.

.
.

Senin, 17 November 2014

Lawatan HBA di Kerinci Tanamkan Kedamaian


WAHDI SEPTIAWAN/ANTARA
PUKUL BEDUK: Gubernur Jambi HBA memukul beduk saat membuka FMPDK ke-13 di Kerinci, Sabtu (15/11).


 
 
JAMBI - Kunjungan kerja atau lawatan Gubernur Jambi H.Hasan Basri Agus (HBA) ke Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh bisa menanamkan kedamaian bagi warga setempat. Pasca kerusuhan warga di perbatasan Kerinci dengan Sungai Penuh baru-baru ini, rasa persaudaraan itu kini kembali  dirajut dengan rasa kepedulian sesama dan kedamaian.

Pertikana kedua belah pihak tersebut cukup sekali saja sebagai catatan buruk yang harus ditinggalkan. Lawatan Gubernur Jambi bersama rombongan diharapkan kembali merajut rasa tali persaudaraan di Kabupaten Kerinci dan Sungai Penuh.

Sementara itu HBA juga berharap agar Nahdatul Ulama (NU) berkontribusi bagi pembangunan Provinsi Jambi. Himbauan tersebut dikemukakan oleh HBA dalam Pengukuhan Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (NU) Kota Sungai Penuh Masa Khidmat 2013 - 2018, bertempat di Aula Hotel Mahkota, Kota Sungai Penuh, Sabtu (15/11) malam.

Ketua Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PBNU) Provinsi Jambi, H.Abdul Qodir Husen mengukuhkan Pengurus Cabang NU Kota Sungai Penuh Masa Khidmat 2013 - 2018 tersebut.

Pada intinya, HBA memberikan motivasi kepada para pengurus dan kader NU Kota Sungai Penuh untuk terus berkarya demi kemajuan NU yang berkontribusi bagi pembangunan Provinsi Jambi dan Indonesia.


Sementara Walikota Sungai Penuh, H.Asafri Jaya Bakri menghimbau pengurus NU Kota Sungai Penuh untuk melakukan langkah-langkah konkret dalan kehidupan bermasyarakat.
Ketua PWNU Provinsi Jambi, KH Abdul Qodir Husen, berpesan kepada pengurus yang baru dikukuhkan untuk betul-betul mencurahkan perhatian dalam pengembangan NU Kota Sungai Penuh.

Jalan Santai 

Sementara Warga Kota Sungai Penuh antusias mengikuti jalan santai bersama Gubernur Jambi, H.Hasan Basri Agus yang start dan finishnya di Lapangan Merdeka, Kota Sungai Penuh, Minggu (16/11) pagi.

Sebelum jalan santai dilepas oleh HBA, Gubernur Jambi dan istri, Hj.Yusniana Hasan Basri terlebih dahulu mengikuti senam pagi bersama warga Kota Sungai Penuh, juga di Lapangan Merdeka Kota Sungai Penuh.

HBA sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat mengikuti jalan santai ini. Pada kesempatan tersebut, HBA dan istri menarik undian hadiah jalan santai ini, dengan grand prize 2 unit sepeda motor.

“Saya sangat berbahagia mengikuti jalan santai kerjasama Pemda Sungai Penuh dan media ini. Hal ini memang perlu secara terus-menerus kita lakukan dalam rangka memotivasi hidup sehat. Dengan fisik yang sehat, insyaallah jiwa juga akan sehat, dan kita bisa berkreativitas,” katanya.

H Asafri Jaya Bakri mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan kekompakan dan rasa kebersamaan di kalangan masyarakat. Sementara itu, Hj.Yusniana melepas jalan santai BKMT di Jujun, Kabupaten Kerinci. Ketua TP PKK Provinsi Jambi ini menghimbau agar masyarakat meningkatkan kebersamaan dan solidaritas.

Tabligh Akbar 

Dalam kunjungan kerja Gubernur Jambi H.Hasan Basri Agus (HBA) di Kerinci dan Sungai Penuh, juga menghadiri Tabligh Akbar Pemerintah Kabupaten Kerinci Bersama Ustaz Solmed dalam rangka Tahun Baru Islam 1 Muharram 1436 H, bertempat di Lapangan Tigo Luhah Semurup, Desa Semurup, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci, Minggu (16/11) siang.

HBA mengemukakan bahwa membangun non fisik jauh lebih sulit daripada membangun fisik. “Membangun non fisik jauh lebih sulit daripada membangun fisik. Saya menghimbau masyarakat untuk terus-menerus membangun karakter dan mental perdamain antar sesama,” katanya. 

HBA juga berpesan kepada para orangtua supaya benar-benar memperhatikan pendidikan anak, termasuk pendidikan agama, agar dengan pendidikan agama yang kuat, karakter anak-anak terbentuk dengan baik.

Gubernur Jambi HBA juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga hubungan kekeluargaan. “Jangan hanya karena masalah-masalah kecil, kita ribut, bahkan sampai bunuh-bunuhan," ujar HBA.

Bupati Kerinci H.Adi Rozal, juga menghimbau masyarakat Kerinci untuk mengamalkan ajaran agama dengan baik. Dia juga menghimbau masyarakat untuk melestarikan lingkungan.

Bupati Kerinci ini mengapresiasi pembangunan jalan Bangko-Kerinci yang dilakukan oleh Gubernur Jambi yang dengan perbaikan jalan tersebut, waktu tempuh dari Kerinci ke Bangko yang dulunya 6 jam sekarang menjadi 4 jam. “Insyaallah sebentar lagi bisa 3 jam," sebut Adi Rozal.

Usai penyampaian sambutan-sambutan, Ustaz Solmed memberikan tausiah. Setelah penyampaian tausiah, Bupati Kerinci memberikan cindera mata kepada Ustaz Solmed.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Provinsi Jambi, H.Cornelis Buston; Sekda Provinsi Jambi, H.Ridham Priskap; Forkopimda Kabupaten Kerinci, Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj.Yusniana Hasan Basri; Ketua TP PKK Kabupaten Kerinci; para pejabat dari Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten Kerinci; serta para undangan lainnya. (lee)

Tidak ada komentar: