.

.
.

Jumat, 17 Oktober 2014

Mahasiswa UPI Bandung Bisa Magang di KBRI Singapura

Para mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dapat melakukan magang di KBRI Singapura dalam bidang pendidikan dan promosi budaya.

EDDI SANTOSA, Bandung

Demikian tertuang dalam Memorandum Saling Pengertian (MSP) tentang Program Pengalaman Lapangan (PPL) Kependidikan antara UPI Bandung dengan KBRI Singapura. 

“Pelaksanaan PPL ini merupakan salah satu prasyarat yang harus ditempuh oleh mahasiswa UPI untuk program sarjana," ujar rektor Kartadinata, seperti disampaikan dalam rilis melalui Sekretaris II Prairie Maharwati kepada detikcom, Kamis (16/10).


MSP ditandatangani bersama oleh Rektor UPI Sunaryo Kartadinata dan Dubes RI untuk Singapura Dr. Andri Hadi di Bandung (13 Oktober 2014).

Disebutkan, penandatanganan MSP ini merupakan yang pertama antara UPI dengan perwakilan Indonesia di luar negeri dan akan dijadikan contoh untuk kerjasama dengan perwakilan Indonesia lainnya. 


MSP dimaksudkan untuk kerjasama peningkatan akses PPL Kependidikan di KBRI Singapura. Melalui MSP ini, para mahasiswa UPI dapat melakukan magang membantu tugas KBRI Singapura dalam bidang pendidikan dan promosi budaya. 

Selama pelaksanaan PPL, para mahasiswa memberikan pelatihan tari kepada warga Singapura dan warga asing lainnya di Singapura, siswa Sekolah Indonesia Singapura (SIS) dan masyarakat Indonesia.

MSP ini sebelumnya telah didahului dengan pelaksanaan pilot project PPL oleh 4 orang mahasiswa UPI di Singapura pada awal tahun 2014.
Sementara itu, Dubes RI menyambut baik penandatanganan MSP tersebut dan menyatakan telah merasakan manfaat nyata dari kegiatan PPL para mahasiswa UPI di Singapura. 

Biasanya implementasi suatu MSP baru dilakukan beberapa tahun kemudian, namun ini sebelum penandatanganannya telah dilaksanakan pilot project terlebih dahulu. Kami telah merasakan manfaat langsung dari kegiatan PPL ini dan akan membantu menginformasikannya kepada KBRI- KBRI lainnya, papar Dubes Dr. Andri Hadi. 

Menurut Dubes, pelaksanaan PPL tersebut secara tidak langsung telah membantu tugas KBRI Singapura dalam mempromosikan budaya Indonesia.


Penandatanganan MSP antara UPI Bandung dan KBRI Singpuran ini dihadiri oleh beberapa pejabat di lingkungan UPI dan KBRI Singapura, serta disaksikan oleh Popong Djundjunan, anggota DPR RI.
Usai penandatanganan MSP, Dubes memberikan kuliah umum berjudul Penanganan Pendidikan Bagi WNI dan Promosi Budaya Indonesia di Singapura.


Kuliah umum tersebut dihadiri oleh sekitar 200 mahasiswa UPI dari jenjang pendidikan S1, S2 hingga S3, serta dihadiri pula oleh Rektor UPI dan beberapa pejabat UPI lainnya.(dtk/lee)

2 komentar:

nining handayanis mengatakan...

jadi tahu banyak info tentang kbri
thanks alot

muhammad abaz mengatakan...

Informasi yang menarik dan sangat bermanfaat, Semoga Sukses selalu, salam hangat dari kami yang pernah magang di Tempat Magang Di Jogja :D