Selasa, 23 November 2010

Pengrajin di Jambi Dapat Bantuan Rp 5 Juta Per Kelompok

Jambi, BATAKPOS

Kelompok pengrajin di Provinsi Jambi mulau tahun 2011 mendapat bantuan modal sebanyak Rp 5 juta per kelompok dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi. Bantuan tersebut guna memacu pertumbuhan industri kreatif di Provinsi Jambi yang merupakan roda perekonomian masa depan. Bantuan permodalan ini akan dikucurkan di setiap kecamatan dalam Provinsi Jambi.

Gubernur Jambi H.Hasan Basri Agus,MM mengatakan hal itu kepada BATAKPOS, disela-sela Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi, Kamis (18/11). Menurutnya, pada tahun 2011 ini ada dana khusus dari pemerintah yang akan membantu Rp 5 juta per kelompok di setiap Kabupaten/Kota.

“Setiap kecamatan akan kita bantu. Hal ini dilakukan untuk membantu pengembangan industry rumah tangga terutama industry kecil. Khususnya pengrajin-pengrajin yang berada di desa Kabupaten/kota,”katanya.

Disebutkan, potensi yang mereka miliki inilah yang harus kita kembangkan tujuannya adalah untuk meningkatkan pendapatan masyarakat pengrajin Provinsi Jambi.

“Program ini tidak berdiri sendiri tetapi termasuk dalam program Satu Miliar Satu Kecamatan (samisake), program bedah rumah, sertifikat gratis, dan bantuan kepada UMKM. Dana yang telah disiapkan untuk pengembagan ini sekitas Rp 2,5 milyar,”katanya.

Menurut Hasan Basri Agus, setiap kelompok terdiri dari 10 orang dalam program tahun 2011 yang akan datang melalui dinas koperasi dana ini akan diberikan. Dana ini kurang lebih sejumlah Rp 2,5 milyar.

Gubernur Jambi juga menyatakan harapannya terhadap industry kecil yang jika dikembangkan akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Untuk itu para pengrajin dituntut untuk dapat terus berinovasi untuk menciptakan produk yang lebih baik dan bervariatif. ruk

Tidak ada komentar: