Kamis, 09 Juli 2009

Politik Uang Coreng Pilpres di Jambi

Jambi, Batak Pos

Politik uang coreng pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) Rabu 8 Juli 2009 di Kota Jambi. Aksi bagi-bagi uang Pilpres terjadi di RT 03, Kelurahan Sungaiputri, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi. Modus politik uang itu dengan memberikan Formulir C-4 kepada warga sembari menyelipkan sebuah amplop yang berisikan sejumlah uang.

Mulyadi seorang saksi mata mengatakan, orang yang membagikan uang tersebut mulanya mengaku anggota PPS Kelurahan Sungaiputri, setelah memberikan Formulir C-4 pelaku yang diduga merupakan Tim Sukses dari salah satu kandidat calon Presiden tersebut kemudian memberikan sebuah amplop.

Menurut Mulyadi, amplop yang diberikan itu tertulis JK-WIN. “Ketika saya buka isinya uang tiga puluh ribu Rupiah,”katanya.

Hal senada juga diakui Nanus, warga RT 03. Menurut dia, pada Selasa (7/7) sekitar pukul 19.00 WIB ada satu orang yang mendatangi rumahnya, lalu tanpa basa-basi orang tersebut langsung memberikan uang dan memintanya untuk memilih Jusuf Kalla. “Ya saya terima saja, sekarang duit itu sudah habis saya belanjakan,” kata Nanus.

Disebutkan, warga di RT 03 Kelurahan Sungaiputri banyak mendapatkan amplop berisi uang. Hal tersebut diberikan salah seorang oknum yang mengaku tim sukses salah satu pasangan Capres dengan mendatangi rumah-rumah warga.

Ketua Panwaslu Kota Jambi, Taufik Hidayat mengatakan, pihaknya akan menyelidiki kasus politik uang tersebut. Pihaknya akan menurunkan tim guna mengumpulkan data-data dari warga. ruk

Tidak ada komentar: