PRESIDEN PILIHAN RAKYAT JOKOWI-JUSUF KALLA

PRESIDEN PILIHAN RAKYAT JOKOWI-JUSUF KALLA
SELAMAT DATANG PRESIDEN JOKO WIDODO-JUSUF KALLA

Thursday, 1 July 2010

Pohon Jelutung Mulai Dibudidayakan di Jambi

Jambi, BATAKPOS

Pohon Jelutung yang merupakan pohon khas Jambi mulai dibudidayakan di Jambi. Sebanyak 214.240 batang bibit Jelutung telah ditanam ratusan petani yang tergabung dalam Persatuan Petani Jambi (PPJ) di areal seluas 792 hektare di Desa Pematang Rahim, Kecamatan Mendahara Ulu, Kabupaten Tanjab Timur, Jambi.

Penamanan bibit Jelutung tersebut pertama dimulai pada 6 Januari lalu dan dilakukan secara bertahap. Lokasi penanaman merupakan areal kemitraan antara PPJ dengan PT Wira Karya Sakti (WKS).

Guna merealisasikan penanaman Jelutung di lahan gambut, Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Kehutanan Provinsi Jambi membantu bibit sebanyak 174.240 batang. Budidaya pohon Jelutung kini mulai digalakkan mengingat pohon itu kini sudah langka.

Demikian dikatakan Ketua PPJ, Irmansyah kepada BATAKPOS di Jambi, Kamis (24/6). Menurut dia, penanaman bibit Jelutung dilakukan seluruh anggota PPJ yang mencakup empat kabupaten, yakni Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Muarojambi, Batanghari dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

"Penanaman itu dilakukan secara bergiliran. Penanaman terakhir Juni ini mengerahkan semua anggota. Penanaman pohon Jelutung cocok ditanam di daerah rawa-rawa, dan secara ekonomi lebih menguntungkan dari pada tanaman perkebunan lainnya,”kata Irmansyah.

Disebutkan, proses penanaman tidak ada kendala berarti yang dialami anggota. Hanya saja, persoalan adalah klaim yang dilakukan masyarakat sekitar terhadap lahan seluas 792 hektare tersebut.

Kasi Balai Informasi Kehutanan Provinsi Jambi, Meslan Saragih SH mengatakan, satu hektar kebun jelutung, per tahun, bisa menghasilkan sampai 13,5 juta dari getahnya. Jika jelutung sudah tak menghasilkan getah, saat diameter pohon sudah mencapai 50 cm, pohonnya bisa ditebang untuk dijadikan kayu.

”Dalam satu hektar kebun jelutung bisa menghasilkan 117 juta. Lahan rawa, apalagi yang rawa gambut, sangat tidak layak untuk dijadikan kebun sawit. Oleh sebab itu lahan rawa yang sudah terbuka harus ditanami dengan tanaman asli yang bisa tumbuh di rawa-rawa. Jelutung adalah salah satu jenis tumbuhan asli yang cocok ditanam di lahan rawa,”katanya. ruk

No comments: