.

.
.

Thursday, 6 September 2012

Wagub Jambi Dapat Anugrah Lencana Melati Pramuka Oleh Presiden

Drs.H.Fachrori Umar, M.Hum

Jambi, BATAKPOS

Wakil Gubernur (Wagub) Jambi yang juga Wakil Kepala Majelis Pembimbing Daerah (Wakamabida) Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi, Drs.H.Fachrori Umar, M.Hum dianugerahi penghargaan Pramuka berupa Lencana Melati oleh Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka. Penganugerahan Lencana Melati itu dilaksanakan dalam Hari Pramuka ke-51 Tahun 2012, bertempat di Lapangan Gajah Mada, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, Senin (3/9) sore.

Hari Pramuka ke-51 tersebut mengusung tema "Tingkatkan Kemandirian Gerakan Pramuka untuk Keberhasilan Pembentukan Karakter Kaum Muda."

Penghargaan Lencana Melati Pramuka tersebut disematkan oleh Presiden Republik Indonesia, H.Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang dalam acara tersebut didampingi oleh Ibu Negara, Ani Bambang Yudhoyono.

Selain kepada Wakamabida Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda GP) Jambi, penghargaan juga diberikan kepada 22 orang pejabat pramuka yang lain, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Penghargaan pramuka itu diberikan kepada orang-orang yang berjasa dan berprestasi dalam memajukan Gerakan Pramuka.

Dalam pidatonya, Presiden Republik Indonesia yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, H.Soesilo Bambang Yudhoyono mengemukakan, ada dua hal yang sangat penting dari tema Hari Pramuka ke-51 Tahun 2012 ini, yaitu 1) kemandirian, dan 2) Pembentukan karakter. Presiden menyatakan bahwa kedua hal tersebut sangat relevan untuk memajukan Indonesia.

Dikatakan oleh presiden, Gerakan Pramuka perlu ditingkatkan, sebagai wadah pembentukan nasionalisme dan patriotisme, terutama bagi para pemuda sebagai generasi penerus bangsa. Presiden mengungkapkan, enam tahun lalu, di tempat yang sama telah dicanangkan revitalisasi Gerakan Pramuka.

“Revitalisasi dimaksudkan sebagai penguatan dan akselerasi. Enam tahun berlalu, dan seterusnya, Gerakan Pramuka diharapkan agar terus lebih baik dan lebih maju. Saya menekankan, pendidikan kepramukaan tidak tergerus oleh kemajuan zaman,”kata SBY.

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Prof. Dr.dr.H. Azrul Azwar, MPH, dalam laporannya, menekankan capaian Gerakan Pramuka, yakni memperkuat eksisitensi organisasi, yang ditandai dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Usai acara, kepada para wartawan yang mewawancarainya, terkait penganugerahan Pramuka itu, dengan bersahaja Wagub mengatakan bahwa penghargaan yang diperolehnya adalah berkat kebersamaan dan kekompakan seluruh pengurus dan kader Pramuka Kwarda Jambi.

Selanjutnya, Wagub menghimbau seluruh kader Pramuka di Provinsi Jambi untuk meningkatkan kebersamaan dan kekompakan dalam meningkatkan kinerja.

Ketika ditanya tentang upaya persiapan Perkemahan Pramuka Putri Nasional (Perkempinas) yang direncanakan akan digelar di Provinsi Jambi pada November 2012 mendatang, Wagub berharap agar seluruh pihak terkait mempersiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin.
Selain menghimbau kebersamaan dan kekompakan kepada Gugus Depan Pramuka di Provinsi Jambi, Wagub juga mengungkapkan perlunya pengurus dan kader Pramuka yang HANDAL.

Wagub menuturkan, HANDAL yang dimaksudnya adalah Harmonis, Amanah, Normal, Dermawan, Aktif, dan Latihan.

Atraksi drum band SMP Santo Yosef, Jakarta Timur, pagelaran tari dari gabungan beberapa sekolah di Provinsi DKI Jakarta turut memeriahkan acara tersebut.

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Republik Indonesia, Agung Laksono; Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh; Kapolri, Timur Pradopo; Gubernur DKI, Fauzi Bowo, serta para undangan lainnya. RUK

No comments: