hamzah,menilai, jabatan Chalik Saleh selaku Ketua Dewas PT Bank Jambi harusdilepas.

Menurut mereka, jabatan Chalik Saleh di PT Bank Jambi sebagai KetuaDewas akan mengganggu kinerja PT Bank Jambi. Gubernur Jambi ZulkifliNurdin untuk menggantikan posisi Chalik Saleh yang saat ini tersangkutpersoalan hukum di KPK.

"Saya pikir Chalik Saleh harus mundur, karena akan berdampak burukpada kepercayaan rakyat terhadap PT Bank Jambi, karena akanberpengaruh terhadap kepercayaan masyarakat dan pasar terhadap BankJambi. Saya juga minta agar Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin untukmenyikapinya," katanya. ruk

Tidak ada komentar: