Thursday, 1 July 2010

Sarjana Penggerak Pembangunan Desa Diperlukan

Jambi, BATAKPOS

Sarjana penggerak pembangunan di pedesaan (SP-3) sangat dibutuhkan dalam mengangkat perekonomian desa. Lambannya pembangunan ekonomi suatu daerah karena perekonomian ditingkat pedesaan kurang merata. Jadi sudah saatnya dibutuhkan SP-3 di Provinsi Jambi.

Demikian dikatakan Gubernur Jambi H Zulkifli Nurdin dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Bidang Kesejahteraan Sosisial (Asisten II) Setda Provinsi Jambi Ir. Havis Husaini, M. Si, saat melepas 30 orang SP-3 angkatan XXI Provinsi Jambi tahun 2010, bertempat di ruang pola kantor Gubernur Jambi, Rabu (30/6).

Menurut Zulkifli Nurdin, permasalahan dan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia dewasa ini semakin berat dan kompleks, khususnya di daerah pedesaan. Hal ini dapat dicermati dengan beberapa indikator antara lain pebangunan yang tidak merata atara satu desa dengan desa yang lainnya.

“Kondisi infrastruktur yang tidak memadai. Sulitnya koordinasi dan informasi, sehingga akan menjadi faktor penghambat bagi laju pembangunan di pedesaan. Kondisi kehidupan bangsa Indonesia dewasa ini, lapangan kerja yang semakin sulit di peroleh, pertumbuhan angkatan kerja yang meningkat, rendahnya kualitas sumberdaya manusia (SDM), dan peluang serta kesempatan kerja yang semakin sulit diperoleh. Peran SP-3 sangat diperlukan untuk mengatasi hal tersebut,”katanya.

Disebutkan, SP-3 merupakan salah satu program strategis dalam mengatasi dan memecahkan permasalahan tersebut, khususnya di daerah pedesaan. Dengan program SP-3, para sarjana dapat mengabdikan dirinya untuk kemajuan dan kemaslahatan masyarakat pedesaan. ruk

No comments: