Selasa, 10 Desember 2013

Humas Provinsi Jambi Tak Mau Bayar Dana Sociaty dan ADV Rp 39 Juta



BERITAKU, Jambi

Gelegat tak baik tampak di Humas Kantor Gubernur Jambi, khususnya di bidang PPTK pemberitaan (Sociaty dan Advertorial). Sebanyak 14 item berkas tagihan Harian Bute Ekspres berikut bukti pemuatan kegiatan Gubernur, Wakil Gubernur dan Sekda Provinsi Jambi “dihilangkan” oleh oknum petugas di PPTK bidang Sociaty.

Nilai tagihan 14 Sociaty mulai 26 April 2013 hingga 15 Juni 2013 sebesar Rp 35 Juta potong pajak. Namun saat wartawan Bute Ekspres (Asenk Lee Saragih) menagih akhir November lalu, menurut Kabag Novriansyah berkas 14 item Bute Ekspres hilang.

Sebelumnya berkas tersebut diserahkan kepada Petugas PPTK Kaidir medio April, Mei dan Juni. Namun Khaidir dibebastugaskan menangani Sociaty wartawan sejak Oktober 2013 dengan alasan tak sanggub.

“Saya tidak ada berkas Bute Ekspres diberikan Khaidir. Dia yang pegang, dia hanya melemparkan tanggung jawab. Sociaty itu kemungkinan tak bisa kami bayar karena dananya tak cukup,” ujar Novriansyah.

Namun menurut Khaidir, seluruh berkas sudah diberikan. “Semua berkas sudah saya berikan. Buktinya media yang lain ada, masa cumin punya kamu yang hilang, kan tak masuk akal. Bandit dia itu,” kata Khaidir kesal.

Sementara di PPTK Advertorial Harian Bute Ekspres juga tidak bisa menagih tagihan ADV dua item karena nadanya habis. Terus muncul tanda Tanya, mengapa bisa anggaran tak sesuai peruntukannya. Tagihan Bute Ekspres hanya dari 14 item di Sociaty dan 2 item di ADV. Namun alasan PPTK Humas Provinsi Jambi itu tak bisa dibayarkan.  

Terkait dengan tunggakan Sociaty itu, General Maneger (GM) Bute Ekspres, Jaynuddin mengancam Saya untuk dilaporkan ke Polisi karena dituding melakukan penggelapan dana Sociaty tersebut. “Maaf aja, kalau nanti kami temukan ada penggelapan maka kami terpaksa buat laporan ke polisi. Dan semua pihak akan diperiksa termasuk humas,” demikian SMS Jaynuddin tertanggal 23 November 2013.

Sejak September 2012 lalu, saya diminta oleh GM Bute Ekspres Jaynuddin membantu pemberitaan Sociaty dan ADV Humas Provinsi Jambi dan Kota Jambi. Padahal saat itu saya masih menulis di Harian Batak Pos dan Harian Simantab terbitan Medan. Saya diberikan honor Rp 500 ribu sebulan oleh Redaksi Bute Ekspres. Saya selaku contributor Bute Ekspres tanpa dibekali kartu pers, bahkan tak ada masuk box Koran.

Namun karena kebutuhan ekonomi yang terus meningkat, sejak 23 Oktober 2013 Saya memilih bergabung di Harian Jambi sebagai redaktur dengan upah yang lebih dari cukup. Akibat saya bergabung tersebut, GB Bute Ekspres menuding saya membelot.

Kemudian GM Bute Ekspres melarang Saya untuk menagih tagihan Sociaty dan ADV di Humas Provinsi Jambi. Padahal tagihan itu semua atas nama Saya selaku penulis dan pemohon. Namun hanya sebagian tagihan yang dapat direalisasikan November 2013 baik ADV dan Sociaty.

Hingga kini saya masih berharap agar tunggakan tagihan Saya di Bute Ekspres dulu bisa direalisasikan Tahun 2013 ini. Jika hal itu tidak direalisasikan, dengan berat hati Saya akan melaporkan langsung hal ini Kepada Gubernur Jambi Hasan Basri Agus. (Asenk Lee Saragih).  

DAFTAR SOCIATY DAN ADV BELUM REALISASI


DAFTAR TUNGGAKAN SOCIATY DAN ADV DI HUMAS PROV JAMBI  2013
TGL MUAT  JLH (RP)   KETERANGAN 

26-Apr 2,500,000   Pembukaan Jamsinas Ke 3 di Jambi Diwarnai Tari Kolosal dan Defile Peserta

27-Apr 2,500,000   Wagub dan Sekda Jambi Green Radio Jamsinas 3 Tahun 2013

30-Apr 2,500,000   Menteri Koperasi Apresiasi Pertumbuhan Ekonomi Jambi

3 Mei 2,500,000   Gubernur Jambi Terima Penghargaan Tingkat Nasional Bidang Pembina K3 Tahun 2013 

20 Mei 2,500,000   Gubernur Jambi Maknai BBGRM X dan HKG PKK Ke-41 Tingkat Provinsi Jambi di Bungo

23 Mei 2,500,000   Wagub Jambi Lepas Kamping Sosial Nasional KAT

29 Mei 2,500,000   Pemprov Jambi Raih Predikat WTP

29 Mei 2,500,000   Gubernur Jambi Komitmen Bangun Infrastruk Jalan di Batangasai

31 Mei 2,500,000   Provinsi Jambi Peringkat 4 IGI Teratas Se Indonesia

5 Juni 2,500,000   Gubernur, Wakil Gubernur dan Sekda Provinsi Jambi Hadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional

7 Juni 2,500,000   Gubernur Jambi Jamu Sarapan Pagi Ketua Umum PGI dan Peserta Rakernas  PGIW/SAG

7 Juni 2,500,000   Gubernur Jambi dan Dirjen Buka Temu Karya Taman Budaya Se Indonesia

12 Juni 2,500,000   Menteri Kesehatan RI Buka Rakerda Kesehatan 

15 Juni  2,500,000   Menteri Hukum dan HM RI Buka Rapat Koordinasi DILKUMJAKPOL Provinsi Jambi 
    35,000,000    










       
TGL MUAT  JLH (RP)   KETERANGAN 

11 Juni 2,000,000   Gubernur Raih Tropi Penghargaan Terbaik Pertama Se - Indonesia (Adipura Lingkungan Hidup)ADV

 15 Agustus 2,500,000   Gubernur Terima Penghargaan Mahaputra Utama dari Presiden SBY (ADV)
    4,500,000    


Tidak ada komentar: