.

.
.

Kamis, 27 Agustus 2015

Survei Pilkada Jambi: Pasangan Selebritis Ungguli Birokrat

PASLON NO URUT 1 HBA-EP

PASLON NO URUT 2 ZZ-FU
Jambi - Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Charta Politika Indonesia masyarakat Jambi lebih banyak mendukung pasangan cagub mantan selebritis, Zumi Zola, dibandingkan cagub incumbent dari kalangan birokrat, Hasan Basri Agus.

“Hasil lima kali survei kami menunjukkan, pasangan cagub dan cawagub Jambi, Zumi Zola–Fachrori Umar meraih dukungan masyarakat sekitar 49,7%. Sedangkan pasangan Hasan Basri Agus-Edi Purwanto meraih dukungan sekitar 36%," jelas Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, di hotel Abadi Suite Rabu (26/8).

Menurut, pihaknya telah melakukan survei Pilkada Gubernur Jambi sejak September 2014. Hasil survei pertama September 2014 menunjukkan, mantan artis sinetron Zumi Zola yang saat itu menjabat Bupati Tanjungjabung Timur memperoleh dukungan lebih tinggi dibanding Hasan Basri Agus yang menjabat Gubernur Jambi.

Keunggulan Zumi Zola tersebut, lanjut Yunarto tetap bertahan selama lima kali survei dilakukan hingga Juli lalu. Hasil survei tersebut diperkirakan akan tetap bertahan hingga memasuki masa kampanye pilkada serentak nanti.

Yunarto mengatakan, hasil survei mereka menunjukkan, Zumi Zola–Fachrori Umar memiliki basis dukungan kuat di tujuh kabupaten, yakni Kabupaten Tanjungjabung Timur, Tanjungjabung Barat, Muarojambi, Tebo, Bungo, Merangin dan Kerinci. Sedangkan Hasan Basri Agus–Edi Purwanto memiliki basis dukungan kuat di Kabupaten Sarolangun dan Kota Sungaipenuh. Kemudian basis pendukung cagub dan cawagub di Kota Jambi dan Kabupaten Batanghari belum bisa diperhitungkan.

"Untuk meraih kemenangan, kedua pasangan cagub dan cawagub Jambi perlu bekerja keras meraih dukungan pemilih di Kota Jambi dan Batanghari. Pemilih di kedua daerah ini termasuk golongan pemilih yang cerdas memilih calon kepala daerah. Pemilih di kedua daerah tersebut tidak banyak pemilih fanatik,” katanya.(Sumber: Beritasatu.com/Radesman Saragih/AF/Suara Pembaruan)

Tidak ada komentar: