.

.
.

Jumat, 19 September 2014

GEBRAKAN GEMAR BACA

Drs H Azwan Deswan
Minat Baca Masyarakat Jambi Meningkat

Tahun demi tahun peningkatan minat baca masyarakat Jambi semakin meningkat. Pasalnya pada saat sekarang ini masyarakat sudah banyak yang berkunjung ke perpustakaan untuk membaca. Jumlah pengunjung ke perpustakaan kini mencapai 150 hingga 160 orang per hari, mereka berasal dari kalangan umum pelajar dan mahasiswa.

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi Drs H Azwan Deswan kepada Harian Jambi, Kamis (18/9) mengatakan, dalam beberapa tahun minat baca masyarakat Jambi meningkat. Hal tersebut dilihat dari meningkatkan jumlah pengunjung perpustakaan setiap harinya.


“Alhamdulillah, minat baca masyarakat Jambi sudah meningkat," katanya. Kata dia, dalam meningkatkan minat baca masyarakat pihaknya akan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) baik SDM fungsional maupun pengelolah pustaka mulai dari tingkat provinsi hingga ke tingkat desa.

Peningkatan layanan, peningkatan fasilitas dan selalu mengadakan kegiatan-kegiatan agar masyarakat semakin mengenal perpustakaan. “Untuk memperkenalkan perpustakaan kepada masyarakat kita akan mengadakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya kegiatan, seperti pameran buku, workshop perpustakaan dan mengadakan perpustakaan keliling, agar masyarakat lebih tahu terhadap perpustakaan itu sendiri,” katanya.

Ditambahkan, dengan demikian jumlah pengunjung keperpustakaan akan bertambah setiap harinya mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa dan msyarakat. “Untuk sekarang jumlah pengunjung perpustakaan sekitar 150 hingga 160 orang per hari, mereka berasal dari kalangan umum pelajar dan mahasiswa. Ke depannya hari-hari libur juga perpustakaan kita jadi waktu baca semakin panjang, dan orang tua bisa mengajak anak-anaknya untuk datang dan membaca di perpustakaan," katanya.

Dilanjutkan, dalam rangka memperkenalkan perpustakaan kepada masyarakat, sekolah, dan perguruan tinggi pihaknya mendatangi sekolah-sekolah dan perguran tinggi dengan seminar, dan berbagai lomba.

“Dengan demikian kita siswa, mahasiswa tertarik untuk datang dan membaca di perpustakaan, selain itu kita juga ada perpustakaan keliling dengan 4 unit mobil yang selalu berkeliling dan berhenti di tempat-tempat strategis, hal itu kita lakukan untuk memperkenalkan perpustakaan kepada masyarakat," katanya.

Sementara itu, Suprianto perwakilan perpustakaan pusat dan juga selaku pustakawan utama mengatakan, perpustakaan harus meningkatakan pelayanan agar dapat menarik minat baca masyarakat dalam upaya meningkatkan kecerdasan bangsa.

“Perpustakaan harus meningkatkan layanan dan banyak mempunyai buku yang dibutuhkan masyarakat, dengan demikian masyarakat akan tertarik untuk membaca,” katanya.


Disebutkan, dalam meningkatkan minat baca masyarakat perpustakaan harus mendatangi masyarakat agar masyarakat dapat mengakses perpustakaan. “Jika pustakawan dapat melayani pengunjung dengan baik, maka hal itu tidak akan mengecewakan pemustaka. Setiap buku harus digunakan dan setiap buku harus ada pembacanya di setiap buku yang diinginkan masyarakat ada di perpustakaan," katanya. (KAHARUDDIN/lee)

Tidak ada komentar: